• admin

Tips Merawat Iguana Hijau di Rumah Agar Tumbuh Sehat


foto oleh unsplash


Sepintas dari bentuk fisiknya memang terlihat menakutkan. Namun, iguana hijau termasuk hewan yang cepat beradaptasi dengan lingkungan manusia dan tidak membahayakan.


Merawat Iguana Hijau

Cara merawat hewan asal Amerika ini pun tergolong mudah. Berikut cara memeliharanya yang bisa Anda terapkan.


Ukuran Kandang

Iguana adalah jenis reptil yang bisa tumbuh besar. Untuk iguana dewasa bisa memiliki panjang hingga 2 meter dengan bobot bisa mencapai 10 kilogram. Untuk itu, menggunakan kandang model aquarium bukanlah cara tepat merawat iguana hijau.

Anda perlu mempersiapkan kandang dengan ukuran besar, aman, dan nyaman untuk pertumbuhan hewan jenis kadal ini. Iguana juga membutuhkan ruangan khusus yang bisa menghadirkan suasana di habitat aslinya. Dengan suaka yang nyaman, hewan peliharaan Anda akan tumbuh dengan baik.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah memberikan cahaya yang cukup. Iguana adalah spesies reptil yang memiliki habitat asli di daerah tropis. Mereka membutuhkan pencahayaan yang baik, yang disesuaikan dengan suhu di daerah tropis, yakni berkisar antara 350-380 C.


Lingkungan Kandang

Selain kandang yang luas, untuk merawat iguana hijau yang baik, Anda juga perlu mempersiapkan lingkungan yang nyaman di dalam kandang. Misalnya, lingkungan di dalam kandang harus dirancang sedemikian rupa agar terkesan seperti hidup di habitat aslinya.

Misalnya, iguana itu satwa yang suka memanjat, sehingga Anda perlu menyediakan tempat bermain seperti dahan pohon untuk dijadikan tempat memanjat. Selain dahan-dahan pohon, perlu pula dibuat tempat persembunyian. Soalnya, saat merasa terancam, iguana suka bersembunyi.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah memilih material yang tepat untuk membuat kandang. Untuk bahan kandang, pilihlah material kawat dengan tetap memperhatikan sistem sirkulasi yang baik. Selain itu, untuk kenyamanan, beri alas di dalam kandang, misalnya terbuat dari bahan karpet.


Kebersihan Kandang

Hal yang tidak kalah penting diperhatikan adalah masalah kebersihan kandang. Anda harus membersihkan kandang secara rutin. Gantilah alas dan bersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di kandang. Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi pertumbuhan bakteri dari sisa makanan.

Menjaga kebersihan kandang dapat mencegah berbagai macam penyakit yang bisa menyerang iguana. Salah satunya adalah jamur. Penyakit jamur mudah menyerang iguana jika kandang dibiarkan kotor. Bahkan, jamur ini bisa menyebabkan kematian.

Penyebab tumbuhnya jamur adalah kuman, bakteri, bekas kotoran, serta sisa makanan. Oleh karena itu, Anda harus rajin merawat iguana hijau dengan cara selalu menjaga kebersihan kandang.


Kondisi Kesehatan

Untuk memastikan kondisi kesehatan iguana, Anda harus mengamatinya dari jarak dekat. Jika terdapat luka di tubuh, misalnya, Anda bisa segera mengoleskan obat sesuai anjuran dokter. Namun, jika terdapat gejala lain yang tidak terlihat secara fisik, sebaiknya iguana dibawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Cara memelihara iguana hijau memang butuh perlakukan khusus. Hewan yang merupakan spesies kadal ini lebih suka tinggal di lingkungan yang hangat dan lembab. Oleh karena itu, penting untuk mengatur suhu lingkungan kandang. Sebab, suhu yang tidak sesuai dapat menyebabkan iguana stres.

Untuk memastikan bahwa kondisi suhu sesuai, Anda sebaiknya menempelkan termometer ruangan pada bagian luar kandang. Dengan cara ini stabilitas temperatur di kandang akan tetap terjaga.


Makanan dan Minuman

Iguana adalah hewan pemakan tumbuh-tumbuhan (herbivora). Sebagai satwa liar, iguana lebih menyukai sayur-sayuran untuk bahan makanannya. Beberapa jenis makanan segar yang disukai satwa langka ini seperti brokoli, sawi, buncis, labu, serta buah-buahan.

Agar iguana hijau tumbuh sehat, selain makanan pokok sayur-sayuran, perlu juga diberi asupan suplemen terutama yang mengandung kalsium tinggi. Untuk suplemen dan buah-buahan cukup diberikan seminggu sekali. Sedangkan untuk minuman, Anda harus menyediakan air bersih setiap hari untuk menghindari dehidrasi.


Bagaimana cara merawat iguana hijau, tidak terlalu sulit bukan? Anda hanya butuh kesabaran, mengingat yang dipelihara adalah satwa yang hidup di alam liar sehingga dibutuhkan penanganan khusus. Silahkan share artikel ini agar bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca.


#iguanahijau

#hewaneksotis

8 views0 comments