Doglovers Wajib Tahu, Inilah Cara Mengukur Tingkat Kegemukan Hewan Pada Si Doggy


foto oleh unsplash


Semua pemilik hewan terutama anjing tentunya sangat menginginkan hewan perliharaannya tersebut bisa bertumbuh kembang dengan berat badan yang ideal. Sebenarnya berat badan ideal pada anjing dapat ditentukan oleh Body Condition Scoring (BCS). Lalu, apa sebenarnya Body Condition Scoring? Simak penjelasan singkatnya berikut ini!


Sekilas Tentang Body Condition Scoring, Cara Mengukur Tingkat Kegemukan Pada Anjing

Body Condition Scoring (BCS) merupakan cara untuk menentukan atau mengukur tingkat kegemukan pada hewan. Skala BCS ini tentu saja bisa dilihat dari beberapa titik tulang belakang serta pinggul. Metode perhitungannya juga tidak hanya dilakukan untuk mengukur tingkat kegemukan pada anjing saja melainkan juga bisa diaplikasikan untuk hewan lainnya seperti sapi ataupun kucing.

Sama halnya seperti mengukur berat badan, Body Condition Scoring juga hanya bisa menilai kondisi hewan secara keseluruhan. Dengan begitu tidak diketahui bagian tubuh mana yang mengalami perubahan komposisi termasuk salah satunya perubahan masa lemak serta otot.

Skor Body Condition Scoring juga umumnya terdiri dari lima tingkatan. Pengukuran BCS biasanya berkaitan erat dengan berat badan hewan. Namun walaupun kini banyak digunakan, terdapat kelemahan dari pengukuran ini yaitu masih ada aspek subjektifitas. Namun jika panduan tersebut diikuti dengan benar maka faktor tersebut bisa dikendalikan.


Lalu, Bagaimana Cara Menentukan Nilai Body Condition Scoring?

Seperti telah disebutkan diatas bahwa pengkuran skor Body Condition Scoring umumnya terdiri dari lima tingkatan. Lima tingkatan tersebut yaitu sangat kurus, kurus, sedang, gemuk dan obesitas. Untuk lebih lengkapnya berikut lima tingkatan tersebut:

· Grade 1/Tingkatan 1

Merupakan tingkatan pertama yang menggambarkan hewan kesayangan anda yang sangat kurus. Tulang-tulang pada tubuhnya terlihat sangat jelas. Jika diraba, anda tidak akan merasakan adanya lemak maupun daging. Pada bagian atas juga terlihat sekali bagian tubuh yang tidak terisi lemak ataupun daging. Hewan kesayangan anda biasanya memiliki berat badan 20% dibawah berat badan ideal.

· Grade 2/Tingkatan 2

Pada tingkatan ini anjing kesayangan anda juga masih tampak kurus. Tulang-tulangnya masih terlihat jelas namun apablia diraba masih terasa adanya daging serta lemak. Dilihat dari penampakannya, bagian atas tidak ada lekuk atau legok lapar, tubuhnya sudah cukup berisi. Anjing pada level ini memiliki berat badan kurang dari 10% dari berat badan ideal.

· Grade 3/Tingkatan 3

Anjing dengan berat badan yang ideal. Tonjolan tulang pada tubuhnya sudah tidak terlihat. Namun jika dilakukan perabaan masih sedikit terasa tonjolan tulangnya. Jika dilihat dari atas, biasanya lebih lurus tanpa legokan serta sudah berisi namun tidak terdapat deposit lemak.

· Grade 4/Tingkatan 4

Anjing kesayangan anda terlihat gemuk. Tidak terlihat adanya tonjolan tulang-tulang. Jika dilakukan perabaan, anda akan sulit merasakan tonjolan tulang karena adanya penumpukan lemak dan daging yang cukup tebal.

Jika dilihat dari bagian atas, hewan telihat lebih berisi, terdapat lipatan-lipatan kulit berlemak pada daerah leher. Anjing pada level yang satu memiliki berat badan lebih dari 10% berat badan ideal.

· Grade 5/Tingkatan 5

Anjing kesayangan terlihat sangat gemuk atau obesitas. Pada tingkatan ini sudah sangat sulit sekali menemukan tonjolan tulang karena adanya tumpukan lemak serta daging yang sangat tebal. Berat badan melebihi 20% dari berat badan ideal dengan perut yang tampak membesar serta menggelambir.

Nah itulah sekilas tentang cara menentukan nilai Body Condition Scoring pada anjing. Menentukan nilai BCS ini pada dasarnya bisa dilakukan sendiri namun jika anda masih ragu, pengecekan bisa dilakukan dengan mengunjungi dokter hewan terdekat.

Jika pada saat penentuan nilai BCS tersebut anjing anda masuk pada berat badan kurang ideal maka ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Pertama berikanlah makanan dengan frekuensi yang lebih sering dan mengganti pakan dengan makanan yang berkalori tinggi. Terakhir, rutin memberian cemilan sehat, suplemen kesehatan dan berikan obat cacing secara rutin.

Itulah ulasan lengkap tentang Body Condition Scoring pada anjing. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan menjadi solusi untuk anda! Share ya supaya lebih banyak orang yang mengetahui.