• admin

Masih Ragu Memelihara Hewan? Simak Inilah Manfaat Memelihara Hewan Bagi Anak Yang Perlu Diketahui


foto oleh unsplash


Seperti yang kita tahu bahwa dari dulu hingga sekarang banyak sekali orang yang menganggap bahwa hewan peliharaan merupakan sahabat sejati. Namun, walaupun demikian memang tidak sedikit orang yang beranggapan juga bahwa hewan peliharaan sering kali memicu berbagai masalah Kesehatan terutama untuk anak.

Anggapan orang ini terkadang membuat anda khawatir bukan? Namun tunggu dulu! Sebaiknya anda tidak boleh menelan semua informasi mentah-mentah, simak berikut tentang manfaat memelihara hewan bagi anak yang perlu diketahui!


Inilah Manfaat Memelihara Hewan Bagi Anak Yang Sebaiknya Diketahui

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa mempunyai hewan peliharaan seperti anjing ataupun kucing memang baik untuk kesehatan serta tumbuh kembang anak. Efek positifnya tentu bisa mencakup kesehatan fisik, tumbuh kembang, melatih interaksi sosial, mental serta kecerdasan anak. Namun walaupun demikian tetap saja, memiliki anak dan hewan peliharaan yang berada dalam satu atap memang perlu pengawasan khusus dari anda sebagai orang tua. Selain manfaat tersebut, tentu masih banyak manfaat lainnya. Penasaran apa saja? Berikut beberapa diantaranya:


1. Mengurangi Resiko Alergi

Banyak studi mengatakan bahwa anak yang dibesarkan di lingkungan dengan hewan peliharaan akan memiliki resiko lebih rendah dalam menderita asma ataupun alergi. Selain itu, para ahli juga mengemukakan bahwa keberadaan hewan di rumah akan membantu membangun sistem kekebalan tubuh anak karena adanya paparan dini terhadap kuman tertentu.


2. Dapat Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Serta Empati

Tahukah anda? Rasa sayang, tanggung jawab serta kepedulian tidak akan tumbuh begitu saja pada seorang anak. Nilai-nilai yang baik ini tentu perlu diasah dengan memberikan contoh kepada buah hati anda. Nah, dengan memiliki hewan peliharaan tentu bisa menjadi salah satu cara untuk mengajari anak anda tentang tanggung jawab serta empati. Dengan selalu melihat anda merawat hewan perliharaan di rumah, maka anak anda juga akan mulai belajar untuk menyayangi, memberi makan serta mengajaknya bermain.


3. Melatih Kedisiplinan

Dengan memelihara hewan, Anda juga dapat melatih kedisiplinan anak. Hal ini diwujudkan dengan melibatkan anak untuk memberikan makanan secara teratur. Dengan memberikan tugas ini ke anak, Anda bisa terlatih untuk mematuhi tugas rutin namun menyenangkan.


4. Membantu Anak Belajar Lebih Percaya Diri

Selanjutnya, manfaat memeliharan hewan bagi anak yaitu membantu anak untuk belajar lebih percaya diri. Hal ini tentu saja karena dengan memelihara hewan dan anak anda menyayanginya maka dapat dipastikan anak anda tidak akan rewel, bisa belajar lebih baik serta lebih patuh.


5. Mengurangi Stress

Tentu saja siapa sih yang tidak gemas dengan tingkah hewan peliharaan seperti kucing ataupun anjing? Semua orang pasti sangat gemas dengan tingkah lucunya apalagi untuk anak-anak. Perasaan senang ketika melihat hewan peliharaan bertingkah lucu dan menggemaskan tentu saja akan mengurangi stres pada anak dan bahkan orang dewasa.

Nah itulah beberapa manfaat memelihara hewan bagi anak yang sebaiknya anda ketahui. Namun, terlepas dari manfaat tersebut, sudah pasti anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk memelihara hewan. Apa saja hal tersebut? Berikut ulasannya!


Inilah Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memelihara Hewan Peliharaan

Setelah mengetahui manfaat memelihara hewan bagi anak tentu saja anda sudah tidak sabar bukan untuk memeliharanya? Namun sebaiknya anda tidak perlu terburu-buru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa diantaranya:

· Kondisi kesehatan anggota keluarga.

· Keamanan serta kenyamanan anak.

· Pastikan memilih hewan peliharaan yang memang lebih cepat beradaptasi, tidak agresif serta jinak.

· Kesiapan diri untuk memelihara hewan, baik dari segi perawatan, budget hingga hal lainnya.

· Kesehatan hewan peliharaan. Ada baiknya hewan peliharaan diberikan vaksinasi rutin untuk mencegah terkena penyakit baik yang menular ke manusia ataupun tidak. Khusus untuk Anjing, Anda perlu memastikan agar divaksinasi rabies.


Demikian sekilas tentang manfaat memelihara hewan bagi anak dan hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memelihara hewan perliharaan. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Mengenal Penyakit Akibat Hewan Peliharaan yang Perlu Diketahui
8 views0 comments