Inilah Jenis Kura Kura Yang Mudah Dipelihara Di Rumah


foto oleh unsplash


Trend memelihara kura-kura sedang booming akhir-akhir ini. Ya, jika sebelumnya banyak sekali orang yang memelihara hewan reptil seperti ular, kini banyak orang yang memutuskan untuk memelihara hewan reptil lainnya yaitu kura-kura. Hewan berkaki empat ini memang memiliki daya tarik tersendiri terlebih lagi dengan ciri fisiknya yang unik dan khas sehingga tidak heran jika banyak sekali orang yang mulai menyukainya. Lalu, apa saja jenis kura-kura yang mudah dipelihara? Simak ulasannya berikut ini!


Harga Mencapai Puluhan Juta, Inilah Jenis Kura-Kura Yang Mudah Dipelihara Di Rumah!

Saat ini, kura-kura memang menjadi salah satu hewan reptil yang banyak dipelihara selain ular. Namun, tentu saja jenis kura-kura yang bisa dipelihara tidak sembarangan. Selain anda harus memperhatikan perawatannya, anda juga harus siap dengan harganya yang hingga puluhan juta. Kedua hal ini patut untuk anda pertimbangan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memelihara hewan satu ini. Nah, sambil anda memikirkan hal tersebut, berikut jenis kura kura yang mudah diperlihara di rumah:


1. Kura Kura Sulcata

Jenis kura-kura yang mudah diperlihara di rumah yang pertama yaitu Sulcata. Kura-kura jenis ini berasal dari Gurun Afrika. Walaupun habitat aslinya di gurun, namun kura-kura jenis ini bisa diperlihara di Indonesia karena iklim tropis Indonesia masih cocok dijadikan tempat tinggal kura-kura jens ini.

Sulcata memang menjadi salah satu jenis kura-kura yang ideal untuk dijadikan perliharaan karena daya tahan tubuhnya yang kuat dan jarang terkena penyakit. Selain itu, kura-kura jenis ini juga mampu bertahan hidup hingga 150 tahun dengan bobot mencapai 150 kg. Untuk mengetahui kura-kura Sulcata bisa dilihat dari cangkangnya yang memiliki warna kombinasi seperti cokelat mencolok serta kuning.

Selain itu, makanan Sulcata juga mudah ditemukan seperti kaktus centong, kangkung, pisang, wortel hingga pepaya. Perawatan kura-kura Sulcata juga cukup mudah namun sayang kura-kura jenis ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.


2. Kura Kura Indian Star

Sesuai dengan namnya, kura-kura Indian Star berasal dari India. Kura Kura Indian Star juga merupakan jenis kura-kura yang mudah diperlihara dengan harga yang lumayan ekonomis. Indian Star mempunyai corak yang cukup khas yaitu dominasi warna hitam kecokelatan pada bagian tempurungnya. Selain itu, tempurungnya juga memiliki pola unik seperti bintang.

Ukuran dari kura-kura Indian Star juga tidak terlalu besar sehingga memudahkan perawatan. Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam perawatannya yaitu selalu menjaga kebersihan hidung, memastikan bawah matanya bersih dan pastikan tempurungnya tidak tergores atau terluka. Makanan favorit dari kura-kura Indian Star yaitu mulai dari selada, daun kembang sepatu, buah-buahan dan okra.


3. Kura Kura Brazil

Jenis kura kura yang bisa dipelihara satu ini tentu tidak akan asing lagi untuk didengar. Ya, Di Indonesia kura-kura Brazil cukup mudah ditemui. Bisa dibilang kura-kura sejuta umat karena banyak yang memeliharanya. Kura-kura Brazil memiliki ukuran yang cukup kecil dan bisa beradaptasi di akuarium. Ciri khas dari kura-kura ini yaitu warna tubuhnya yang merupakan perpaduan hijau serta merah pada bagian telinga.

Perawatannya juga cukup mudah dimana jika anda menyimpannya di akuarium pastikan bahwa tempat tinggalnya tersebut terkena sinar matahari dengan temperatur air sekitar 20 celcius. Jenis makanan yang dikonsumsi kura kura Brazil juga mudah sekali ditemukan seprti daging ayam, pepaya, pellet, telur, wortel serta pisang.


4. Kura Kura Engolata

Jenis kura kura yang mudah dipelihara berikutnya yaitu kura kura engolata. Jenis kura-kura satu ini banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara dengan panjang tubuh bisa mencapai 30 cm. Sesuai dengam habitat aslinya, kura-kura jenis Engolata adalah salah satu kura-kura tropis yang sangat membutuhkan lingkungan hangat.

Dengan begitu maka ketika anda memeliharanya, pastikan selalu letakkan tempat kura-kura tersebut tinggal dekat dengan jendela agar terkena paparan sinar matahari. Makanan yang disukai kura-kura jenis ini yaiu seperti daging, siput, telur dan berbagai jenis sayuran.


5. Kura Kura Leopard Tortoise

Jenis kura kura yang mudah dipelhara terakhir yaitu kura kura Leopard Tortoise. Kura-kura jenis ini memiliki ciri khas yaitu tempurung yang menyerupai macam tutul. Leopard Tortoise berasal dari Afrika dimana mereka sangat menyukai tempat hangat. Jangan sampai anda menempatkan kura-kura ini di tempat dingin karena akan mudah terkena penyakit.

Nah itulah jenis kura kura yang mudah dipelihara di rumah. Jadi, jenis kura-kura mana yang ingin anda pelihara? Manapun jenis kura-kura yang nantinya akan anda pilih yang terpenting komitmen anda dalam mengurusnya jangan setengah-setengah karena kura-kura juga menjadi salah satu hewan yang terancam punah sehingga harus dijaga dengan sebaik mungkin.

11 views0 comments