• admin

Unik Namun Menggemaskan! Inilah Kucing Manx, Kucing Tak Berekor Yang Banyak Dicari!


foto oleh wikimedia


Jika anda mengunjungi kota-kota di Inggris, kemungkinan besar anda akan menemukan berbagai hal yang sebelumnya belum anda lihat. Ya, salah satu hal tersebut yaitu kucing tidak berekor yang disebut sebagai kucing manx. Mengapa kucing jenis ini terlahir tidak memiliki ekor tak seperti kucing lainnya? Bukankah ekor memiliki peranan penting dalam keseharian mereka? Penasaran mengapa? Berikut penjelasan mengenai sejarah singkat, ciri dan cara merawat kucing manx, kucing tak berekor.


Sejarah Singkat Kucing Manx, Kucing Tak Berekor Yang Memiliki Banyak Keunikan!

Kucing manx merupakan jenis kucing tanpa ekor yang berasal dari Isle Of Man. Isle of Man merupakan sebuah pulau kecil yang terletak diantara Irlandia dan Inggris. Kucing ini dikenal karena memiliki mutasi alami yang memperpendek bagian ekornya. Walaupun sebagian jenis kucing manx memiliki ekor yang sangat pendek dan gemuk. Namun untuk sebagian besar ras didominasi oleh kucing yang sama sekali tidak memiliki ekor.

Kucing manx sendiri merupakan kucing show yang awalnya tampil pada pertunjukkan kucing pertama yang diadakan di Inggris. Saat ini jumlah dari kucing ras tersebut tetap dalam presentase yang substansial namun menurun diantara populasi kucing lokal di Isle Of Man. Walaupun Manx dianggap sebagai salah satu jenis kucing keturunan Eropa, namun asal-usulnya memang tidak sepenuhnya diketahui. Manx sendiri memang masih berkerabat dengan kucing liar di Afrika.

Gen tanpa ekor kucing manx memang sangat dominan. Sehingga ada kepercayaan kuno yang menganggap bahwa hanya dekat dengan kucing manx saja kucing lain bisa menghasilkan kucing tanpa ekor. Selain di Inggris, populasi kucing tak berekor juga ada di beberapa negara lain seperti Eropa, Crimea. Kucing Manx merupakan salah satu ras kucing yang pertama telah diakui oleh CFA.


Isle of Man terletak diantara Irlandia dan Inggris. Gambar oleh wikimedia


Ciri-Ciri Fisik Kucing Manx, Kucing Tak Berekor

Jika berbicara tentang ciri fisik, sudah pasti kucing ciri fisik utama yang mudah dikenali yaitu tidak memiliki ekor. Namun selain itu, tampilan dari kucing jenis ini juga cukup berbeda dimana Manx memiliki kaki belakang yang memanjang sehingga mampu melompat hingga ketinggian yang luar biasa. Dengan kaki panjangnya ini juga Manx mampu membuka pintu.

Selain itu, ciri lainnya yaitu kucing manx memiliki mata, pinggul serta kepala yang bulat. Perawakannya juga sangat besar serta kekar yang menjadikan kucing manx sebagai ras kucing yang solid. Kucing manx juga seringkali dianggap hampir mirip dengan anjing. Hal ini tentu terlihat dari kesetiaan mereka terhadap majikannya ataupun pada kesenangannya saat bermain.

Dikenal Sebagai kucing yang tak berekor, kucing manx memang telah lama dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hal tentu tak hanya karena menggemaskan saja, kucing ini juga sangat terampil, aktif, jinak dan mudah berinteraksi. Kucing manx juga terkenal sebagai kucing penyayang sehingga anda bisa memberikan kasih sayang serta menjalin persahabatan hingga bertahun-tahun.

Dikarenakan keterampilan berburu mereka sangat handal, tak mengherankan untuk para petani kucing ini sering dijadikan sebagai hewan untuk memusnahkan hama. Jika anda memelihara hewan yang satu ini maka dijamin rumah anda tidak akan dimasuki tikus.

Kucing manx memiliki berragam warna serta pola. Jenis bulunya juga cukup berragam salah satunya bulu panjang yang dianggap sebagai jenis terpisah dengan sebutan Cymric. Bulu kucing manx cenderung berlapis ganda dan memiliki warna yang berragam seperti biru, tortoiseshell, bluecream, putih dan lainnya. Kucing manx juga umumnya memiliki berat antara 3,5 kg hingga 5,5 kg dan tinggi 25 cm hingga 40 cm. Menariknya mereka juga bisa hidup sekitar 13 tahun lamanya.


Lalu, Bagaimana Cara Merawat Kucing Manx?

Kucing manx memang merupakan kucing yang sangat lucu dan menggemaskan. Untuk perawaratannya sendiri tentu cukup mudah, anda hanya perlu memperhatikan kebersihan kandang hingga asupan makanan. Anda juga bisa melakukan groming rutin dan juga pemeriksaan kesehatan pada dokter hewan terdekat.

Nah itulah sekilas ulasan tentang sejarah, ciri-ciri dan cara merawat kucing manx, kucing tak berekor. Kucing ini memang banyak dipelihara karena memang tidak membutuhkan perawatan khusus seperti kucing jenis lainnya.

7 views0 comments