Kenali Gejala, Penyebab Dan Cara Pencegahan Batuk Kennel pada Anjing


foto oleh unsplash


Sama halnya dengan manusia, ternyata anjing juga bisa terserang batuk. Namun tentu saja, batuk yang dialami oleh anjing berbeda dengan batuk pada umumnya yang sering menyerang manusia. Kennel cough merupakan penyakit pernafasan yang sangat menular serta bisa menyebar dengan cepat diantara anjing lainnya. Anjing yang terserang kennel cough umumnya akan menunjukkan gejala seperti batuk kering dan kasar.


Gejala Batuk Kennel Anjing

Pada umumnya gejala yang muncul ketika anjing anda terserang kennel cough yaitu serangan batuk kering serta kasar. Biasanya batuk ini juga diikuti dengan tersedak serta muntah. Tingkat keparahan batuk kennel anjing biasanya akan berkurang selama 5 hari pertama. Namun, penyakit ini bisa berlanjut selama 10 hari sampai 20 hari. Penyakit ini juga bisa dikatakan lebih serius maupun tidak tergantung dengan usia dan kondisi kesehatan anjing tersebut.

Selain gejala tersebut, ada beberapa gejala lain yang akan dialami oleh anjing yang terserang batuk kennel. Berikut beberapa diantaranya:

· Terdapat kotoran pada bagian mata.

· Hidung berair.

· Bersin-bersin.

· Demam.

· Hilangnya nafsu makan.

· Terlihat lemas dan seperti sulit bernafas.

Sebagai pemilik tentu anda perlu mengenali gejala diatas karena walau bagaimana juga batuk kennel anjing sangat beresiko tinggi dan bisa menular ke anjing lain.


Lalu, Apa Penyebab Utama Batuk Kennel Anjing?

Penyebab utama batuk kennel anjing yaitu adanya infeksi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri bordetella bronchiseptica serta virus parainfluenza. Umumnya, penyakit ini akan menyerang dari satu anjing ke anjing lainnya karena memang penyebarannya sangat cepat. Penularannya bisa melalui kontak fisik langsung antara anjing yang menderita batuk kennel dengan anjing lannya. Ada juga dari benda-benda yang terkontaminasi misalnya tempat makan, tempat tidur dan lainnya.


Bagaimana Cara Pencegahan Agar Tidak Terserang Batuk Kennel Anjing?

Walaupun bukan suatu kondisi yang sangat serius, namun batuk kennel akan sangat menganggu hewan satu ini sehingga perlu dilakukan langkah pencegahan. Berikut cara pencegahan agar hewan kesayangan anda tidak terserang batuk kennel anjing:


1. Perhatikan Kebersihan Kandang Anjing

Dikarenakan penyebab utama batuk kennel anjing yaitu bakteri atau virus maka cara pencegahan yang pertama yaitu perhatikan kebersihan kandang anjing. Pastikan kandang atau lingkungan sekitarnya selalu bersih dan steril agar tidak ada bakteri atau virus yang bisa menyebabkan penyakit menular ini.

2. Perhatikan Asupan Nutrisi

Selain memperhatikan kebersihan kandang atau lingkungan sekitarnya, cara pencegahan berikutnya yaitu perhatikan asupan nutrisnya. Berilah makanan yang sehat dengan kandungan nutrisi seimbang agar anjing anda selalu sehat dan daya tahan tubuhnya tetap terjagar sehingga tidak mudah terserang penyakit.


3. Jangan Terlalu Sering Menitipkan Anjing Anda Ditempat Penitipan

Untuk mencegah batuk kennel anjing berikutnya, pastikan anda juga jangan terlalu sering menitipkan anjing di tempat penitipan. Ingat batuk kennel sangat menular dan tempat penitipan anjing menjadi salah satu tempat yang memiliki resiko tinggi penularan. Jadi, pastikan anda jangan terlalu sering menitipkan anjing di tempat penitipan. Kecuali Anda telah menemukan tempat penitipan yang terpercaya.


4. Rutin Mengecek Kesehatan

Terakhir anda juga harus rutin mengecek kesehatannya. Dalam hal ini pastikan anda selalu rutin pergi ke dokter hewan dan pastikan anjing anda sudah di vaksin. Hal ini akan membuat anabul Anda lebih terjaga kesehatanya.


Nah itulah cara pencegahan agar peliharaan anda tidak terserang batuk kennel anjing. Langkah pencegahan tentu sangat penting dan perlu diperhatikan. Apabila anjing anda ternyata menunjukkan gejala diatas sebaiknya anda langsung membawanya ke dokter hewan terdekat agar langsung dilakukan tindakan. Share ya!