top of page
  • admin

Apa Saja Ciri-Ciri Anjing Jantan Birahi?

Tidak sulit untuk mengetahui ciri-ciri anjing jantan birahi karena sangat terlihat dengan jelas. Mulai dari gestur hingga tingkah laku yang mereka lakukan, Anda bisa mengira-mengiranya. Meski begitu, masih banyak owner yang belum mengetahuinya, terutama para pemula.

Hewan mamalia umumnya memang akan mengalami fase birahi atau estrus. Selama fase tersebut, hewan mamalia berada pada kondisi yang siap kawin. Namun setiap hewan memiliki fase birahi yang berbeda-beda.

Khusus untuk anjing, mereka mengalami satu hingga dua fase birahi dalam satu tahun. Atau dengan kata lain, musim kawin pada anjing hanya terjadi satu atau dua kali setahun. Pada fase tersebut, anjing akan menunjukkan beberapa ciri-ciri. Untuk mengetahui ciri-cirinya lebih lanjut, simak pembahasan di bawah ini.


Ciri-Ciri Paling Umum Anjing Jantan Birahi


playboy dog with flower

foto oleh Unsplash

Saat anjing jantan mengalami fase birahi, berikut ini adalah ciri-ciri yang akan mereka tunjukkan:

1. Mengalami Sedikit Gangguan Kompulsif

Anjing jantang yang sedang birahi akan mengalami gangguan kompulsif ringan. Hal ini bukan sesuatu yang berbahaya, justru sangat normal. Gangguan tersebut hanya terjadi selama musim kawin saja.

Pada fase ini, mereka akan sulit fokus dan tidak patuh pada perintah Anda sebagai pemiliknya. Hal ini akan terlihat lebih jelas ketika ada betina di dekatnya. Jantan akan lebih memilih mendekati betina untuk kawin.

2. Lebih Agresif dan Defensif

Ciri berikutnya adalah anjing akan lebih agresif saat melakukan berbagai hal. Terutama terhadap anjing jantan lainnya, sebab mereka termotivasi untuk berkompetisi mendapatkan betina.

Hal ini karena biasanya beberapa anjing jantan akan mendekati anjing betina yang sama. Jika di antara anjing jantan tersebut tidak ada yang mau mengalah, maka besar kemungkinan akan terjadi perkelahian.

3. Sering Main ke Luar

Pada saat fase birahi, anjing jantan semi indoor atau outdoor akan lebih sering main di luar. Sebab, mereka akan mencari keberadaan betina untuk kawin.

Sedangkan untuk anjing yang full indoor, mereka akan lebih sering merengek untuk bermain di luar. Mereka biasanya akan menggaruk-garuk pintu atau jendela.

4. Sering Melakukan Spraying

Spraying adalah tindakan ketika anjing jantan pipis sembarangan untuk menandai daerah kekuasaannya. Ketika mengalami fase birahi, anjing akan lebih sering melakukan spraying.

Hal ini tentu sangat mengganggu. Selain karena kotor, pipis anjing juga tergolong bau. Tidak heran jika banyak owner yang mencari cara mengatasi anjing jantan birahi dengan melakukan steril sejak awal.

5. Humping

Humping adalah tindakan anjing ketika menaiki benda untuk mengawininya. Hal ini terjadi ketika ia mencium bau betina tapi tidak ada di sekitarnya. Sebagai gantinya, mereka akan humping.

Benda-benda yang sering anjing jantan gunakan untuk humping adalah bantal, boneka, atau bahkan kaki Anda!


Berapa Lama Anjing Jantan Birahi?


two dogs runs together

foto oleh unsplash


Pada saat musim kawin, anjing jantan akan mengalami birahi sekitar 6 hingga 12 hari. Tapi, kebanyakan anjing mengalami birahi selama 9 hari.

Mungkin Anda juga masih penasaran kapan anjing jantan mulai birahi. Umumnya, anjing jantan akan mengalami birahi saat menginjak usia 1 tahun, di mana mereka sudah siap untuk kawin.

Jika memang Anda tidak ingin mengawinkan anjing jantan tersebut, maka segera atasi saat anjing mengalami birahi. Selain steril, Anda juga bisa berusaha untuk mengalihkan perhatiannya.

Informasi terkait anjing memang sangat banyak dan perlu Anda pahami sebagai owner. Untuk menambah informasi tersebut, Anda bisa follow TikTok Kawan Hewan atau Instagram.

Berbagai informasi lebih detail dengan kemasan menarik akan disampaikan oleh dokter hewan berpengalaman di akun-akun media sosial kami. Tidak hanya ciri-ciri anjing jantan birahi, tapi berbagai informasi kesehatan dan seputar perawatan hewan peliharaan lainnya. Yuk, follow!

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page