Jangan Digunting! Inilah Fungsi Kumis Pada Kucing !


foto oleh unsplash


Perlu anda ketahui bahwa setiap bagian tubuh dari mahluk hidup memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya saja sepert kumis yang ada pada manusia ataupun hewan seperti kucing. Fungsi ini tidak hanya berkaitan dengan penampilan ya!

Sebuah penelitian menyebutkan bagian tubuh manusia yang tertutup oleh kumis 3 kali lebih sedikit terpapar sinar UV yang sangat berbahaya dibandingkan dengan tubuh yang tidak tertutup bulu. Jika fungsi kumis pada manusia luar biasa, lalu bagaimana dengan fungsi kumis pada kucing? Penasaran apa fungsinya? Simak ulasannya berikut ini!


Jangan Asal Gunting! Simak Berikut Fungsi Kumis Pada Kucing Yang Tak Banyak Diketahui!

Sebagai pemilik kucing, pastinya anda sudah tahu betul jika kucing tidak hanya memiliki bulu tebal saja, melainkan juga hewan berbulu ini memiliki kumis. Bagian tubuh yang satu ini mungkin tidak terlalu diperhatikan namun pada kenyataanya ternyata kumis pada kucing memiliki banyak sekali fungsi.

Sama halnya dengan kumis pada manusia, kumis kucing juga memiliki fungsi yang tidak banyak diketahui oleh para pemiliknya. Karena ketidaktahuannya tersebut, terkadang banyak diantaranya yang sengaja memotong kumis tersebut karena terlalu panjang ataupun hal lainnya.

Nah, bagi anda yang sering memotong kumis kucing, pastinya akan cukup menyesal atas perbuatan yang anda lakukan. Pasalnya ada banyak sekali fungsi kumis pada kucing, berikut beberapa diantaranya:

1. Sebagai Perlindungan Diri

Selain sebagai organ sensori, kumis kucing juga berfungsi sebagai perlindungan diri. Pada dasarnya kumis kucing tidak hanya terdapat pada bibir atas saja. Ya, kumis pada kucing tersebar pada beberapa bagian seperti telinga, atas mata, rahang, dagu serta kaki depan. Kumis tersebut bisa mendeteksi ketika ada bahaya sehingga kucing bisa menghindar.

2. Sebagai Penyeimbang Tubuh

Kucing menjadi salah satu hewan yang bisa masuk ke ruangan yang sempit serta meloncat tinggi tanpa terjatuh. Hal tersebut menjadi salah satu kelebihan dari hewan yang satu ini, namun tahukah anda jika kemampuannya tersebut berkat adanya kumis? Ya, kumis pada kucing dapat mengirimkan sinyal ke otak sebagai penyeimbang tubuh untuk mengetahui posisi anggota tubuhnya. Luar biasa bukan?

3. Sebagai Ekspresi Emosi

Tak hanya terhubung dengan pembuluh darah serta saraf saja, kumis kucing juga terhubung dengan otot-otot yang bisa digerakan. Itulah sebabnya ketika merasa terancam, kucing sering menarik kumisnya ke belakang moncongnya.

Itulah beberapa fungsi kumis pada kucing yang pastinya perlu diketahui khususnya untuk anda yang sering memotong kumis kucing sembarangan. Selain fungsi fungsi diatas, ternyata terdapat fakta menarik tentang kumis pada kucing salah satunya yaitu kumis kucing memiliki pola yang berbeda.

Ya, tebalnya kumis kucing bisa 2-3 kali lebih tebal dari rambut kucing. Selain itu, umumnya terdapat 24 kumis pada bagian pipi yang terdiri dari 12 helai kumis pada bagian kiri dan 12 helai kumis pada bagian kanan. Semua helai kumis yang terdapat pada tubuh kucing memiliki fungsi yang sangat penting. Fungsi kumis perlu benar-benar diketahui agar anda tidak lagi memotong kumisnya sembarangan.


Nah itulah sekilas tentang manfaat kumis kucing. Karena pentingnya bagian tubuh ini, jangan sampai secara sengaja maupun tidak sengaja memotongnya ya. Karena akan berpengaruh pada kehidupan si meong si kemudian hari. Semoga bermanfaat!

17 views0 comments