Inilah Ciri Kucing Cacingan Yang Sebaiknya Anda Ketahui!

Updated: Jan 17


foto oleh unsplash


Tahukah anda? Ternyata kucing menjadi salah satu hewan yang rentan menjadi tempat hidup beberapa parasit seperti halnya cacing gelang, cacing tambang ataupun cacing pita. Dikarenakan kucing sebagai hewan yang rentan terkena parasit seperti itu maka sebagai pecinta hewan yang satu ini tentunya anda harus selalu mengetahui ciri kucing cacingan dengan tujuan agar anda bisa lebih waspada ketika hewan kesayangan anda menunjukkan ciri tersebut. Namun, sebelum anda mengetahui ciri dari kucing cacingan tentu ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu penyebab cacingan.


Berikut Ini Penyebab Kucing Cacingan

Ada banyak sekali penyebab kucing cacingan dan yang perlu anda tahu bahwa cacing atau parasit tak hanya akan hidup pada kucing liar saja, bahkan kucing peliharaan juga rentan sekali terken cacing tersebut. Cacingan pada kucing tentunya sangat beresiko dan bisa membuat kucing mati jika tidak diobati. Nah berikut ini beberapa penyebab kucing cacingan yang sebaiknya diketahui:

1. Kutu Atau Tungau

Penyebab kucing cacingan yang pertama yaitu karena kutu dan tungau, Makhluk kecil yang ada pada tubuh kucing ini dapat menempel secara tidak sengaja. Lalu kutu atau tungau tersebut masuk ketika kucing sedang menjilat tubuhnya.

2. Cacing Serta Telur Cacing

Selain karena kutu atau tungau, penyebab kucing cacingan berikutnya yaitu karena cacing atau telur cacing yang masuk kedalam tubuh ketika cacing luka atau menjilat tubuh. Bahkan beberapa kasus lainnya banyak kucing yang terkena cacingan karena makanan yang dikonsumsinya seperti makanan mentah ataupun hewan mati.

3. Infeksi

Cacingan pada kucing tidak hanya akan menyerang kucing dewasa saja melainkan anak kucing juga rentan terkena cacingan. Umumnya cacingan pada kucing disebabkan karena infeksi misalnya ketika anak kucing terkena cacingan maka kemungkinan besar tertular dari induknya yang memang mengalami infeksi.

4. Lingkungan Yang Tidak Bersih

Lingkungan yang tidak bersih tentunya bisa menjadi salah satu sarang kuman dan bahkan cacing. Kucing yang terkena cacingan kemungkinan besar berada di lingkungan yang tidak bersih sehingga dengan begitu ketahui terlebih apakah lingkungan tempat dimana kucing anda tinggal sudah bersih?

Nah itulah beberapa penyebab kucing cacingan. Sebagai pemilik tentunya anda harus mengeahui penyebab diatas hal ini bertujuan agar anda bisa lebih menjaga lagi hewan kesayangan anda.

Lalu, Bagaimana Ciri Kucing Cacingan?

Mengetahui penyebab kucing cacingan tentu tidak lengkap untuk mengetahui apakah hewan kesayangan anda terkena cacingan atau tidak. Untuk memastikan apakah kucing terkena cacing maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu ciri kucing cacingan berikut ini:

· Bulu Terlihat Kusam

Anda bisa melihat kucing cacingan atau tidak dari bulunya. Tentu kita tahu bahwa kucing yang sehat akan memiliki bulu yang berkilau begitupun sebaliknya. Kucing yang terinfeksi cacing umumnya akan memiliki bulu yag kusam. Penyebab kusamnya bulu kucing dikarenakan hewan tersebut dehidrasi lalu menyerap nutrisi buruk.

· Gusi Terlihat Tidak Sehat

Selain bulu terlihat kusam, ciri berikutnya yaitu gusi terlihat tidak sehat. Dalam hal ini anda bisa memperhatikan gusinya dimana kucing yang terkena cacing akan memiliki warna gusi pucat dan putih tidak seperti gusi kucing sehat yang umumnya terlihat merah muda.

· Menurunnya Nafsu Makan

Ciri kucing cacingan berikutnya yaitu menurunnya nafsu makan. Turunnya nafsu makan ini tentu disebabkan karena kandungan cacing dalam perut tinggi sehingga bisa menyebabkan kucing tidak nafsu makan. Namun, menurunnya nafsu makan kucing memang bukan karena cacingan saja, ada beberapa penyebab menurunnya nafsu maka pada kucing seperti radang, sakit perut dan sebagainya.

· Perut Kucing Terlihat Besar

Ciri yang terakhir yaitu perut kucing terlihat besar karena adanya pembengkakan. Selain itu, kucing anda juga akan terlihat lesu dan tidak aktif seperti biasanya karena sumber energi atau nutrisi yang ada didalam tubuh kucing di curi oleh cacing tersebut.


Nah itulah beberapa ciri kucing cacingan yang sebainya selalu anda perhatikan. Jika hewan kesayangan anda terlihat seperti ciri diatas maka segera bawalah kucing tersebut ke dokter hewan profesional untuk segera ditangani.


Baca juga : Inilah Jenis Jenis Cacing Pada Kucing Yang Sebaiknya Diketahui!
71 views0 comments