Inilah Manfaat Protein Untuk Makanan Disaat Puasa Dan Jenis Makanannya Yang Tidak Boleh Terlewatkan


foto oleh unsplash


Protein untuk makanan disaat puasa Seperti yang kita tahu bahwa dalam satu tahun, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Saat berpuasa, kita tidak hanya diharuskan untuk menahan lapar dan haus saja melainkan juga hawa nafsu. Agar ibadah puasa anda tetap berjalan dengan lancar maka penting sekali untuk anda memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi saat buka puasa ataupun shahur.

Berbicara tentang asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ketika puasa tentu ada beragam. Namun salah satu yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan adalah mengkonsumsi protein untuk makanan disaat puasa. Protein merupakan salah satu kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dimana ada begitu banyak jenis makanan yang mengandung protein yang bisa dikonsumsi ketika puasa.


Lalu, Apa Manfaat Protein Untuk Makanan Disaat Puasa?

Protein memang menjadi salah satu asupan nutrisi yang tidak boleh terlewatkan karena sangat penting untuk kesehatan tubuh. Apalagi ketika Anda sedang berpuasa. Berikut manfaat protein untuk makanan disaat puasa yang sebaiknya dikeatahui:


1. Membantu Memelihara Serta Pertumbuhan Tubuh

Seperti yang kita tahu bahwa tubuh membutuhkan protein untuk pemeliharaan jaringan tubuh serta pertumbuhan. Oleh sebab itu maka ketika berpuasa tubuh anda membutuhkan asupan kandungan protein. Protein sendiri terdiri atas asam amino yang membentuk berbagai macam jaringan di tubuh diantaranya adalah otot.

Apalagi bagi anda para ibu hamil dan menyusui yang ingin berpuasa, anda yang baru pulih dari cedera ataupun operasi atau seorang atlit, tentu sangat membutuhkan asupan protein untuk makanan disaat puasa.

2. Membantu Mengurangi Kelebihan Lemak Pada Tubuh

Terkadang ketika waktu berbuka puasa tiba, banyak sekali orang yang tidak mengontrol asupan makanannya. Dikarenakan mereka telah menahan lapar seharian dan waktu buka menjadi ajang penghargaan untuk perut, banyak sekali orang yang makan lebih banyak bahkan sampai kekenyangan.

Hal ini tentu merupakan kebiasaan buruk yang bisa menambah berat badan dan penumpukkan lemak. Nah, agar bisa menekan nafsu makan sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung protein karena makanan yang mengandung protein bisa membantu mengurangi kelebihan lemak pada tubuh. Karena dengan mengkonsumsi protein Anda juga mendapatkan efek kenyang. Bahkan ada juga diet khusus yang hanya mengkonsumsi protein dan lemak serta tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali yaitu diet ketogenik.


3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat yang terakhir tentu saja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini tentu saja sangat penting apalagi di masa pandemi COVID-19 ini dimana anda harus tetap sehat. Protein membantu membentuk imunoglobulin yang melawan akan melawan infeksi.


Jenis Makanan Mengandung Protein Tinggi Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Puasa

Setelah anda mengetahui betapa beragamnya manfaat protein untuk makanan disaat puasa tentu saja anda juga penasaran bukan, apa saja sih makanan yang mengandung protein? Nah, berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi ketika puasa:

· Telur

Jenis makanan yang mengandung protein pertama yaitu telur. Telur dikenal sebagai makanan paling sehat di dunia. Selain memiliki kandungan protein tinggi, telur juga mengandung beragam nustrisi lainnya seperti vitamin serta mineral. Dengan berbagai kandungan nutrisi didalamnya maka tentu saja bisa menjaga kesehatan sistem saraf, jantung, mata hingga hati. Anda bisa membuat beragam kreasi makanan dari telur seperti telur balado, telur dadar dan lainnya.

· Susu

Selanjutnya ada susu yang merupakan sumber protein hewan yang memiliki kandungan nutrisi cukup besar. Ada begitu banyak produk olahan susu seperti keju, yoghurt dan lainnya yang bisa anda konsumsi jika anda tidak begitu suka minum susu langsung. Selain mengandung protein cukup tinggi, susu juga mengandung kandungan kalsium hingga vitamin-vitamin lainnya yang bagus untuk kesehatan.

· Kacang Almond

Jenis makanan yang mengandung protein selanjutnya yaitu kacang almond. Mengkonsumsi 10 biji kacang almond berati anda telah mengkonsumsi sekitar 2,5 gram protein. Selain dianjurkan untuk dikonsumsi ketika bulan puasa, kacang almond juga memiliki sifat antioksidan yang sangat efektif untuk menurunkan resiko penyakit kanker dan jantung.

· Daging Merah

Jenis makanan yang mengandung protein untuk makanan disaat puasa yang terakhir yaitu daging merah. Daging merah mengandung kandungan protein tinggi seperti daging sapi bisa membantu metabolisme serta menghasilkan energi untuk tubuh ketika puasa.

Nah itulah sekilas tentang manfaat protein untuk makanan disaat puasa dan beberapa jenis makanannya. Jadi, pastikan konsumsilah makanan yang mengandung protein dan nutrisi lengkap agar kesehatan anda tetap terjaga selama bulan suci Ramadhan ini.

0 views0 comments