Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan dan Treatment Penanganannya


foto oleh unsplash


Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat disukai oleh banyak orang. Namun sebagai pemilik hewan peliharaan tersebut, Anda tentunya harus tahu ciri-ciri kucing mau melahirkan. Jangan sampai Anda kecolongan.

Karena bagaimanapun, jika sudah memelihara kucing berarti Anda menganggap hewan tersebut sebagai anggota keluarga. Penanganan pertama untuk kucing melahirkan pastinya sangat diperlukan nantinya.

Nah, untuk itu Anda pun perlu mengetahui berbagai tanda kucing yang hendak melahirkan anaknya seperti berikut. Hal ini bertujuan agar nantinya Anda bisa melakukan proses membantu kelahiran anak-anak lucu dari kucing tersebut.


Tanda Kucing Mau Melahirkan

Ketika kucing sedang mengandung, kebanyakan dari mereka juga menampakkan tanda-tanda kehamilan seperti manusia. Begitu juga dengan kucing yang hendak melahirkan. Berikut ini tanda-tanda yang perlu Anda ketahui dan apa yang harus Anda lakukan jika hal itu terjadi pada kucing Anda.


1. Mereka akan lebih banyak tidur

Salah satu ciri-ciri kucing yang mau melahirkan adalah mereka akan lebih banyak mengistirahatkan tubuh. Dengan perut yang semakin membesar, wajar saja jika mereka merasa lelah dan butuh banyak tidur.

Memang terlihat lucu ya, akan tetapi hal ini merupakan ciri dasar dari kucing yang akan melahirkan. Besarnya perut mereka bisa menyebabkan mereka lebih cepat kehilangan tenaga. Bahkan dalam sehari kucing bisa tidur hingga 20 jam, lho.


2. Mereka akan lebih “cerewet” dan sering mengeong

Ketika sedang terjaga, induk kucing yang sedang hamil juga akan suka mengeong dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Mereka menjadi lebih cerewet, yang mana menandakan jika dirinya sedang dalam mode “posesif”.

Tujuan dari hal ini adalah menghindarkan gangguan kucing jantan dari betina ketika hendak melahirkan. Anda pun juga harus memberi ruang khusus pada mereka jika sudah menampakkan tanda ini, tanda tidak ingin diganggu oleh siapapun.


3. Sering berkeliling untuk membuat sarang

Ketika akan melahirkan, naluri keibuan kucing betina yang sedang mengandung lebih berkembang. Mendekati waktu kelahiran bahkan mereka akan rela berkeliling untuk bisa mencari sarang untuk anak-anaknya nanti.

Jika Anda memiliki kucing yang hendak melahirkan dan menampakkan tanda ini, jangan segan membantu mereka. Umumnya mereka lebih menyukai tempat yang tersembunyi untuk menempatkan anak mereka, karena dianggap lebih nyaman “secara psikologis”.


4. Menunjukkan tanda kurang nafsu makan

Ciri-ciri kucing mau lahiran lainnya adalah menampakkan tanda kurang nafsu makan. Kucing peliharaan yang biasa akan menghabiskan makanan yang diberikan majikan. Namun jika kucing Anda sedang hamil, mungkin mereka tidak menghabiskannya.

Anda jangan segan untuk membantu mereka makan dengan cara menemani mereka makan atau mencarikan makan yang sesuai selera mereka. Namun jangan khawatir, nafsu makan mereka akan kembali pulih setelah melahirkan.


5. Nafas kucing agak terengah dengan detak jantung agak cepat

Ciri-ciri kucing sudah mau melahirkan lainnya adalah nafas yang lebih berpacu dengan detak jantung yang juga lebih cepat. Hal ini wajar, karena mereka membawa beban di dalam rahim, sehingga membutuhkan energi yang lebih ekstra.

Makanya mereka juga akan lebih banyak diam dan tiduran di lantai. Jika Anda mengetahui hal ini, sebisa mungkin jangan ganggu mereka. Bisa jadi mereka tidak terlalu memiliki energi untuk bercanda dan harus mempersiapkan kelahiran.

Selain tanda-tanda diatas, ada juga kucing yang mengeluarkan lender berwarna merah atau putih dari vaginanya. Hal ini juga bisa diartikan bahwa si meong lagi bersiap melahirkan anak kucing yang lucu.


Itulah tanda kucing mau melahirkan yang perlu Anda tahu. Jika sudah demikian, Anda hendaknya memberikan treatment penanganan untuk mereka agar tidak terlalu stres menghadapi waktu lahiran.

Sebisa mungkin biarkan mereka nyaman dengan diri mereka sendiri dengan rebahan dimanapun mereka suka. Jangan sering mengganggu mereka dan selalu perhatikan mereka dari jauh. Beri mereka makan sesuai dengan porsi yang mereka inginkan.

Dari berbagai ciri-ciri kucing akan melahirkan tersebut, Anda harus paham dengan pasti agar nantinya bisa membantu mempersiapkan proses kelahiran. Jika perlu, ajaklah mereka ke dokter hewan ketika hari kelahiran semakin dekat. Ingat pula untuk memperhatikan pakannya karena kucing akan membutuhkan energi ekstra.

Nah, jika sudah mengetahui ciri-ciri kucing mau melahirkan seperti yang ada pada artikel di atas, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman Anda para pemelihara kucing ya. Karena sangat penting memperlakukan mereka secara hati-hati ketika sedang akan melahirkan. Semoga info ini bermanfaat untuk Anda, dan terimakasih!