Sekilas Tentang Scaling Gigi Kucing Dan Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anabul!


fotol oleh unsplash


Seperti yang kita tahu jika kesehatan gigi menjadi hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan. Tentu tak hanya manusia saja, kesehatan gigi kucing juga menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan oleh para pemilik hewan berbulu ini.

Ketika anda memutuskan untuk memelihara kucing, anda tak hanya bertanggung jawab untuk memberikan makanan dan tempat yang nyaman saja. Lebih penting dari itu anda juga perlu memperhatikan kesehatannya termasuk kesehatan giginya.

Mulut kucing merupakan pintu gerbang yang sangat berkaitan dengan kesehatan serta kenyamanan hewan berbulu ini. Mungkin anda akan merasa terkejut dengan fakta jika kucing juga kemungkinan bisa memiliki permasalahan pada giginya.

Plak yang menumpuk pada gigi kucing lalu kemudian mengeras menjadi karang gigi bisa menyebabkan beberapa permasalahan seperti radang gusi, gigi berlubang, abses gigi dan lainnya. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja sebagai salah satu langkah pencegahannya perlu dilakukan tindakan scaling gigi kucing.


Apa Itu Scaling Gigi Kucing?

Scaling gigi kucing merupakan sebuah prosedur pembersihan karang gigi pada hewan secara rutin setiap 6 sampai 12 bulan sekali dengan menggunakan scaler ultrasonic yang telah terstandarisasi. Scaling ini tentu saja bertujuan untuk menghilangkan seluruh karang gigi serta plak pada gigi kucing.

Scaling gigi kucing memang menjadi tindakan paling tepat agar kesehatan mulut kucing anda terjaga. Namun, tindakan ini tidak bisa dilakukan sembarangan, anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan terdekat. Dokter biasanya akan melihat kondisi gigi kucing apakah tepat untuk dilakukan scaling ataupun tidak.

Scaling gigi pada hewan tentu tidak akan menyakitkan hewan itu sendiri, pasalnya sebelum dilakukan tindakan kucing anda akan di anetesi terlebih dahulu. Prosedur dari anatesi juga tentunya telah melalui proses pertimbangan kondisi kesehatan dan faktor lain yang bisa menjadi kemungkinan terburuk. Jadi, anda tidak perlu khawatir.


Tips Menjaga Kesehatan Gigi Kucing

Terlepas dari pentingnya tindakan scaling gigi kucing, anda juga tentu saja sangat disarankan untuk mengetahui bagaimana tips menjaga kesehatan gigi kucing. Nah sebelum anda tahu bagaimana tipsnya, perlu anda tahu juga jika plak dan karang gigi menjadi dua hal yang berbeda.

Plak gigi tersusun atas mikroba mulut dengan komposisi serta struktur yang bisa berubah sepanjang wakty. Plak pada gigi kucing juga umumnya transparan serta bertekstur lunak dan lengket sehingga bisa diatasi dengan kebiasaan menyikat gigi.

Sementara pembentukan karang gigi dipengaruhi oleh kondisi mulut dan komposisi makanan yang dikonsumsi. Tingkat keparahan dari karang gigi ini bisa dilihat dari ketebalan, warna serta letak karang gigi berada dimana. Karang gigi tentunya akan menyebabkan gangguan pada kesehatan gigi kucing.

Tak hanya itu saja, penumpukan karang gigi juga bisa menimbulkan bau hingga rasa tidak nyaman ketika kucing anda mengunyah makanan. Tentunya hal ini tak hanya akan menganggu kucing saja, sebagai pemilik anda juga pasti akan merasa sedih jika melihat kucing anda sengsara.

Nah untuk itu maka menjaga kesehatan gigi dan mulut kucing menjadi hal penting. Ketika berbicara tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut kucing pastinya hal yang terlintas yaitu rutin menggosok giginya. Ya, hal tersebut memang betul namun terdapat beberapa hal lain yang perlu anda perhatikan:


Pilih Sikat Gigi Yang Tepat

Gigi kucing pastinya bisa dibersihkan dengan sikat gigi pada umumnya. Namun, sikat gigi manapun yang anda pilih, pastikan jika sikat tersebut bisa mencapai gigi belakang. Tak lupa, usahakan juga pilihlah sikat yang memiliki bulu lembut yang tidak akan merusak gingiva kucing.


Gunakan Pasta Gigi Yang Mengandung Formula Khusus

Setelah menggosok gigi, manusia pastinya akan langsung berkumur, namun lain halnya dengan kucing dimana setelah menggosok gigi kemungkinan pasta gigi yang digunakan akan ditelan. Nah karena hal tersebut maka sangat penting untuk anda memilih formula pasta gigi yang tidak beracun atau dengan formulasi khusus. Sebaiknya pilihlah pasta gigi yang memiliki rasa seperti rasa ikan ataupun ayam. Tujuannya agar kucing anda merasa tertarik serta membantu mempermudah menyikat.


Berikan Makanan Yang Dirancang Untuk Kesehatan Gigi

Terakhir, tak ada salahnya jika anda juga mencoba memperkenalkan makanan yang dibuat khusus untuk kesehatan gigi. Terdapat beberapa jenis makanan yang dibuat dan bisa berfungsi untuk memecah karang gigi secara mekanis untuk membersihkan gigi. Dry food yang berbentuk kibble biasanya dipakai untuk menjaga kesehatan gigi.


Nah itulah sekilas tentang scaling gigi kucing dan bagaimana tips menjaga kesehatan gigi anabul kesayangan anda. Kebiasaan menyikat gigi hewan secara rutin dan memberikan makanan kering dengan kandungan tartar control merupakan cara paling tepat untuk menjaga kesehatan gigi kucing anda. Semoga bermanfaat.


Baca juga : Dry Food Dan Wet Food, Mana Makanan Kucing Terbaik Yang Harus Dipilih?
28 views0 comments