Kucing British Short Hair, Lucu, Gemas dan Unik


foto oleh unsplash


Memiliki suara menggemaskan, bentuk tubuh yang unik, dan perilaku yang lucu membuat kucing menjadi hewan peliharaan yang paling popular. Tidak hanya dijadikan teman bermain di rumah, video kucing lucu pun juga mampu menjadi penyemangat yang baik saat sedang suntuk. Salah satu kucing menggemaskan yang mirip boneka ialah kucing british short hair.

Bagi para pencinta kucing, pasti sudah tidak asing lagi dengan kucing lucu asal inggris ini. keberadaannya di Indonesia yang masih sedikit membuat British short hair cenderung mahal dan banyak dicari. Nah, bagi Anda yang masih asing dan penasaran akan salah satu kucing lucu ini, kami telah merangkum penjelasan lengkapnya di bawah ini.


Sejarah Singkat

Sesuai namanya, kucing british short hair merupakan hewan asal britania, Inggris. Dulunya, kucing imut ini sengaja dirawat untuk mengusir hama pertanian di Inggris. hingga akhirnya pada 1800an, british short hair mulai dipelihara di rumah karena keunikan dan kelucuan dari tingkah lakunya.

Ciri-Ciri Kucing British short hair

Penasaran dengan kucing asal Britania Raya ini? simak ciri-cirinya berikut,

1. Tubuh berat

British short hair punya tubuh yang cukup berat. berat badannya berkisar 4 sampai 7 kg untuk betina, sedangkan untuk jantan bisa mencapai 6 sampai 10 kg. Hal itu bisa disebabkan karena postur tubuh yang padat serta adanya otot pada bagian dada British short hair.

2. Kepala bulat dan pipi chubby

Bentuk kepala yang bulat ditambah pipi chubby membuat british short hair sangat menggemaskan. Dagunya yang cenderung bulat pun menambah kesan unik pada hewan lucu ini.

3. Bentuk hidung pesek, mata bulat

Tidak cukup hidung pesek yang membuat pesona kucing britania ini semakin terlihat. Mata bulat yang dimilikinya pun mampu membuat siapapun terkesima akan kelucuannya.

4. Umumnya berbulu pendek

Sesuai namanya, british short hair memiliki bulu yang pendek. Namun jangan salah, kucing satu ini juga sering disilangkan dengan persia yang akhirnya ada juga yang memiliki varian long hair.

Cara Merawat

Untuk membuatnya tetap gemas dan lucu, perawatan perlu dilakukan dengan hati-hati. Berikut caranya,

1. Memberi makanan bergizi

Pemberian makanan perlu dilakukan ekstra hati-hati, pasalnya kucing menggemaskan ini termasuk dalam hewan yang cenderung malas bergerak. Asupan gizi yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan British short hair.

2. Rutin konsultasi pada dokter hewan

Tidak bisa sembarangan, Anda perlu melakukan konsultasi berkala mengenai kondisi dan cara perawatan kucing pada dokter hewan. Terlebih pada saat kucing lagi sakit, konsultasi akan membuat kamu tahu beberapa hal yang harus dilakukan.

3. Perhatikan kesehatan mulut

British short hair juga dikenal sering memiliki permasalahan pada bagian mulut, khususnya gusi. Jadi pastikan Anda memperhatikan dengan benar kesehatan mulut kucing mulai dari menggosok gigi, jenis sikat dan pasta gigi.

Keunikan Kucing British short hair

Selain gemas, kucing asal Inggris ini juga punya keunikan. Apa saja? Yuk simak dibawah ini.

1. Termasuk kucing tertua

Siapa sangka british short hair termasuk dalam kucing tertua. Hewan ini konon telah ditemukan sejak 2000 tahun lalu yaitu saat dibawa oleh pasukan Roma ke Britania Raya.

2. Sumber inspirasi Alice in Wonderland

Ada literatur yang menyebutkan bahwa british short hair merupakan sumber inspirasi untuk tokoh Chesire Cat di cerita Alice In Wonderland.


foto oleh pixabay

3. Punya umur panjang

Tidak hanya awet muda, british short hair juga punya umur panjang dengan rentang waktu 14 hingga 20 tahun. Bahkan bisa juga lebih dari 20 tahun jika perawatan dilakukan dengan baik. Akan tetapi, sifat mageran yang dimilikinya membuat hewan britania ini rentan akan obesitas.

Dengan melihat beberapa kelebihan diatas, tidak heran jika kucing british short hair banyak diminati. Tapi untuk memelihara hewan gemas yang satu ini, Anda perlu memerhatikan cara perawatan yang benar. Jangan lupa share artikel ke teman, sahabat, keluarga Anda yang tertarik memelihara kucing lucu!. Semoga bermanfaat.

10 views0 comments