Kucing Tidak Dapat Merasakan Rasa Manis? Ternyata Inilah Alasannya!


foto oleh unsplash


Selama ini, kucing memang dikenal sebagai salah satu hewan yang memiliki kemampuan melompat, mencium, mendengar hingga mampu melihat di kegelapan. Namun tahukah anda? Sebuah fakta terbaru dan mungkin masih belum diketahui semua pecinta kucing. Ternyata hewan berbulu ini tidak dapat merasakan rasa manis. Lalu, mengapa kucing tidak dapat merasakan rasa manis? Simak berikut beberapa alasannya!


Inilah Alasan Mengapa Kucing Tidak Dapat Merasakan Rasa Manis

Perlu anda ketahui jika kucing reseptor pengecap lebih sedikit dibandingkan dengan manusia. Berdasarkan sebuah jurnal, kemampuan merasakan rasa manis berasal dari 2 gen yaitu Tas1 r2 serta Tas1 r3. Nah rasa manis tersebut merupakan sinyal jika makanan yang dimakan adalah karbohidrat yang penting untuk omnivora seperti manusia.

Namun, tentu saja kita tahu jika kucing merupakan hewan karnivora yang pada dasarnya tidak membutuhkan karbohidrat. Oleh sebab itu, maka semua jenis kucing mulai dari kucing rumahan, harimau hingga singa hanya memiliki sedikit asam amino untuk membentuk dua gen tersebut. Dengan kata lain, secara genetik kucing tidak dapat merasakan rasa manis.

Walaupun kucing tidak dapat merasakan rasa manis, namun kucing anda tentu saja tidak akan menolak ketika diberikan es krim ataupun makanan lainnya. Nah, ketika kucing memakan es krim atau makanan manis lainnya, tentu bukan rasa manis yang disukainya, melainkan reseptor rasanya bereaksi pada lemak yang terkandung didalamnya lalu mendorong nafsu makannya.

Sebagai penyeimbang dari Indera perasa manis yang tidak berkembang adalah si meong lebih mengembangkan sensor rasa pahit serta asam. Nah, kedua sensor tersebut sangat penting untuk memperingatkan kucing pada makanan ataupun benda yang berbahaya dan beracun.


Tekstur Dan Suhu Mempengaruhi Selera Makan Kucing

Namun tak hanya rasa saja, tekstur makanan juga cukup berpengaruh pada selera makan kucing. Umumnya kucing lebih menyukai potongan yang lebih besar dibandingkan yang remah-remah.

Tak hanya dari segi tekstur saja, suhu makanan juga sangat penting bagi kucing. Kebanyakan kucing akan menolak makanan dingin yang baru majikannya ambil dari kulkas. Mereka akan lebih memilih makanan hangat karena makanan hangat tersebut menyerupai suhu mangsanya ketika berburu di alam liar.


Kucing Bisa Merasakan Rasa Yang Manusia Tidak Bisa Rasakan

Fakta yang tak kalah menarik dari kucing tidak dapat merasakan rasa manis yaitu kucing memiliki reseptor rasa yang sudah berevolusi untuk merasakan rasa yang tidak bisa dirasakan manusia. Misalnya kucing bisa merasakan senyawa ATP atau adenosine triphospate yang merupakan suplai energi dalam sel hidup. Sebagai hewan karnivora obligat, kucing memang mendapatkan nutrisi dari daging-dagingan.

Untuk kucing senyawa tersebut bisa menjadi indikator untuk bisa merasakan apakah daging layak untuk dimakan atau tidak. Dengan kata lain, kucing memiliki insting yang cukup kuat dalam memilih mana makanan yang bisa dimakan dan tidak berbahaya serta mana makanan yang seharusnya tidak dimakan.


Nah itulah sekilas tentang alasan mengapa kucing tidak dapat merasakan rasa manis. Dengan adanya ulasan diatas, maka pastinya akan menambah pengetahuan untuk anda sebagai cat lovers. Memberikan makan pada kucing merupakan salah satu tanggung jawab semua pemilik hewan berbulu ini. Jadi, pastikan anda memilih makanan yang memang memiliki nutrisi seimbang agar kucing anda terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Bolehkah Kucing Makan Nasi? Simak Penjelasan Berikut Ini
8 views0 comments