Tak Kalah Sehat Dengan Madu Murni, Inilah Manfaat Bee Pollen Yang Tidak Banyak Diketahui!


foto oleh unsplash


Tentu kita telah mengetahui bahwa madu memiliki segudang manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Jika berbicara tentang madu pastinya sudah tidak usah diragukan lagi manfaatnya. Ditengah banyaknya orang yang percaya bahwa madu memiliki segudang manfaat, belakangan ini produk lebah selain madu seperti propolis, royal jelly dan bee pollen juga mulai dilirik banyak orang.

Khusus untuk bee pollen saat ini juga sedang banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Hal ini tentu dikarenakan bee pollen dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Eits, namun sebelum anda mengkonsumsinya tentu saja anda perlu mengetahui terlebih dahulu manfaat serta efek sampingnya.


Apa Itu Bee Pollen?

Untuk sebagian orang pastinya belum mengetahui apa itu bee pollen. Nah, bee pollen sendiri merupakan campuran dari beberapa komponen seperti nektar, serbuk sari bunga, madu, sekresi lebah serta lilin. Nah, campuran ini diambil dari lebah pekerja yang menggumpulkan pollen atau lebih dikenal dengan serbuk sari dari bunga yang disimpan sebagai cadangan makanan.

Bee pollen tidak sama dengan produk dari lebah lain seperti madu, sarang lebah, propolis maupun royal jelly. Hal ini dikarenakan bee pollen mengandung serbuk sari ataupun zat lain. Kandungan nutrisi bee pollen juga sebenarnya bergantung pada lingkungan dimana lebah diternakkan. Hal ini terjadi karena serbuk sari yang didapat bervariasi bergantung pada lingkungan tempat lebah tersebut dipelihara.


Lalu, Apa Saja Manfaat Bee Pollen?

Belakangan ini bee pollen memang menarik perhatian banyak orang karena terdapat kandungan nutrisi berlimpah yang menyehatkan. Kandungan nutrisi yang terdapat pada bee pollen seperti mineral, protein, asam amino, vitamin, karbohidrat serta lipid yang kita tahu kandungan tersebut sangat dibutuhkan tubuh. Lalu, apa sebenarnya manfaat dari bee pollen? Daripada anda terus penasaran, simak berikut beberapa manfaat bee pollen:

1. Mengatasi Alergi

Manfaat bee pollen yang pertama yaitu mengatasi alergi seperti rinitis. Rinitis merupakan alergi serbuk bunga yang menyebabkan gatal, mata berair, bersin, dan gejala serupa lainnya. Dengan mengkonsumsi bee pollen secara rutin bisa membantu tubuh anda dalam membangun daya tahan atau resistensi terhadap bahan yang memicu alergi. Yang kemudian ketika daya tahan tubuh anda sudah kuat maka bisa meredakan gejala alergi yang terjadi.


2. Membantu Menurunkan Kolesterol

Seperti yang kita tahu, penderita kolesterol di Indonesia dari waktu ke waktu semakin bertambah. Dengan mengkonsumsi bee pollen memang dipercaya bisa menurukan kolesterol jahan serta kadar kolesterol secara berlebihan. Namun untuk memastikan manfaatnya pada manusia pasti diperlukan penelitian yang lebih lanjut.


3. Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas

Bee pollen mengandung berbagai macam kandungan antioksidan seperti karotenoid, glutathione, flavonoid, kaempferol serta quercetin. Nah, kandungan tersebut bisa membantu melindungi tubuh anda dari radikal bebas yang sering dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker ataupun diabetes type 2.


4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Manfaat bee pollen berikutnya yaitu bisa mengurangi resiko penyakit jantung hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam bee pollen mampu melindungi lipid dari proses oksidasi.


5. Meningkatkan Fungsi Hati

Tentu kita tahu bahwa hati merupakan organ vital yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan racun dari darah. Penelitian yang dilakukan pada hewan juga menunjukkan bahwa bee pollen mampu meningkatkan kemampuan hati untuk melakukan detoksifikasi. Dari penelitian ini juga tidak menutup kemungkinan jika dikonsumsi oleh manusia bee pollen akan mampu meningkatkan fungsi hati.


Efek Samping Bee Pollen

Setelah anda mengetahui beberapa manfaat dari bee pollen, sudah dipastikan anda tidak sabar untuk segera mengkonsumsinya bukan? Namun sebelum anda mengkonsumsinya tentu anda perlu mengetahui efek samping yang timbul ketika mengkonsumsi bee pollen.

Secara umum bee pollen memang aman dikonsumsi namun dalam jangka pendek saja. Selain itu, bee pollen juga tidak aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui serta beberapa orang dengan penyakit tertentu. Sebagai langkah aman pastikan konsultasikan terlebih dahulu kesehatan anda pada dokter terdekat.

Itulah sekilas tentang bee pollen yang perlu anda ketahui. Ada begitu manfaat dari bee pollen namun terlepas dari segudang manfaat yang dimiliki tentu anda perlu mengetahui batasan dan efek samping dari bee pollen.


Baca juga : Informasi Detail tentang Propolis
1 view0 comments