Jenis Anjing Peliharaan yang Cocok untuk Keluarga dan Pemula

Updated: Jul 25, 2020


foto oleh unsplash


Ada banyak jenis anjing peliharaan yang dikenal lucu dan bersahabat. Hewan ini sangat suka berinteraksi dengan manusia. Selain itu, juga terdapat beberapa jenis anjing yang mudah dilatih. Bahkan, juga banyak yang mudah akrab dengan manusia.

Hingga saat ini, ada ratusan ras anjing yang sudah tercatat secara resmi. Ada banyak jenis yang cocok untuk dijadikan sebagai peliharaan di rumah. Bagi Anda yang sedang mencari jenis anjing untuk pemula, berikut akan kami paparkan rekomendasinya kepada Anda:


1. Chihuahua

Ras yang satu ini memiliki ukuran badan paling kecil dibandingkan dengan yang lain. Bobotnya pun hanya 1,5 hingga 3 kg saja. Chihuahua yang masih bayi, bahkan ukurannya sama dengan hamster.

Jenis anjing kecil ini berasal dari Meksiko. Nama Chihuahua sendiri diambil dari salah satu daerah yang terdapat di sana.


2. Shiba Inu

Anjing ini adalah ras asli Jepang. Cirinya bisa dibedakan dari telinganya yang berbentuk lurus dan kecil. Mereka sangat lincah, bahkan kelincahannya mirip menyerupai kucing. Selain itu, Shiba inu juga merupakan jenis hewan peliharaan yang mudah dilatih.

Mereka cocok untuk anjing keluarga. Mereka sangat senang jika diajak bermain. Selain itu, mereka juga merupakan tipe hewan peliharaan yang tidak akan bermasalah dengan keluarga Anda.


3. Siberian Husky

Hewan peliharaan ini mirip dengan serigala. Bulunya lebat dan bisa melolong layaknya serigala. Berbeda dengan serigala, hewan ini justru ramah dan tidak ganas. Cocok sekali sebagai hewan peliharaan keluarga.

Warna mereka umumnya hitam, perak, tembaga, coklat kemerahan, hingga putih belang-belang. Sedangkan untuk beratnya, Siberian husky jantan bisa mencapai 20 hingga 27 kg. Sedangkan untuk jenis betina, beratnya berkisar antara 16 hingga 23 kg.


4. Bulldog

Dulu, ras yang satu ini dikenal sebagai anjing petarung. Mereka biasa diadu. Hal tersebut karena ukurannya yang besar dan berotot. Berat badan jantannya bisa mencapai 23 hingga 25 kg. Sedangkan untuk betina, beratnya bisa mencapai 18 hingga 23 kg.

Meski jenis anjing petarung, bulldog sangat ramah dan bersahabat dengan manusia. Saat ini bahkan sudah familiar sebagai jenis hewan peliharaan rumahan.


5. Maltese

Hewan ini sangat lucu dan menggemaskan. Bahkan, maltese atau malta ini, mirip sekali seperti boneka. Sangat cocok sekali dijadikan hewan peliharaan. Bahkan, anak-anak pun akan menyukainya.

Ras yang satu ini tergolong istimewa. Maltese adalah anjing yang berasal dari Mediterania Tengah. Malta jantan dan betina umumnya memiliki bobot yang sama, yaitu 3 hingga 4 kg saja.


6. Labrador Retriever

Anjing peliharaan ini sangat terkenal di Amerika. Bahkan, mereka menempati urutan ke-3 sebagai anjing terfavorit di Amerika. Mereka memiliki sifat ramah, mudah dilatih, dan aktif. Labrador juga sering dijadikan sebagai hewan untuk service and therapy bagi lansia maupun disabilitas.

Labrador retriever merupakan hewan yang pandai berburu. Cocok sekali untuk hewan peliharaan keluarga.


7. Akita

Pernah mendengar nama anjing yang melegenda di Jepang, Hachiko? Ya, anjing yang melegenda tersebut merupakan ras bernama akita. Ras ini berasal dari Jepang. Mereka juga cocok sebagai teman berburu.

Selain itu, hewan ini memiliki wajah yang imut. Sangat cocok sekali untuk menemani Anda dan keluarga di rumah.


8. Pomeranian

Selain Chihuahua, ternyata ada jenis anjing kecil lain yang tak kalah lucu. Ya, pomeranian adalah salah satunya. Bulunya sangat lebat. Wajahnya terlihat imut, bahkan tak kalah imut dari kucing berbulu lebat.

Umumnya, pemilik pomeranian sering menambahkan berbagai aksesoris agar mereka tampak menggemaskan.


Itulah 8 jenis anjing peliharaan yang bersahabat dan cocok untuk pemula maupun keluarga di rumah. Dari semua ras di atas, sudahkah Anda menemukan mana yang cocok untuk dipelihara?


Baca juga: Baru Punya Anjing Peliharaan, Begini Cara Memeliharanya yang Benar Bagi Pemula
68 views0 comments