• admin

Jenis Kura-Kura Peliharaan Yang Cocok Dipelihara di Rumah


foto oleh unsplash


Kura-kura adalah hewan berkaki empat dengan sisik di tubuhnya. Hewan ini termasuk golongan reptil. Rumah batok yang keras dan kaku menjadi salah satu ciri khas dari kura-kura. Untuk Anda yang ingin memelihara hewan tanpa ribet, kura-kura bisa dijadikan alternatif pilihan tepat. Tapi jangan salah, tidak semua kura-kura bisa Anda pelihara. Lalu apa saja jenis kura-kura peliharaan? Simak ulasan berikut ini!

Memelihara kura-kura tidak serumit memelihara hewan lain seperti kucing atau anjing. Hewan satu ini bisa Anda tempatkan di sebuah wadah khusus tanpa perlu khawatir berkeliaran. Anda hanya perlu merawatnya dengan baik, termasuk memberikan jenis makanan yang cocok untuk hewan reptil satu ini.


Karakteristik Khusus Berbagai Jenis Kura-Kura Peliharaan

Sejak jutaan tahun lalu, hewan reptil ini sudah ada dan termasuk ke dalam jenis hewan purba. Bentuk fisiknya hanya mengalami sedikit perubahan. Inilah yang menjadikan keunikan dari kura-kura sebagai hewan purba. Jika Anda tertarik memeliharanya di rumah, ketahui terlebih jenis kura-kura peliharaan yang cocok bagi Anda.

Meskipun dari bentuk fisiknya tidak berbeda jauh, kura-kura mempunyai karakteristik masing-masing. Karakteristik ini menjadi keunggulan dari masing-masing jenis kura-kura. Dengan karakteristik khusus yang dimiliki, tak jarang orang yang ingin memeliharanya harus merogoh kocek mencapai jutaan rupiah untuk hewan reptil satu ini. Sangat fantastis bukan?


Pilihan Jenis Kura-Kura Peliharaan Yang Bisa Dirawat Di Rumah

Minat masyarakat untuk menjadikan kura-kura sebagai hewan peliharaan cukup tinggi. Tapi jangan salah, karena tidak semua hewan ini jinak jadi hanya ada beberapa jenis kura-kura peliharaan. Penasaran apa saja jenisnya yang cocok untuk dipelihara di rumah? Berikut ulasannya!


1. Kura-Kura Aldabra

Kura-kura Aldabra berasal dari Pulau Aldabral di Afrika Timur. Kura-kura jenis ini tergolong cukup besar dengan berat hingga 25 kg dan panjang yang bisa mencapai 1,2 meter. Bahkan untuk kura-kura jantan beratnya ada yang mencapai 100 kg.

Karakteristik lainnya, hewan reptil jenis ini memiliki warna yang gelap dengan corak yang tidak terlalu mencolok. Tapi leheranya sangat panjang sehingga bisa menjangkau dahan pohon yang lebih tinggi. Jenis kura-kura Aldabra termasuk kura-kura yang mahal dengan kisaran harga mencapai 30 juta rupiah.


2. Kura-Kura Sulcata

Hewan reptil satu ini termasuk spesies terbesar ketiga di dunia. Biasanya, kura-kura Sulcata banyak ditemukan di wilayah Afrika bagian utara. Beratnya bisa mencapai 105 kg dengan panjang tubuh hingga 83 cm.

Masa hidupnya cukup lama dan bisa bertahan sampai usia 150 tahun. Bagi Anda yang tertarik untuk memeliharanya, kura-kura Sulcata terbiasa hidup di lingkungan panas sehingga cocok dengan iklim Indonesia. Hewan ini tidak memerlukan perawatan khusus seperti jenis kura-kura yang lain.


3. Kura-Kura Brazil

Jenis kura-kura peliharaan ini paling populer di tengah masyarakat. Dengan karakteristik tubuhnya yang kecil dengan panjang 30 cm menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang untuk memeliharanya. Kura-kura ini bisa dipelihara di dalam akuarium dengan memberikan makanan seperti cacing dan sayuran.

Meskipun ukurannya sedikit mini, jenis kura-kura Brazil ternyata mampu bertahan hidup hingga 20 tahun. Harganya bisa Anda dapatkan di kisaran antara 100 ribu sampai 1 juta rupiah. Untuk Anda yang ingin memeliharanya pertama kali, pastikan persiapanya dengan baik.


4. Kura-Kura Indian Star

Jenis kura-kura ini sangat cocok dipelihara untuk pemula. Selain mudah ditemukan karena sudah umum di pasaran, kura-kura Indian Star bisa Anda dapatkan dengan harga yang murah. Hewan ini juga cocok dengan kondisi cuaca di Indonesia yang hampir sama dengan habitas aslinya di India.


Nah, itulah beberapa jenis kura-kura peliharaan yang bisa Anda pelihara di rumah. Tentu saja jika ingin memelihara harus paham mengenai karakteristiknya. Hal ini supaya dalam proses merawatnya lebih mudah.


Oh ya, kura-kura dan penyu itu berbeda. Namun akan dibahas lain kali saja ya.

15 views0 comments