Fakta Kucing Emas yang Ternyata Merupakan Hewan Hampir Punah


foto oleh media indonesia


Baru-baru ini Indonesia, tepatnya di daerah Sumatera Barat dikejutkan dengan tertangkapnya seekor kucing emas di perangkap milik warga. Penangkapan hewan langka secara tidak sengaja ini tentunya mengundang perhatian dari banyak pihak.

Kucing ini memang tidak seterkenal kucing eksotik lain pada umumnya, tetapi ini merupakan kucing yang hampir punah. Karena itu saat tidak sengaja tertangkap kemarin pihak terkait langsung melakukan evakuasi dengan tujuan untuk menyelamatkan si kucing.


Mengenal Lebih Jauh Tentang Kucing Emas

Jenis yang tertangkap kemarin masuk ke dalam kucing emas Asia dan memiliki ukuran serta suara yang berbeda dengan kucing kampung. Bahkan sekilas bentuk dari kucing ini seperti anak harimau karena memang ukurannya yang lumayan besar.

Warna bulu dari kucing ini tidak hanya emas, dan memiliki banyak variasi lain. Ada yang berwarna hitam, cokelat, abu-abu, dan warna merah seperti rubah.

Makanan kucing emas ini biasanya adalah binatang lain yang ada di hutan, karena hewan ini termasuk kedalam tipe karnivora. Untuk ukurannya sendiri, kucing ini mampu untuk memangsa hewan yang ukurannya jauh lebih besar.


Fakta Kucing Emas

Setelah mengenal tentang kucing emas tadi, maka sekarang saatnya untuk melihat fakta-fakta menarik yang dimiliki. Sehingga bisa menambah pengetahuan dan wawasan seputar kucing langka ini, berikut adalah pembahasan seputar faktanya, di antaranya:

1. Merupakan Hewan Buruan

Pertama adalah hewan ini merupakan hewan buruan yang cukup populer untuk diambil bagian dagingnya sebagai bahan makanan. Selain itu bagian kulit dan tulangnya juga banyak dicari karena bisa dijadikan sebagai obat tradisional.

2. Buta Saat Lahir

Saat baru lahir bayi dari kucing-kucing ini tidak akan bisa melihat apa-apa sama sekali atau buta. Namun, nanti setelah 6 sampai 12 hari setelah dilahirkan bayi kucing ini akan mulai bisa melihat, dan perlahan mendapatkan fokus dalam penglihatannya.

3. Kucing Api

Julukan dari hewan ini sebenarnya sangat banyak, tetapi yang populer adalah julukan kucing api dari Thailand. Hal ini berkaitan dengan legenda yang jika kulit dari kucing ini dibakar maka bisa mengusir harimau dari desa.

4. Terdaftar Sebagai Hewan yang Hampir Punah

Bisa dikatakan bahwa status kucing emas langka atau termasuk ke dalam hewan yang hampir punah. Ada dua hal utama yang menyebabkan hal ini, pertama adalah mulai hilangnya habitat alami kucing ini dan yang kedua karena kucing ini ramai diburu oleh masyarakat.

5. Nama Latinnya Diambil dari Zoologist Belanda

Hewan ini memiliki nama latin Catopuma Temminckii yang ternyata diambil dari seorang Zoologist Belanda yang bernama Coenraad Jacob Temminck. Nama ini pertama kali diambil dan digunakan pada tahun 1827.

6. Habitat

Tempat tinggal hewan ini yaitu di hutan cemara beriklim tropis dan subtropis dengan tipikal udara yang lembab. Namun, kucing ini juga sempat terdeteksi berada di ketinggian bukit 3.050 meter yang berlokasi di Sikkim, India dan pernah juga ditemukan di semak belukar.

7. Bisa Memangsa Hewan yang Berukuran Lebih Besar

Termasuk dalam tipe pemburu terrestrial yang artinya sering berkeliaran di atas tanah, dan umumnya yang dimangsa adalah tikus-tikus besar. Namun, ternyata hewan ini tidak takut untuk memangsa hewan yang ukurannya lebih besar seperti anak sapi misalnya.

8. Ciri Khas di Badan

Kucing ini memiliki ciri khas yaitu dari mata sampai leher ada garis putih dan juga hitam yang memanjang. Lalu pada bagian bawah perut, ekor, dan kaki bagian dalamnya biasanya memiliki warna putih.

Jadi, itulah tadi sekilas tentang kucing emas dan fakta yang dimilikinya yang ternyata hewan ini adalah hewan langka. Maka, pastikan untuk selalu melindungi keberadaannya. Ingat! Hewan ini tidak boleh diburu.


Selain hewan terestrial, baca juga : Mengenal Jenis Hewan Arboreal