• admin

Kenari Kalitan, Burung Unik Dengan Kicauan Merdu Mempesona


foto oleh budidayaternak.id


Pecinta burung tentu sudah tidak asing dengan berbagai macam burung kenari. Salah satunya yang mulai banyak dikenal kembali yaitu Kenari Kalitan. Tentu saja bagi para pecinta burung yang sudah lama malang melintang tidak akan kaget dengan nama yang satu ini. Namun, bagi para pemula bisa saja belum mengenal dengan baik bagaimana keunikan burung tersebut serta bagaimana cara mendapatkan dan memeliharanya. Nah, jangan khawatir, karena ada beberapa informasi menarik tentang jenis burung tersebut yang akan diulas lebih lengkap berikut ini. Yuk, simak lebih lanjut informasi tentang burung Kenari Kalitan di bawah ini.


Serba Serbi Kenari Kalitan

Pertama-tama mengetahui darimana asal usul dan nama kenari ini berasal. Banyak pecinta burung bisa jadi sudah memahami bahwa umumnya burung kenari ini memiliki postur yang cukup kecil dibandingkan sebagian besar jenis burung yang lainnya. Oleh sebab itu dulunya burung ini dinamakan dalam bahasa Jawa yaitu alit. Alit ini memiliki arti yaitu berukuran kecil, sesuai dengan postur fisik burung tersebut yang ternyata memang cukup kecil. Lama kelamaan maka kebanyakan orang mulai familiar menyebut burung kenari ini sebagai burung Kenari Kalitan, atau dengan kata lain yaitu burung kenari yang kecil. Maka dari itu hingga saat ini penggemar burung kenari selalu menyebutkan nama tersebut untuk spesies burung bersuara nyaring ini.


Ciri Umum Burung Kenari Kalitan

Bagi pecinta burung yang terbiasa memelihara berbagai jenis burung, rupanya kenari yang satu ini memang memiliki beberapa ciri unik yang menarik. Sepintas bagi yang tidak terbiasa akan sulit membedakan dengan burung kenari pada umumnya. Namun, lain halnya bagi yang terbiasa memelihara burung kenari dengan berbagai macam jenis, biasanya sudah paham benar bagaimana membedakan kenari jenis yang satu dengan yang lainnya. Sama halnya jika melihat burung kenari yang terkenal ini, umumnya berikut ini beberapa ciri unik dari burung tersebut yang bisa dikenali secara mudah.

Postur Tubuh

Salah satu hal penting yang bisa dikenali dari burung kenari jenis ini yaitu postur tubuhnya yang sedikit berbeda dengan postur tubuh burung kenari sejenis lainnya. Seperti yang diinformasikan sebelumnya, bahwa tubuh kenari ini cukup kecil. Termasuk jika dibandingkan dengan jenis burung kenari yang lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa postur tubuhnya lebih kecil dan mini dari burung kenari pada umumnya.

Bentuk Sayap

Ciri berikut yang membedakan terletak pada bentuk sayapnya. Jika diamati secara seksama, maka akan dapat dengan mudah melihat bahwa burung Kenari Kalitan ini cenderung memiliki sayap yang jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan jenis burung kenari lainnya. Sehingga secara tidak langsung memang keseluruhan fisik burung ini lebih kecil dari burung yang lainnya.

Ukuran Ekornya

Kemudian perhatikan juga bagian dan ukuran ekornya. Hal ini penting bagi yang baru pertama kali ingin mencoba untuk memelihara burung kenari. Bila pada umumnya burung kenari memiliki ekor yang pendek, maka sebaliknya, burung yang satu ini memiliki ekor yang notabene lebih panjang dari burung kenari lainnya.

Durasi Kicauan

Terakhir, perhatikan durasi kicauan yang dikeluarkan. Umumnya hal ini berhasil untuk membedakan burung kenari jenis yang satu dengan yang lain. Apalagi jenis kenari ini memang terbukti memiliki kicauan yang jauh lebih panjang dan lebih nyaring suaranya. Sehingga bisa memukai banyak orang ataupun burung-burung lain di sekitarnya.


Keunikan Suara Merdu Kicau Burung Kenari Kalitan

Burung kenari jenis yang satu ini memang banyak dikenal berkat keunikan yang dimiliki. Secara umum pada dasarnya burung kenari memiliki suara yang cukup merdu. Rupanya inilah salah satu keunikan dan keistimewaan dari burung Kenari Kalitan. Banyak yang mengenali suaranya yang memang enak untuk didengar, sehingga tidak heran jika burung tersebut sering kali mudah dikenali oleh para penggemar burung yang sejenis.

Tidak hanya itu saja tetapi memang kicauan yang dihasilkan oleh jenis burung kenari yang satu ini cocok sekali untuk diikutkan berbagai macam lomba. Dengan suara kicauan yang nyaring dan panjang, tak heran jika burung ini menjadi primadona. Sering kali dalam lomba yang diikuti juga jauh lebih berpotensi menjadi juara. Oleh sebab suara merdunya ini, tidak heran jika burung ini merupakan salah satu jenis burung yang banyak diincar untuk dipelihara dan mengikuti kompetisi secara berkala.


Tips Merawat Kenari Kalitan Secara Maksimal

Tentunya memelihara burung kenari bagi sebagian pecinta burung adalah surga yang tidak terkatakan. Disambut kicauan merdu setiap pagi tentu baik untuk menenangkan dan menyegarkan pikiran. Demikian juga saat merawat Kenari Kalitan. Nah, supaya nantinya burung kenari ini tidak merasa stress atau mudah sakit, sebaiknya ikuti beberapa tips merawat burung tersebut seperti yang dijelaskan berikut di bawah ini.

Pastikan Sangkar Luas dan Nyaman

Ini merupakan poin penting yang harus diperhatikan saat memelihara burung kenari. Sebaiknya usahakan untuk memberikan kandang yang cukup luas dan nyaman untuk menghindari resiko stress pada burung. Jika burung merasa stress otomatis kicauan yang dikeluarkan bisa jadi tidak seindah biasanya. Oleh sebab itu pastikan memilih jenis kandang yang cukup leluasan dan mudah dibersihkan untuk menunjang kesehatan burung. Bahkan bila menggunakan kandang tertentu yang sesuai, hal ini membantu kicauan burung yang lebih merdu dan nyaring di kemudian harinya.

Perhatikan Jenis Pakan

Hal berikut yang harus diperhatikan yaitu jenis pakan yang diberikan pada burung. Umumnya ada banyak pakan burung yang tersedia di pasaran. Namun jangan ragu bertanya pada dokter hewan terdekat mengenai apa saja jenis makanan yang cocok dikonsumsi sesuai usia burung kenari yang dimiliki. Sehingga dengan demikian maka pemberian pakan juga dapat diatur lebih baik dan sesuai.

Hindari Dari Pemangsa

Sangat penting menghindarkan sangkar burung dari resiko adanya pemangsa. Terutama jika memelihara hewan yang lain di rumah. Sebaiknya pastikan burung kenari jauh dari jangkauan anak maupun para hewan lainnya yang berada di tempat yang sama.

Kontrol Kesehatan Burung

Selalu kontrol kondisi kesehatan burung supaya bisa cukup fit untuk mengikuti kompetisi yang direncanakan. Bila terlihat gejala yang kurang sehat jangan ragu untuk membawa burung menuju ke dokter hewan terdekat.


Itulah beberapa informasi yang perlu diketahui jika ingin memelihara jenis burung Kenari Kalitan. Dengan mengetahui informasi di atas, setidaknya sudah lebih siap jika nantinya memelihara burung tersebut untuk jangka panjang. Sehingga nantinya budidaya dan pemeliharaan burung kenari jenis yang satu ini dapat berakhir dengan baik dan tidak mengecewakan. Terutama bagi yang hobi mengikutkan jenis burungnya dalam perlombaan berkicau. Tentu sayang sekali jika melewatkan kesempatan untuk memelihara burung tersebut. Jadi, tidak perlu ragu, cobalah memelihara Kenari Kalitan ini. Jika ada sesuatu yang terjadi dan burung mendadak sakit, jangan lupa untuk ke dokter hewan terdekat ya!

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram
  • Facebook

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.