Manfaat Memelihara Kucing Dan Kesehatan Mental, Apa Hubungannya?


foto oleh unsplash


Bagi para pecinta kucing dimanapun berada, pastinya tidak ada alasan ilmiah tertentu untuk memeliharan hewan manis yang satu ini. Namun tahukan anda? Ternyata berdasarkan penelitian, memelihara hewan peliharaan seperti halnya kucing memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat ini juga meliputi kesehatan mental pemiliknya. Sekilas mungkin pastinya anda bertanya-tanya antara hubungan manfaat memelihara kucing dan kesehatan mental bukan? Nah, daripada bingung, simak ulasan berikut ini!


Inilah Hubungan Antara Memelihara Kucing Dan Kesehatan Mental

Mungkin banyak sekali diantaranya yang bertanya-tanya akan manfaat memelihara kucing dan kesehatan mental. Padahal seperti yang diketahui sebelumnya dan bahkan telah melekat dipikiran banyak orang bahwa memelihara hewan berbulu seperti kucing tidak disarankan karena akan menganggu kesehatan. Persepsi ini memang telah lama dipercaya oleh sebagian besar orang, padahal kenyataannya banyak sekali penelitian yang menyebutkan bahwa memelihara hewan peliharaan justru akan memberikan banyak keuntungan salah satunya untuk kesehatan mental.

Melihat tingkah lucu yang dilakukannya serta keramahannya terhadap majikannya terkadang membuat kita akan merasa senang dan seakan beban pikiran sejenak akan terlupakan sejenak. Hal ini tentu menjadi bagian dari hubungan manfaat memelihara kucing dan kesehatan mental. Apakah hanya hal itu saja? Tentu tidak, masih banyak hal lainnya yang mana berikut beberapa diantaranya:


· Membantu Melepas Oksitosin Dalam Tubuh

Ketika anda menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan seperti kucing, tanpa anda tahu otak akan melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini dipercaya dapat menciptakan rasa tenang serta rileks. Selain itu dengan memelihara hewan menggemaskan satu ini juga pastinya bisa membantu anda untuk menstabilkan kondisi kesehatan mental. Anda tidak akan mudah stres dan terlalu gelisah. Amazing!


· Membantu Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Seperti yang kita tahu bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang cukup peka. Memperhatikan respon kucing peliharaan anda ketika merespon gerakan yang akan dilakukan tentunya akan membantu juga dalam mengendalikan respon emosi diri anda sendiri. Dengan begitu maka tidak menutup kemungkinan hal ini juga akan membantu anda untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi.


· Membantu Mengatasi Rasa Kesepian

Manusia memang memiliki kebutuhan akan sentuhan. Dengan memelihara serta bermain bersama kucing kesayangan anda tentu saja bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan akan hal tersebut. Nah, oleh karena itu bagi anda yang kini memiliki masalah mental takut akan sentuhan maka cobalah untuk memelihara hewan satu ini. Sentuhan dari kucing akan memberikan efek ketenangan dan tak hanya itu saja, anda juga akan merasakan menerima serta memberi cinta. Hal ini sangat penting terutama dikondisi Pandemi Covid-19 seperti ini yang membuat orang lebih banyak tinggal di rumah.


· Meredakan Gelisah

Terakhir, manfaat memelihara kucing dan kesehatan mental yaitu bisa meredakan rasa gelisah. Suara kucing ketika mendengkur bisa memberikan efek positif pada diri anda dimana hal ini akan membuat anda rileks. Ketika anda sudah merasa rileks maka otomatis rasa gelisahpun akan mereda sedikit demi sedikit apalagi ketika anda melihat tingkah lucunya yang sangat menggemaskan.


Nah, itulah beberapa hubungan dan manfaat memelihara kucing dan kesehatan mental. Dengan adanya ulasan diatas tentu harapannya anggapan bahwa kucing merupakan hewan yang tidak boleh dipelihara karena akan menganggu kesehatan mental segera hilang. Walau bagaimanapun juga kucing memang seperti ditakdirkan sebagai hewan peliharaan. Jadi, selagi anda menyukai dan sayang terhadap hewan satu ini maka tidak ada alasan lain lagi untuk tidak menyayanginya dan merawatnya.


Share artikel ini ya supaya semakin banyak yang terbantu dengan mememlihara kucing!

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.