Mengenal Sejarah, Ciri Fisik Hingga Keunikan Kucing Cornish Rex


foto oleh wikimedia


Seperti yang kita tahu bahwa kini ada banyak sekali jenis kucing yang bisa anda temukan dan dijadikan sebagai hewan peliharaan. Diantara sekian banyaknya jenis kucing yang saat ini bisa ditemukan, kucing Cornish Rex memang selalu menjadi pusat perhatian. Tentu bagaimana tidak walaupun belum banyak yang menjadikan hewan satu ini sebagai hewan peliharaan, ternyata selain menggemaskan, kucing jenis ini memiliki sejarah, ciri fisik hingga keunikan kucing Cornish Rex yang berbeda dengan kucing ras lainnya. Ingin tahu hal-hal tersebut? Simak Yuk, ulasan berikut ini!


Sejarah Cornish Rex

Penamaan kucing yang satu ini sebenarnya berasal dari salah satu kota di Inggris yaitu Cornwalll. Kota ini menurut legenda merupakan kota kelahiran raja Arthur. Sejarah awal mulanya kucing ras satu ini dimulai pada saat ada seekor anak kucing tipe rambut keriting yang lahir pada tahun 1950 berasal dari ras American Shorthair yang diberi nama Selena.

Pada waktu itu, Selena melahirkan 5 anak kucing yang mana 1 diantaranya memiliki rambut panjang serta keriting sehingga keturunan pertama dari Cornish dinamakan Kallibunker. Nama tersebut diberikan tentu saja karena kucing ini cukup berbeda dari yang lainnya walaupun hingga saat ini belum diketahui siapa ayah dari hewan ini.

Sejarah terus berlanjut pada saat ada sebuah peternakan bernama Ennismore yang mencoba untuk menghasilkan kucing jenis tersebut dan mencoba untuk menggabungkan satu sama lain. Alhasil dari percobaan tersebut lahirlah keturunan yang diinginkan dimana keturunan tersebut dinamakan Poldhu dan Lamorna Cove. Kedua ras kucing ini tentu saja menjadi cikal bakal adanya ras kucing Cornish Rex.

Dikarenakan peternak tersebut melihat ras ini cukup unik, akhirnya kedua kucing tersebut diekspor ke negara Amerika beserta dengan anaknya di AS. Setelah itu kucing tersebut dikembangbiakan pada tahun 1963 dan sampai sekarang, kucing ini mulai banyak digemari oleh pecinta kucing. Kucing ini kemudian diakui oleh berbagai organisasi pecinta kucing di seluruh dunia.


Ciri-Ciri Fisik Kucing Cornish Rex

Kucing Cornish Rex merupakan kucing ras yang memiliki ukuran tubuh kecil jika dibandingkan dengan kucing ras lainnya. Kucing ini memiliki tubuh yang ramping sekalipun dilihat dari berbagai sisi. Namun, walaupun terlihat mungil kucing ras ini memiliki tubuh yang atletis serta kuat pastinya.

Cornish Rex juga memiliki kepada yang kecil namun telinga serta matanya cukup besar dibandingkan dengan kepalanya. Dagu kucing ini juga sering disebut sebagai dagu romawi hal dikarenakan bentuknya yang ramping namun kuat. Ras ini juga memiliki ekor panjang dengan tingkat fleksibelitas diatas rata-rata. Untuk lebih lengkapnya berikut ini ciri-ciri fisik kucing Cornish Rex:

· Ukuran Tubuh Jantan : <8 Pounds

· Ukuran Tubuh Betina : <8 Pounds

· Warna Mata : Aqua, Orange, Biru, Coklat, Hijau, Emas

· Lama Hidup : 9 hingga 13 Tahun

· Panjang Bulu : Pendek

· Karakteristik : Aktif serta Mudah Beradaptasi


Lalu, Apa Keunikan Kucing Cornish Rex?

Setelah anda mengetahui ciri-ciri dari kucing Cornish Rex, sudah pasti anda penasaran bukan bagaimana keunikan kucing Cornish Rex ini? Nah, keunikan dari kucing ras satu ini memang cukup banyak. Diantaranya yaitu kucing ras ini sangat ramah terhadap manusia, kucing ini sangat suka diperhatikan sehingga tak heran ketika anda sedang beraktivitas tanpa berpikir panjang kucing ini akan menganggu anda. Jika anda memelihara hewan satu ini maka pastikan anda mengunci lemari dengan rapat karena Cornish Rex bisa masuk kedalam dan mengacak-acaknya.

Ras ini juga merupakan ras kucing yang sangat percaya diri serta mencintai majikannya. Mereka senang digendong serta berada di pangkuan pemiliknya dimana sekilas memang sifatnya hampir sama dengan anjing. Cornish Rex juga tentu sangat penurut sehingga bisa diajari beberapa hal. Nah, itulah keunikan kucing Cornish Rex. Menggemaskan bukan? Jadi, segeralah untuk memiliki kucing ras ini, tenang perawatannya juga tidak sulit kok!


Nah itulah sekilas tentang kucing unik berbulu keriting, Cornish Rex. Simak juga konten kawan hewan di IG : @kawan.hewan


#kucingras

#kucingcornishrex

#catlover

21 views0 comments