Inilah Manfaat Royal Jelly Yang Tidak Kalah Dari Madu Alami


foto oleh unsplash


Seperti yang diketahui, hampir semua produk yang dihasilkan oleh lebah memang telah dipercaya memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan. Salah satu yang paling banyak dipilih yaitu madu. Cairan kental berwarna keemasan ini memang kaya akan manfaat. Namun, tahukah anda? Selain madu, ternyata ada beberapa produk dari lebah yang kini mulai banyak dimanfaatkan yaitu seperti royal jelly.

Royal jelly merupakan cairan kental berwarna seperti susu yang diproduksi oleh lebah madu pekerja. Cairan berwarna putih yang kental ini sebernarnya diperuntukkan sebagai makanan utama ratu lebah. Secara umum, kandungan dari royal jelly tersebut yaitu terdiri 70% air dan sisanya yaitu ada kandungan protein, gula, garam, beberapa jenis vitamin hingga asam amino.

Saat ini mengkonsumsi produk lebah memang tengah populer dikalangan masyarakat Indonesia. Selain madu, permintaan akan propolis, bee pollen dan royal jelly terus ada dikalangan masyarakat. Khusus untuk royal jelly, berbagai produk dari royal jelly memang banyak dipasarkan baik itu dalam bentuk suplemen ataupun mentah dalam bentuk cairan kental. Lalu, apa sebenarnya manfaat dari royal jelly tersebut? Penasaran apa saja? Simak berikut ulasannya!


Berikut Manfaat Royal Jelly Yang Tidak Banyak Diketahui

Walaupun mengkonsumsi royal jelly kini telah populer dikalangan masyarakat. Namun memang tidak sedikit juga masyarakat yang masih belum mengetahui apa manfaat sebenarnya dari royal jelly tersebut dan hanya ikut-ikutan saja. Nah, bagi anda yang belum tahu mengenai apa saja manfaat dari royal jelly, berikut beberapa manfaatnya yang tidak banyak diketahui:

1. Mengurangi Tekanan Darah

Manfaat royal jelly yang pertama yaitu bisa mengurangi tekanan darah. Protein yang terkandung dalam royal jelly memang dipercaya bisa menghaluskan sel otot pada pembuluh darah yang mana dengan adanya proses ini bisa membantu menurunkan tekanan darah.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Di masa pandemi seperti sekarang ini, menjaga daya tahan tubuh merupakan salah satu keharusan agar anda tidak terjangkit virus COVID-19. Dengan mengkonsumsi royal jelly teratur, daya tahan tubuh anda akan tetap terjaga. Hal ini tentu saja dikarenakan royal jelly mengandung asal lemak dal glikoprotein yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh serta bisa mengurangi resiko tubuh terserang bakteri ataupun virus.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain dua manfaat diatas, manfaat royal jelly yang tidak kalah penting berikutnya yaitu menurunkan kadar kolesterol sehingga akan mengurangi resiko penyakit jantung.

4. Meringankan Efek Menopause

Ketika seorang wanita telah mengalami menapouse maka ada beberapa hal yang akan menganggu kondisi tubuhnya. Misalnya seperti gangguan memori, depresi, kecemasan dan lainnya. Dengan mengkonsumsi royal jelly memang dipercaya bisa mengatasi atau meringankan efek menopuse seperti mengurangi rasa cemas dan stress.

5. Mengatasi Mata Kering Yang Kronis

Manfaat royal jelly selanjutnya yaitu bisa mengatasi mata kering namun bukan cara diteteskan pada mata, melainkan dikonsumsi secara oral. Royal jelly dipercaya bisa meningkatkan pengeluaran air mata sehingga bisa mencegah mata kering.

6. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Royal jelly yang dioleskan pada luka ataupun dikonsumsi secara oral telah dipercaya bisa mempercepat penyembuhan luka serta mengurangi peradangannya. Bahkan, royal jelly juga sering digunakan oleh para medis spesialis bedah plastik untuk menangani kasus luka bakar.

Nah itulah beberapa manfaat royal jelly yang mungkin tidak banyak diketahui oleh semua masyarakat. Namun, terlepas dari segudang manfaat yang dimiliki, tentu saja terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi royal jelly.


Apa Saja Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengkonsumsi Royal Jelly?

Royal jelly pada dasarnya memang aman dikonsumsi. Namun, walaupun demikian ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum mengkonsumsi royal jelly. Berikut beberapa hal diantaranya:

· Royal jelly tidak dianjurkan untuk anak-anak di bawah satu tahun.

· Bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis sebelum mengkonsumsi royal jelly,

· Untuk para penderita alergi serbuk sari, dermatitis, sengatan lebah dan asma sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi royal jelly karena bisa memperparah kondisi.

· Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsi royal jelly jika anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

· Jika anda akan melakukan operasi, sebaiknya hentikan mengkonsumsi royal jelly 2 minggu sebelum operasi untuk mencegah pendarahan berlebih.


Itulah hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi royal jelly. Jadi, pastikan anda memperhatikan hal diatas agar tidak mengakibatkan efek samping berlebihan. Semoga bermanfaat!