Inilah Jenis Lebah Sebagai Agen Penyerbuk Tanaman Terbaik Yang Tidak Banyak Diketahui!


foto oleh unsplash


Bagi para petani, serangga memang bisa disebut sebagai hama yang bisa merusak tanamannya. Namun, tahukah anda? Ternyata tidak semua serangga merugikan bagi para petani. Tentu ada beberapa jenis serangga yang berperan sebagai perantara penyerbukan yang pasti sangat menguntungkan bagi tanaman budidaya. Serangga apakah itu? Penasaran bukan? Yuk, simak ulasan berikut ini!


Serangga Penyebuk Tanaman Yang Menguntungkan Petani

Di dunia ada berbagai macam jenis serangga yang bisa anda temui. Nah, jenis serangga yang akan dijelaskan pada ulasan kali ini tentu saja merupakan jenis serangga yang cukup menguntungkan untuk petani terutama untuk petani tanaman budidaya.

Serangga polinator (penyerbuk) merupakan jenis serangga yang mutlak dibutuhkan oleh semua jenis tanaman untuk melangsungkan penyerbukan. Mengapa membutuhkan serangga untuk penyerbukan? Hal ini tentu saja dikarenakan tanaman tersebut mempunyai struktur bunga yang tidak memungkinkan untuk melakukan penyerbukan sendiri. Sehingga mereka akan membutuhkan bantuan agen lain bisa angin, air, hewan atau manusia.

Lalu, apa saja jenis serangga polinator? Untuk jenisnya sendiri tentu berragam misalnya lebah madu. Banyak sekali penelitian menyebutkan bahwa apabila sejumlah koloni lebah diletakkan di sekitar lokasi tanaman apel. Produksi buah tersebut akan meningkat 30% hingga 60%, sementara jika diletakkan di tanaman buah jeruk dan anggur masing-masing akan meningkat sebeesar 300%-400% dan 60%-100%.

Namun, selain lebah madu ada beberapa jenis serangga lainnya yang bisa membantu penyerbukan bunga. Penasaran apa saja? Berikut Ulasannya!


Inilah Jenis Lebah Sebagai Agen Penyerbuk Terbaik

Tanpa disadari, penyerbukan merupakan hal yang sangat penting di zaman teknologi serba canggih ini. Seperti yang diketahui bahwa saat ini banyak sekali petani yang memanfaatkan sistem penanaman dengan metode rumah kaca. Nah, sistem ini tentu saja akan sangat berkaitan dengan faktor lingkungan seperti perubahan suhu, seleksi buah serta efek serangan hama.

Namun, selain itu sistem ini juga selalu memanfaatkan agen penyerbuk dari hewan untuk proses penyerbukan bunga seperti memanfaatkan lebah madu. Selain lebah madu, berikut ini jenis serangga lainnya yang selalu dimanfaatkan:


· Bumble Bee

Serangga yang pertama ini bisa dikatakan the real lebah sebagai agen penyerbuk terbaik. Bumble bee termasuk kedalam serangga genus bombus. Ukurannya dari serangga ini lebih besar serta berambut lebat dari lebah madu. Mereka selalu mengincar sari bunga dengan menghisap sari bunga dengan lidahnya. Hidupnya selalu bergerombol layaknya lebah madu dengan seorang ratu yang menjadi pemimpin.


· Tawon Madu

Berbeda dengan bumble bee serta lebah madu, serangga yang satu ini memang memiliki citra yang kurang bagus. Hal ini dikarenakan tawon madu suka menyengat ketika terancam dan sangat berbahaya. Namun walaupun demikian tawon madu juga bisa menjadi lebah sebagai agen penyerbuk karena beberapa jenis dari tawon ini memiliki kantung pada lehernya yang bisa menempatkan sari bunga.


· Lebah Trigona

Jenis lebah yang selanjutnya adalah lebah trigona. Lebah yang kadang disebut lebah klanceng ini merupakan salah satu jenis lebah yang efektif sebagai agen penyerbuk. Kelebihan dari jenis lebah ini adalah tidak agresif dan tidak bersengat (stingless). Selain itu lebah ini menghasilkan produk lain seperti propolis dan madu klanceng yang bernilai jual lebih tinggi dibandingkan madu biasa.


Nah itulah serangga dan lebah sebagai agen penyerbuk terbaik. Kini serangga-serangga tersebut banyak dimanfaatkan oleh para petani untuk menjaga kualitas dan kuantitas tanaman mereka. Jadi, dibalik sengatannya yang cukup menyakitkan, ternyata serangga juga bisa berguna untuk para petani.

1 view0 comments