• admin

Jenis-Jenis Hamster yang Mudah Ditemui di Indonesia


foto oleh unsplash


Hamster merupakan hewan mungil dan lucu dari golongan pengerat. Karena ukurannya yang mini dan memiliki perilaku menggemaskan, beberapa pencinta hewan sering memeliharanya di rumah. Beberapa bahkan mengumpulkan jenis-jenis hamster untuk koleksi atau cross breeding.

Selama ini kita selalu menganggap kalau hamster satu dengan lain sama saja jenisnya. Namun, apabila dilihat dengan saksama, ada cukup banyak jenis hamster yang bisa dipelihara. Jika Anda penasaran dengan jenis hamster, simak ulasan di bawah ini.


1. Hamster Roborovski

Hamster jenis roborovski memiliki ukuran jauh lebih kecil dibandingkan dengan lainnya. Karena memiliki ukuran kecil, perawatannya cenderung lebih sulit. Hamster agak sulit dipegang untuk dipersiapkan badannya atau dipindahkan ke tempat lain serta merupakan hamster tercepat. Hamster ini termasuk sukar dijinakkan sehingga tidak cocok bagi pemula.

Hamster jenis ini juga yang paling mahal di pasaran. Hal ini dikarenakan hamster terlihat lebih lucu dan menggemaskan. Di pasaran, hamster Roborovski terbagi menjadi dua jenis. Pertama jenis white face dan kedua brown face. Umumnya jenis white face atau wajah putih yang paling banyak dipelihara.


2. Hamster Winter White

Dinamakan White Winter karena saat di alam liar, hewan ini cenderung mengubah warna rambutnya jadi lebih putih. Jadi, terlihat lebih cerah dan cocok untuk berkamuflase dari kejaran para predator seperti ular dan burung hantu.

Di antara jenis hamster lain yang ada di luar sana, White Winter adalah yang paling jinak. Itulah kenapa hewan ini cocok untuk anak-anak. Meski jinak, kemungkinan untuk menggigit tetap ada apabila hamster merasa tidak aman.


3. Hamster Syrian

Hamster jenis Syrian ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Meski lebih besar, kelucuannya tidak berkurang. Bahkan, beberapa jenis sub variant Syrian memiliki harga lebih mahal saking uniknya.

Hamster Syrian memiliki pilihan warna yang banyak. Kalau Anda suka memelihara hamster dengan aneka pola, jenis ini merupakan pilihan terbaik. Apalagi di Indonesia mudah didapat dan perawatannya cukup mudah. Risiko mati cukup rendah serta peluang dikembangbiakkan tinggi. Namun hamster ini bersifat soliter (suka sendirian) sehingga Anda perlu menyiapkan satu kandang untuk setiap satu hamster.


4. Hamster Campbell

Hamster Campbell merupakan salah satu hamster yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Selain memiliki harga pasar yang terjangkau, warna dari spesies ini juga banyak. Jenis ini tergolong ke dalam spesies hamster kerdil yang menggemaskan. Tidak heran kalau penggemarnya cukup banyak dan sering dikembangbiakkan.

Salah satu kekurangan dari hamster ini adalah suka menggigit kalau merasa tidak nyaman. Namun, kalau sering dirawat, hamster tidak akan mudah menggigit. Oh ya, hamster ini cukup sensitif dengan makanan dan juga suhu. Jadi, jangan sampai telat memberi makan dan jangan dimandikan.


5. Hamster Hibrida

Hamster hibrida merupakan persilangan dua spesies yang berbeda. Jenis silangan hamster di Indonesia paling banyak diisi campuran Campbell dan White Winter. Hasil silangan ini menghasilkan spesies baru yang jinak dan lebih lucu. Jadi, Anda tidak perlu takut lagi untuk memelihara hamster karena jenis-jenis hamster Hibrida ini bisa menjadi pilihan.

Hamster silangan ini juga cenderung lebih mudah dirawat dan dikembangbiakkan. Selain silangan dua jenis hamster di atas, masih ada hamster hibrida lain di pasaran. Namun, tidak diketahui karena ciri fisik hampir sama dengan induknya.

Jenis-jenis hamster yang disebutkan di atas adalah jenis yang paling banyak di Indonesia. Cara mendapatkannya juga lebih mudah. Secara harga, hamster di atas juga ramah di kantong. Selain jenis di atas, masih ada jenis lain yang kemungkinan tidak bisa didapatkan di Indonesia dan masuk pada jenis langka.


Nah, itulah beberapa jenis hamster yang mudah ditemui di Indonesia. Hewan penyukai kuaci ini awalnya memang masuk dari luar negeri. Share ya ke rekan rekan lain agar pengetahuan ini lebih banyak diketahui.