Bisakah Anjing Makan Makanan Kucing? Simak Penjelasannya Singkatnya Berikut Ini!


foto oleh unsplash


Memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dalam satu rumah memanglah sangat menyenangkan. Apalagi jika anda benar-benar pecinta hewan berbulu tersebut. Namun terkadang, sebagai pemilik anda juga akan kewalahan sendiri ketika memberikannya makan. Terkadang seringkali anjing anda memakan makanan kucing begitu sebaliknya.

Sejauh ini memang hal tersebut umum sering terjadi bagi anda yang memelihara dua hewan tersebut. Untuk kucing, tentu jelas bermasalah kalau menyantap makanan anjing karena kucing merupakan karnivora sejati (obligat) sedangkan anjing adalah hewan omnivore. Namun yang menjadi pertanyaannya, apakah boleh anjing makan makanan kucing?


Bisakah Anjing Makan Makanan Kucing?

Anjing merupakan salah satu jenis hewan yang tidak pilih-pilih makanan. Mereka terkadang akan memakan apa saja yang ada didepannya, apakah itu makanan sisa majikannya bahkan makan makanan kucing. Namun bisakah atau bolehkah anjing makan makanan kucing?

Menurut penelitian mengungkapkan sebuah fakta mengejutkan bahwa makanan kucing sebenarnya tidak boleh dimakan oleh anjing. Menurut seorang Ahli Kesehatan hewan menyebutkan bahwa nutrisi untuk makanan kucing berbeda dengan makan anjing.

Sejatinya, kucing dan anjing merupakan hewan yang berbeda yang pastinya kebutuhan akan nutrisi juga tentu akan berbeda. Apalagi kucing termasuk ke dalam hewan karnivora sejati yang membutuhkan banyak sekali protein. Sedangkan anjing merupakan hewan omnivora dimana mereka bisa makan lebih banyak makanan yang tersedia didepannya.

Melihat hal tersebut pastinya sudah terlihat jelas perbedaan nutrisi yang dibutuhkan oleh kedua hewn tersebut. Sebagai hewan karnivora sejati, kucing membutuhkan lebih banyak daging. Sedangkan anjing lebih banyak membutuhkan nutrisi karena sejatinya anjing merupakan hewan omnivora.

Kasus yang terjadi dan sering dipermasalahkan yaitu ketika anjing makan makanan kucing. Jika baru satu atau dua kali memang tidak akan ada efek atau perubahan yang terjadi. Namun, jika dibiarkan berkali-kali dan bahkan dalam taraf sering maka tidak menutup kemungkinan jika akan ada efek yang berarti.

Alasan Anjing Tidak Disarankan Makan Makanan Kucing

Makanan kucing cenderung mengandung banyak kandungan lemak, protein dan kalori yang sangat tinggi. Namun tidak ada nutrisi lain yang dibutuhkan oleh anjing sehingga bisa dikatakan bahwa makanan kucing tidak ideal untuk anjing.

Walaupun tidak berbahaya untuk anjing, makanan kucing tidak memberikan nutrisi yang tepat serta optimal untuk anjing. Namun jika kasusnya, anjing anda sering mengonsumsi makanan kucing secara teratur maka anjing kesayangan anda bisa mengalami penyakit komplikasi. Hal ini tentu saja dikarenakan tidak adanya keseimbangan protein, serat serta nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh anjing. Nah ketidakseimbangan nutrisi tersebut bisa menyebabkan beberapa gangguan seperti obesitas, gangguan pencernaan hingga pankreatitis.

Apa itu Pankreatitis? Penyakit ini merupakan gangguan di pankreas. Pankreatitis sendiri merupakan salah satu penyakit cukup serius yang membutuhkan perawatan khusus. Gejala yang terjadi bisa berupa sakit perut, lesu, kehilangan nafsu makan, perut buncit, punggung bungkuk, lemas, diare, demam dan muntah.

Selain itu kadar protein yang tinggi dalam makanan kucing juga bisa menganggu hati serta ginjalnya. Namun, masalah kesehatan yang umum terjadi jika anjing makan makanan kucing yaitu muntah, diare atau sakit perut. Nah, sakit perut yang diderita tersebut terjadi karena adanya kandungan lemak yang lebih tinggi didalam makanan kucing.


Lalu, Bagaimana Tips Mengatasi Anjing Yang Suka Makan Makanan Kucing?

Permasalahan anjing makan makanan kucing umumnya terjadi kepada para pemilik yang memelihara dua hewan tersebut dalam satu rumah. Jika hal tersebut terjadi kepada anda, maka salah satu tips mengatasinya yaitu dengan memisahkan kedua hewan tersebut di ruangan berbeda ketika diberi makan. Hal ini bisa menjadi solusi terbaik agar anjing anda tidak terus memakan makanan kucing.


Nah itulah sekilas tentang ulasan bisakah anjing makan makanan kucing serta tips mengatasi anjing yang suka makan makanan kucing. Semoga bermanfaat!

11 views0 comments