• admin

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekornya Tetap Indah


foto oleh pexels


Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang banyak dipelihara para penghobi ikan. Ikan ini punya daya tarik yaitu pada sirip dan ekor yang panjang, belum lagi terdapat banyak varian warna pada ikan ini yang semakin menarik. Cara merawat ikan cupang juga tidak terlalu sulit dan biayanya masih bisa terjangkau.

Ikan cupang akan mulai mengembangkan ekornya saat merasa terancam oleh musuhnya atau sedang bercumbu. Bagi Anda yang sedang memelihara ikan tersebut wajib untuk tahu cara merawatnya agar ekornya tetap indah. Simak cara merawat ikan cupang biar cantik berikut ini.


Pemilihan Wadah

Untuk merawat ikan cupang maka anda harus melakukan pemilihan tempat hidup yang tepat. Ikan cupang tidak harus hidup di dalam akuarium, wadah kecil juga cukup untuk hewan ini. Setidaknya Anda harus memilih wadah penempatan ikan cupang dengan diameter 20x15x15 cm.

Pemeliharaan ikan ini sebaiknya menggunakan air tawar, dikarenakan air tawar punya karakteristik yang mirip dengan habitat asli cupang. Ikan cupang memiliki tempat hidup asli di sawah dan juga rawa.


Tahap Memasukkan Cupang Ke Wadah Baru

Ketika merawat ikan cupang pada wadah yang tidak memiliki penutup maka isi airnya sampai 40%. Hal ini agar menjaga ikan cupang tidak bisa melompat keluar dari wadah. Jangan memindahkan cupang dengan tangan karena bisa merusak ekornya yang halus.

Sebaiknya Untuk memindahkan cupang ke wadah baru tuangkan bersama air dari wadah lama sekaligus. Hal ini untuk menghindari ekor cupang bersentuhan dengan benda benda yang membahayakan.


Menjaga Kualitas Air

Cara merawat ikan cupang agar tidak mati yaitu dengan menjaga kualitas airnya. Ganti air pada wadah selama beberapa hari sekali, setidaknya 2 hari sekali. Sebaiknya jangan mengganti air seluruhnya, Anda bisa mencampurkan air baru dengan air lama.

Atau jika ingin menggunakan air baru seluruhnya, tunggu air mengendap sampai 3 jam baru kemudian masukkan ikan cupang pada air tersebut..


Menambahkan Daun Ketapang

Rahasia yang membuat ikan cupang tetap indah saat berada dalam wadahnya yaitu dengan menambahkan daun ketapang. Anda bisa memasukkan daun ketapang yang kering pada wadah ikan cupang. Nanti Air dalam wadah akan berubah menjadi warna kuning tapi bukan berarti airnya menjadi kotor. Untuk menemukan daun ketapang Anda bisa mencarinya di toko ikan hias.


Beri Makanan Bernutrisi

Ikan cupang membutuhkan makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang baik. Lebih baik memilih makanan ikan ini dengan makanan hidup daripada pelet. Cara merawat ikan cupang agar warnanya bagus dengan memberi makanan seperti kutu air, cacing sutra hingga nyamuk

Pemberian makanan cupang juga memiliki aturan. Agar tidak berlebihan dan mengotori air pada wadahnya sebaiknya beri makanan secara bertahap. Beri cupang makanan pagi dan sore dan hindari untuk malam hari. Pemberian pakan pada malam hari bisa mengganggu pola istirahat ikan.


Lakukan Penjemuran Cupang

Cara merawat ikan cupang kontes agar warna ikan cupang tetap cantik maka anda harus dijemur. Tidak hanya sehat penjemuran ikan cupang bisa membuat bakteri dan jamur yang ada di kulit serta wadahnya hilang. Penjemuran ini bisa dilakukan sesekali saja pada pagi hari Mulai pukul 8 sampai 10 pagi.

Durasi untuk penjemurannya yaitu kira-kira 15 sampai 30 menit. saat anda melihat gerak ikan cupang mulai panik ketika dijemur maka langsung pindahkan ke tempat yang teduh agar merasa nyaman kembali.

Demikian beberapa cara merawat ikan cupang yang ideal untuk membuat ekornya tetap cantik. Bagi penghobi ikan cupang yang sangat mencintai keindahan sirip dan ekornya sangat wajib menerapkan cara di atas. Share artikel ini ke teman atau media sosial yang anda punya agar informasi ini bisa bermanfaat bagi banyak orang.

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.