top of page
  • admin

5 Penyebab Anjing Muntah yang Harus Owner Waspadai

Penyebab anjing muntah sangat beragam, karena banyak sekali faktor yang memengaruhinya, mulai faktor internal tubuh hingga faktor eksternal. Sebagai owner, tentu Anda harus mengetahuinya.

Sebab tidak dapat dipungkiri, setiap owner pastinya akan merasa panik dan khawatir ketika melihat peliharaan kesayangannya muntah. Oleh sebab itu, kali ini kami akan membahas secara rinci apa saja yang mungkin jadi penyebabnya untuk Anda, plus bagaimana cara tepat mengatasinya.

Untuk mengetahui selengkapnya, simak pembahasan berikut ini.


Apa yang Menyebabkan Anjing Muntah?


seekor anjing sedang beristirahat

foto oleh unsplash


Muntah merupakan sebuah kondisi saat anjing secara paksa mengeluarkan isi lambung dan bagian atas. Artinya, makanan yang keluar adalah yang sudah tercerna sebelumnya.

Selain muntah, ada kondisi lain yang menyebabkan anjing mengeluarkan makanannya yaitu regurgitasi. Berbeda dengan muntah, regurgitasi merupakan kondisi saat anjing mengeluarkan makanan yang tidak tercerna dari kerongkongan.

Ini sebabnya, tampilan antara muntah dan regurgitasi berbeda. Muntah sudah bercampur dengan cairan empedu, sehingga warnanya bisa bermacam-macam. Sedangkan regurgitasi belum bereaksi dengan cairan empedu.

Jenis muntah anjing sendiri ada beragam, di antaranya adalah muntah putih, kuning, hijau, coklat, hingga merah. Setiap jenis muntah tersebut memiliki penyebab yang berbeda, di antaranya adalah:

1. Permasalahan Pencernaan

Permasalahan pencernaan merupakan penyebab utama anjing muntah-muntah. Biasanya, muntah karena permasalahan pencernaan berwarna putih.

Jenis muntah ini biasanya memiliki penampakan lebih cair hingga berbusa. Penyebab anjing muntah busa putih lainnya adalah karena keracunan, terlalu banyak aktivitas, atau bahkan memuntahkan susu.

2. Asam Lambung

Tentu Anda sudah paham bahwa asam lambung dapat menyebabkan mual hingga muntah. Asam lambung tidak hanya menjangkit manusia, tapi ternyata anjing juga bisa terkena penyakit ini.

Jenis muntah yang anjing keluarkan saat mengalami asam lambung adalah kuning. Di mana muntah hanya berisi cairan empedu saja.

3. Alergi Makanan

Perlu Anda ketahui bahwa anjing bisa mengalami alergi makanan. Reaksi alergi tersebut sangat beragam, salah satunya adalah menyerang pencernaan.

Anjing yang alergi makanan akan muntah berwarna hijau. Selain karena alergi makanan, muntah hijau juga dapat terjadi karena anjing makan rumput atau bahkan gastritis.

4. Gastritis

Gastritis adalah suatu penyakit di mana adanya peradangan pada dinding lambung. Penyakit ini juga terkenal dengan nama radang lambung. Salah satu tanda dari gastritis adalah menyebabkan mual dan muntah.

Biasanya, anjing yang mengalami gastritis akan mengeluarkan muntah berwarna coklat. Selain karena gastritis, jenis muntah coklat juga dapat terjadi karena anjing memakan kotorannya sendiri, coprophagia, atau tidak sengaja makan cokelat.

5. Infeksi Saluran Cerna

Infeksi saluran cerna dapat terjadi karena adanya virus atau bakteri patogen. Hal ini bisa menyebabkan luka di saluran pencernaan dan membuat anjing muntah.

Jenis muntah karena adanya infeksi saluran cerna biasanya berwarna merah atau sedikit merah muda, di mana ini biasanya sudah bercampur dengan darah.


Bagaimana Cara Mengatasi Anjing Muntah?


penyebab anjing muntah ada beberapa hal

foto oleh unsplash


Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anjing muntah. Dari mulai penanganan sederhana hingga lanjutan. Ini beberapa yang bisa Anda lakukan:

● Pertama, Anda harus memperhatikan pola makan anjing. Pastikan ia makan dengan teratur dan dalam jumlah yang cukup.

● Kemudian, Anda bisa memberikannya obat rumahan khusus anjing untuk mengatasi mualnya. Biasanya, obat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi mual muntah pada anjing adalah Pepcid AC dan Prilosec.

● Terakhir, jika anjing masih tetap muntah maka segera hubungi dokter hewan terdekat. Jangan sampai kondisi anjing Anda semakin memburuk.

Untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya, Anda bisa kunjungi laman Kawan Hewan. Atau, Anda bisa follow TikTok Kawan Hewan dan Instagram, ya. Anda akan mendapatkan informasi tambahan terkait penyebab anjing muntah dan cara mengatasinya langsung dari veteriner profesional.

Post: Blog2 Post
bottom of page