Tak Kalah Dari Daging Ayam, Inilah Kandungan Nutrisi Dari Daging Kelinci Yang Perlu Diketahui!


foto sate kelinci oleh phinemo


Seperti yang kita ketahui bahwa ada begitu banyak sekali jenis makanan dari daging yang bisa anda konsumsi dan halal. Namun dalam dunia kuliner Indonesia seperti pada sajian khas lebaran, memang masih banyak didominasi oleh menu yang berasal dari daging ayam, sapi, kambing dan ikan.

Padahal selain sumber protein hewani tersebut, terdapat pula berbagai macam sumber protein hewani yang dapat dikonsumsi antara lain adalah daging kelinci. Daging dari hewan yang satu ini memang memiliki kandungan nutrisi cukup banyak dimana sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja kandungan nutrisi dari daging kelinci dan manfaatnya? Berikut penjelasan singkatnya.


Inilah Kandungan Nutrisi Dari Daging Kelinci Yang Sebaiknya Diketahui

Kelinci merupakan salah satu hewan yang tidak hanya bisa dipelihara sebagai hewan peliharaan saja. Beberapa jenis kelinci juga bisa dijadikan sebagai lauk untuk teman nasi bagi sebagian orang. Ya, daging kelinci memang menjadi alternatif sumber protein yang baik selain dari daging ayam, sapi dan hewan ternak lainnya. Ada begitu banyak kandungan nutrisi dari daging kelinci, berikut beberapa diantaranya:

· Protein.

· Zat Besi.

· Mineral.

· Kalsium.

· Lemak.

· Vitamin B12.

· Vitamin B3.

· Magnesium.

· Kalium.

· Selenium.

· Fosfor.


Itulah beberapa kandungan nutrisi dari daging kelinci yang sebanding dengan daging putih lainnya seperti daging ayam bahkan kandungan gizinya sedikit lebih banyak. Dengan berbagai kandungan nutrisi yang cukup banyak ini tentu tidak heran jika daging kelinci juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dengan begitu jika anda memang sedang bosan mengkonsumsi daging ayam maka bisa diganti dengan daging kelinci. Salah satu jenis sajian dari daging kelinci yang banyak dikenal antara lain adalah sate kelinci. Namun sebenarnya apa manfaat mengkonsumsi daging kelinci?


Lalu, Apa Saja Manfaat Dari Daging Kelinci?

Kelinci memiliki kadar lemak dalam tubuhnya yang cenderung lebih rendah. Selain itu, kelinci juga termasuk ke dalam hewan yang aktif tidak seperti sapi. Makanan yang dikonsumsi oleh hewan yang satu ini juga tinggi akan serat seperti rumput, biji-bijian hingga sayuran. Dengan begitu maka tidak heran jika daging kelinci juga memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi daging kelinci yang sebaiknya diketahui:


1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daging kelinci yang pertama yaitu mencegah resiko penyakit jantung. Hal ini tentu dikarenakan kelinci mengandung kalium yang dibutuhkan oleh otot untuk bergerak dan menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh. Jumlah kandungan natrium yang terlalu tinggi dapat memicu hipertensi dan kurang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, kandungan nutrisi dari daging kelinci yaitu kalium ini juga sangat penting untuk meningkatkan elastisitas pembuluh darah.


2. Memperkuat Tulang Dan Gigi

Selain mencegah penyakit jantung, manfaat daging kelinci berikutnya yaitu membantu memperkuat tulang dan gigi. Daging kelinci mengandung fosfor serta kalsium tinggi jika dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi sehingga mengkonsumsi daging kelinci bisa membantu memperkuat tulang dan gigi.


3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daging kelinci juga sangat dianjurkan dikonsumsi untuk anda yang sedang menjalani program diet namun ingin mengkonsumsi daging. Kandungan lemak dari daging kelinci sangatlah rendah sehingga sangat tepat dikonsumsi untuk anda yang ingin menurunkan berat badan.


4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi dari daging kelinci memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daging kelinci memiliki kandungan magnesium tinggi yang mana kandungan ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu maka daging kelinci cocok dikonsumsi di masa pandemi ini yang kita dituntut untuk selalu menjaga daya tahan tubuh agar tidak terserang virus berbahaya dan penyakit menular.


5. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Manfaat terakhir yaitu mengurangi resiko kanker karena daging kelinci mengandung selenium. Orang yang memiliki tingkat selenium tinggi di dalam tubuhnya akan memiliki resiko kecil terhadap berbagai jenis kanker. Selenium mampu meningkatkan sistem imun tubuh serta membunuh sel kanker.

Nah itulah beragam manfaat dari daging kelinci yang sebaiknya anda ketahui. Tanpa anda mencari tahu tentang manfaat di atas dan mengetahui kandungan nutrisi dari daging kelinci saja, sebenarnya anda sudah bisa menyimpulkan bahwa daging kelinci kaya akan manfaat terutama untuk kesehatan. Namun, pastikan olahlah daging kelinci dengan tepat.

Cara paling aman mengolah daging kelinci yaitu dengan cara di kukus, ditumis ataupun direbus untuk dijadikan sup sampai matang. Pastikan masak daging kelinci juga dengan tepat agar kandungan nutrisi dari daging kelinci tetap ada dan dapat diserap tubuh.


Semoga bermanfaat.

Baca juga : Kenali Jenis, Ciri Dan Cara Berternak Kelinci Bligon