Para Pecinta Kucing Perlu Tahu! Inilah Alasan Tidak Boleh Memberikan Tempe Untuk Kucing!


foto oleh unsplash


Seperti yang kita ketahui bahwa tempe merupakan makanan yang mengandung nutrisi dan protein tinggi. Tempe juga termasuk kedalam menu lima sehat 4 sempurna yang direkomendasikan untuk kita konsumsi sehari-hari (manusia). Namun, walaupun tempe kaya akan kandungan protein, tidak semua mahluk hidup boleh mengkonsumsi tempe salah satunya seperti kucing.

Kucing merupakan salah satu hewan karnivora atau pemakan daging. Ikan merupakan salah satu makanan favoritnya. Namun sayang, belakangan ini banyak sekali pemilik kucing yang sengaja memberikan tempe kepada hewan peliharannya dengan alasan kucing tersebut suka. Selain itu, banyak juga pecinta kucing yang memberikan tempe untuk kucing karena tempe mengandung kaya akan manfaat misalnya sebagai obat diare.

Dikarenakan adanya anggapan tersebut, tidak heran banyak pecinta kucing yang secara rutin memberikan tempe untuk kucing yang dicampur dengan makanan kucing kemasan. Biasanya tempe tersebut akan dikukus terlebih dahulu lalu dicampur dengan ikan ataupun telur. Namun tahukah anda? Ternyata memberikan tempe untuk kucing akan sangat berbahaya bagi kesehatannya apalagi jika diberikan secara rutin. Ada banyak sekali alasan mengapa anda tidak disarankan untuk memberikan tempe untuk kucing. Apa saja hal tersebut? Simak ulasan pentingnya berikut ini!


Inilah Alasan Mengapa Tidak Boleh Memberikan Tempe Untuk Kucing Yang Wajib Diketahui!

Bagi anda yang memelihara hewan seperti kucing, pastinya anda ingin selalu memberikan nutrisi terbaik untuk hewan kesayangan anda bukan? Ada banyak sekali makanan yang bisa diberikan kepada kucing yang kaya akan kandungan nutrisi seperti daging, ikan, makanan kering dan basah yang sudah dikemas khusus untuk kucing dan masih banyak lagi namun bukan tempe. Ya, tempe bukanlah makanan yang harus diberikan kepada hewan satu ini.

Namun, banyak sekali pemilik kucing yang masih rutin memberikan tempe untuk kucing dengan beberapa alasan seperti karena kucing tersebut suka, harga murah dan masih banyak lagi. Padahal, tahukah anda? Sering memberikan tempe pada kucing akan membuat berbagai permasalahan. Berikut beberapa alasan mengapa tidak boleh memberikan tempe untuk kucing yang wajib diketahui:


1. Tempe Bisa Menghalangi Penyerapan Nutrisi Pada Sistem Pencernaan

Alasan mengapa anda tidak disarankan untuk memberikan tempe untuk kucing yaitu karena tempe bisa menghalangi penyerapan nutrisi pada sistem pencernaan. Tempe akan menyebabkan penyerapan nutrisi di usus kucing menjadi terganggu sehingga makanan lain seperti daging yang dikonsumsinya akan pecuma dan tidak akan diserap oleh sistem pencernaan kucing. Jadi, stop berikan tempe!


2. Bisa Mengakibatkan Hipertiroid

Hipertiroid adalah salah satu masalah kesehatan pada kucing yang terjadi karena asupan protein rendah. Hipertiroid juga bisa menyebabkan kelainan pada kelenjar pertumbuhan yang makin lama makin besar. Akibatnya, metabolisme hewan tersebut akan semakin cepat yang akan berdampak buruk pada organ tubuh lainnya seperti ginjal, jantung hingga liver.

Biasanya kucing juga akan doyan sekali makan namun bukan malah gemuk justru menjadi tambah kurus. Kucing terlihat doyan makan tempe ini sebenarnya bisa terjadi karena si mpus merasa kurang mendapat protein hewani sehingga terlihat lahap menyatap tempe. Kucing sendiri merupakan hewan karnivora obligat yang mendapatkan sebagian besar nutrisi dari protein hewan (dan lemak) yang ada dalam makananya.


3. Bisa Menimbulkan Penyakit Lainnya

Alasan mengapa tidak boleh memberikan tempe untuk kucing yaitu bisa menimbulkan penyakit lain seperti muntah, mual dan buang air besar yang terus menerus. Jadi, anggapan bahwa tempe bisa menyembuhkan diare untuk kucing ternyata kurang tepat, terlebih lagi belum ada bukti yang menunjukkan bahwa tempe bisa mengatasi masalah pencernaan justru malah memperburuk.


Nah itulah alasan mengapa anda tidak boleh memberikan tempe untuk kucing. Jadi, sebaiknya hindarilah pemberian tempe untuk hewan kesayangan anda karena bisa menganggu kesehatan mereka.


Share ya!


Baca juga : Bolehkah Kucing Makan Nasi? Simak Penjelasan Berikut Ini
13 views0 comments