Fakta Mengejutkan Tentang Laika, Anjing Pertama Yang Mengelilingi Orbit Bumi


foto oleh kumparan


Sekitar 64 tahun yang lalu, tepatnya pada 3 November 1957, Uni Soviet telah berhasil mencatat sejarah baru yaitu berhasil menerbangkan seekor anjing ke luar angkasa. Anjing tersebut diberi nama Laika. Ya, Laika merupakan seekor anjing jalanan yang ditemukan di Moskow sebelum akhirnya direkrut menjadi bagian dari program luar angkasa Soviet.


Penasaran Tentang Anjing Pertama Yang Pergi Ke Luar Angka Ini? Simak Yuk, Beberapa Fakta Mengejutkan Tentang Laika!

Laika merupakan proyek ambisius antariksa Uni Soviet yang sangat menghebohkan media-media seluruh dunia menjelang penghujung tahun 1957. Saat itu, ada sekitar 36 ekor anjing yang dikirim keluar angkasa sebelum Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang pernah mengelilingi bumi. Misi hewan yang diterbangkan ke luar angka ini merupakan bagian dari persaingan 2 negara yaitu Uni Soviet dengan Amerika Serikat.

Beberapa bulan setelah menerbangkan Sputnik yang merupakan satelit pertama di dunia yang kemudian pesawat Laika, sputnik 2 megorbit. Dari peristiwa tersebut Amerika Serikat semakin tertinggal dalam teknologi. Media-media dari Amerika Serikat lalu mengkritik keras keputusan Soviet mengirim anjing ke luar angkasa. Mereka berpendapat bahwa anjing tersebut tidak bisa diselamatkan. Akibatnya, kedutaan Soviet terpaksa membuat pernyataan “Kami Mencintai Anjing”.

Proyek ambisius tersebut berakhir dengan meledaknya Sputnik 2, pesawat yang membawa Laika. Hingga pada tahun 2002, sebuah laporan menyebutkan bahwa Laika tewas dengan sangat mengenaskan. Dan berikut fakta mengejutkan tentang Laikan yang perlu anda ketahui:


1. Laika Merupakan Anjing Kampung Biasa

Sebelum terikat dalam program luar agkasa, Laika merupakan anjing kampung biasa yang tidak memiliki rumah. Laika kerap kali berkeliaran di jalanan Moskow, anjing-anjing tersebut kemudian diambil oleh pemerintah Uni Soviet. Sementara Amerika Serikat lebih memilih monyet untuk dikirim ke antariksa.

Uni Soviet menganggap bahwa anjing lebih mudah sekali untuk dilatih selain itu tim Unisoviet juga beranggapan bahwa anjing jalanan bisa bertahan di kerasnya kondisi di luar angkasa. Laika anjing betina ini memang bukan anjing pertama yang diterbangkan ke luar angkasa.


2. Tim Imuwan Uni Soviet Tahu Bahwa Laika Akan Mati

Laika sudah diketahui tidak akan kembali pulang. Satelit terbaru yang membawa Laika tidak dilengkapi dengan pintu yang aman. Laika akan menghabiskan waktu berhari-hari lamanya mengelilingi orbit bumi dan Laika akan dieutanasi dengan makanan yang beracun. Laika memang dipilih untuk misi yang sangat keras.


3. Salah Satu Proyek Ambisius

Presiden Nikita Khruschev melihat perjalanan Laika akan menjadi propaganda dan Nikita ingin berlangsung dengan sempurna. Nikita ingin Sputnik 2 terbang ketika 40 tahun perayaan Revolusi Bolshevik. Akibatnya tim hanya memiliki 4 minggu untuk mempersiapkan satelit untuk membawa anjing tersebut ke luar angkasa namun tidak cukup waktu untuk menyiapkan teknologi yang membawanya kembali pulang.


4. Dimanja Sebelum Akhirnya Tersiksa

Tepat sehari sebelum memulai misi ambisiusnya, Vladimir Yazdovsky membawa Laika ke rumahnya. Selama 1 bulan terakhir Yazdovsky sangat memanjakan Laika. Vladimir mengambil Laika di jalanan, mengurus dan memanjakannya sampai akhirnya anjing manja ini berubah menjadi anjing malang.

Nah itulah fakta mengejutkan tentang Laika, si anjing pertama yang pergi ke luar angkasa namun tidak kembali pulang. Selama bertahun-tahun, Uni Soviet mengklaim bahwa Laika berhasil hidup selama 1 hari dan sempat mengelilingi bumi sebelum akhirnya mati karena makan makanan beracun. Namun salah seorang ilmuwan mantan tim yang meluncurkan Laika membocorkan nasib tragis yang menimpa Laika.

Anjing malang tersebut mati dalam waktu tujuh hari saat mengelilingi bumi untuk keempat kalinya. Kematian Laika sangat menyakitkan, ketika itu kontrol udara mengalami kerusakan, wahana makin lama makin memanas hingga 40 derajat celcius. Laika yang awalnya sudah tenang menjadi panik kembali hingga akhirnya anjing tersebut mati. Sungguh mengerikan bukan?

3 views0 comments