Apakah Anjing Merasakan Emosi Manusia? Simak Berikut Penjelasannya!


foto oleh unsplash


Diantara banyaknya hewan peliharaan yang saat ini banyak dipelihara, anjing memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang kerap kita temui. Ya, anjing memang populer sebagai peliharaan karena dianggap sebagai hewan yang setia serta memiliki ikatan batin yang cukup kuat dengan pemiliknya. Sebuah fakta menyebutkan bahwa anjing bisa merasakan emosi manusia. Benarkah hal tersebut? Simak berikut penjelasannya!


Anjing Bisa Merasakan Emosi Manusia, Beginilah Ungkap Para Ahli!

Dibalik sifatnya yang sangat setia kepada majikannya, ternyata anjing juga merupakan salah satu hewan yang memiliki kepekaan terhadap apa yang dirasakan oleh manusia/majikannya. Baru-baru ini telah ditemukan sebuah penelitian bahwa hewan yang disebut “teman baik manusia” ini bisa mengenali emosi manusia.

Biago D’Aniello dari University of Naples menyebutkan bahwa para peneliti telah mengetahui perilaku tersebut sejak lama. Anjing bisa melihat maupun mendengar tanda-tanda emosi manusia. Hanya saja tidak banyak yang memberi perhatian pada indra penciuman. Dikarenakan hal tersebut akhirnya D’aniello beserta koleganya melakukan uji coba apakah anjing dapat merasakan emosi manusia menggunakan indera penciumannya yang kuat.

Dalam penelitian tersebut, para sukarelawan manusia ditunjukkan segmen-segmen dari sebuah video The Shining. Hal tersebut tentu bertujuan untuk menggali respon ketakutan maupun rasa senang. Setelah video tersebut ditonton, para ahli kemudian mengambil sampel keringat untuk diberikan kepada anjing yang dipelihara. Perilaku anjing yang terpapar “bau keringat ketakutan” memiliki detak jantung yang meningkat serta menunjukkan tanda tekanan tidak seperti anjing yang terpapar keringat “senang” dimana detak jantungnya masih cenderung stabil.

Tak hanya terdeteksi dari detak jantung yang meningkat saja, anjing yang mencium bau keringat ketakutan juga menarik diri dari lingkungan sosial serta membutuhkan lebih banyak kenyamanan dan hiburan dari pemiliknya. Sedangkan untuk anjing yang terpapar keringat senang, anjing tersebut merasa cukup santai untuk berinteraksi dengan orang asing yang menghasilkan keringat tersebut.


Perilaku Mengendus Bisa Mengurangi Rasa Stres Pada Anjing

Seperti yang kita tahu bahwa anjing juga kerap kali mengendus ketika berada di sekitar kita atau lingkungannya. Ya, mengendus memang merupakan sifat alami yang dimiliki oleh hewan bulu satu ini. Dan perlu anda ketahui bahwa mengendus juga memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu bisa mengurangi rasa stres dan dapat melatih indera penciumannya untuk mendektsi benda yang diciumnya.

Dikarenakan manfaatnya teramat penting, maka jangan sampai anda membatasi gerak geriknya untuk mengendus apa yang mereka inginkan. Jika hal tersebut anda lakukan, maka tentu saja akan merampas informasi yang mereka butuhkan untuk mencari tahu apa yang terjadi di dunianya. Jadi, ketika anda mengajaknya berjalan-jalan lalu anjing anda mengendus bunga ataupun benda lainnya biarkan saja selama hal tersebut tidak menganggu dan berbahaya.

Dibutuhkan Penelitian Lebih Lanjut

Walaupun fakta tentang anjing bisa merasakan emosi manusia telah dibuktikan dalam sebuah penelitian, namun penelitian lebih lanjut masih tetap harus dilakukan. Hal tersebut tentu saja dikarenakan masih ada yang belum diketahui tentang adaptasi emosional tersebut. Apakah memang benar hal tersebut merupakan sifat bawaan anjing atau hanya sebuah kebutulan saja.

Namun terlepas dari hal tersebut Dokter hewan bernama Karen Shaw Becker menyebutkan bahwa keadaan rumah suasana bahagia akan menumbuhkan anjing yang bahagia. Namun jika pemiliknya stres ataupun saking maka bisa menumbuhkan anjing yang kurang sehat. Itulah sekilas penjelasan tentang apakag anjing merasakan emosi manusia.


Nah itulah sekilas tentang kemampuan anjing merasakan emosi manusia terutama pemiliknya. Semoga dengan adanya penjelasan diatas sedikit banyaknya memberikan informasi bermanfaat untuk anda khususnya para pecinta anjing di seluruh dunia!


Semoga bermanfaat!

5 views0 comments