Baru Punya Anjing Peliharaan, Begini Cara Memeliharanya yang Benar Bagi Pemula

Updated: Jul 25, 2020


foto oleh wix


Anda punya keinginan untuk memelihara atau merawat anjing untuk pertama kalinya? Tentu ada banyak hal yang harus Anda persiapkan agar hewan tersebut nyaman dan betah tinggal bersama dengan Anda. Anjing memang merupakan hewan peliharaan yang sekaligus bisa menjadi teman yang setia dan menyenangkan. Sebelum memelihara, pilihlah jenis anjing yang cocok dengan Anda.


Baca juga : Jenis Anjing Peliharaan yang Cocok untuk Keluarga dan Pemula


Anjing juga membutuhkan perawatan yang tepat dan terbaik agar dapat tumbuh dengan sehat dan selalu bahagia. Untuk itu sebelum Anda memutuskan memelihara seekor anjing, sebaiknya Anda mengetahui dan memahami benar mengenai bagaimana cara memelihara hewan anjing agar bisa menciptakan lingkungan yang ramah untuk hewan tersebut. Maka dari itu, berikut adalah tips memelihara atau merawat anjing yang benar dan tepat untuk pemula.


Cara Memelihara Anjing dengan Tepat Bagi Pemula

1. Tentukan Dahulu Mengenai Area Makan, Bermain dan Tidur

Anjing membutuhkan ruang untuk tidur, makan, bermain dan berolahraga yang luas. Jika Anda memiliki beberapa area yang tidak mau atau tidak bolej dimasuki oleh anjing, maka tentukan dari sekarang. Anda bisa menyiapkan mangkuk makanan serta minuman anjing di area yang mudah dibersihkan dan atur peralatan tersebut supaya anjing dengan gampang menemukannya.

Tentukan juga tempat untuk tidur anjing, jika Anda tidak mau hewan tersebut tidur bersama Anda di kasur. Kemudian jika Anda tidak memiliki pagar di halaman rumah, maka pastikan di dalam rumah ada area yang luas untuk anjing bermain dan olahraga.

2. Berikan Makan dan Minum dengan Sering

Setiap jenis anjing membutuhkan makanan yang berbeda. Bahkan waktu berapa kali makan untuk anjing pun berbeda tergantung usia. Misal jika anjing Anda berusia di bawah satu tahun maka dibutuhkan makan untuk beberapa kali dalam sehari, namun jika di atas satu tahun bisa diberi makan 1 hingga 2 kali sehari.

Pastikan jika makanan anjing yang akan Anda berikan nanti berkualitas dan memenuhi nutrisinya. Dengan begitu hewan peliharaan Anda tersebut tidak mudah jatuh sakit. Perhatikan tanda jika anjing ada alergi. Bawalah anjing Anda ke dokter hewan terdekat jika Anda melihat ada gejala yang tidak biasa.

Selain itu, berikan makanan dengan jadwal yang sama setiap harinya karena anjing suka rutinitas yang konsisten. Anda juga harus berikan anjing air segar setiap hari untuk diminum. Anjing membutuhkan banyak minum, bahkan jika perlu tambahkan es batu pada air minum tersebut.

3. Berikan Anjing Waktu Olahraga

Cara memelihara hewan anjing selanjutnya adalah berikan waktu hewan tersebut untuk berolahraga. Anjing membutuhkan aktivitas berlari secara teratur agar selalu bahagia dan sehat, selain itu agar anjing tidak susah makan. Ajaklah anjing paling tidak 1 kali dalam sehari untuk jalan-jalan.

4. Ajaklah Anjing Bermain Secara Rutin

Latihlah anjing untuk dapat bermain dengan baik dan tidak menggigit. Berikan imbalan jika nanti anjing Anda bisa bermain secara baik lalu abaikan jika anjing mulai mengigit. Mengajak anjing bermain secara rutin akan membuat hewan tersebut bahagia.

5. Ajari Beberapa Trik dan Perintah

Mengajari anjing beberapa perintah dasar seperti duduk, diam, berbaring, berguling dan menghampiri merupakan salah satu hal yang penting. Hal itu karena dengan melatih anjing perintah dasar berguna supaya anjing bisa mengetahui mengenai keamanan sehingga tidak sampai hilang yang terlalu jauh ketika rantainya lepas.

6. Sesekali Mandikan Anjing

Anjing perlu dimandikan saat bau atau terkena kotoran. Pastikan saat Anda memandikan anjing menggunakan shampoo khusus sehingga mencegah terjadinya iritasi pada kulit anjing. Buat aktivitas mandi yang nyaman untuk anjing dengan menggunakan air hangat.

7. Lakukan Vaksin Secara Rutin

Selanjutnya cara memelihara hewan anjing adalah dengan melakukan vaksin dengan teratur. Bawalah anjing ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan vaksin terutama vaksin distemper dan rabies. Kedua penyakit tersebut amat mematikan sehingga perlu perhatian khusus.

Bagikan tips ini ke rekan rekan Anda agar mereka mendapatkan manfaatnya.


Baca juga : Cara Merawat Hewan Peliharaan dengan baik, Perhatikan Beberapa Hal Penting Berikut

22 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.