Begini Keunikan dan Cara Merawat Leopard Gecko Untuk Pemula



Leopard gecko merupakan hewan yang masih satu famili dengan tokek namun keduanya adalah spesies yang berbeda. Jika dibandingkan dengan tokek rumahan, gecko lebih menguntungkan dan biaya perawatannya sangat murah. Hal inilah yang membuat gecko menjadi lebih diminati.

Apalagi hewan ini pun memiliki banyak keunikan yang tidak dimiliki oleh tokek rumahan biasa. Inilah beberapa keunikan dari gecko dan cara merawatnya yang sangat mudah.


Keunikan Leopard Gecko

Sebelum memutuskan untuk merawat seekor gecko, tentu ada banyak sekali pertimbangan diantaranya adalah keunikan hewan tersebut. Ada banyak keunikan yang dimiliki reptil ini, yaitu sebagai berikut.

1. Gecko pada habitat aslinya tinggal di balik batu dan cenderung pemalu. Maka dari itu, ketika dipegang tidak akan memberontak dan tetap diam. Berbeda dengan tokek yang akan langsung menyerang ketika merasa terganggu.

2. Warna dari gecko ini sangat beragam. Apalagi jika berhasil mengawinkan dua gecko dengan motif yang bagus maka akan mendapat peranakan yang bagus. Warna gecko ini akan sangat berpengaruh pada harga gecko.

3. Dapat bertahan hidup lama meskipun tidak mendapatkan makanan. Sebab, hewan ini sudah memiliki cadangan makanan pada ekornya sehingga bisa dipelihara oleh orang yang cukup sibuk.

4. Gecko tidak boleh terkena sinar matahari karena merupakan hewan nokturnal. Jadi, perawatannya memang tergolong sangat mudah.

5. Hewan reptil ini cukup mudah berkembang biak karena dapat bertelur hingga 10 kali dari sekali pembuahan. Setiap bertelur, mampu mengeluarkan 2 hingga 3 butir telur.

6. Hewan ini juga memiliki dengan warna dan motif yang berbeda. Ketika dewasa, warna dan motifnya akan terlihat lebih jelas.

7. Ketika merasa terancam, reptil ini juga memutuskan ekornya tapi tidak terlalu rentan seperti cicak. Namun, ketika ekornya tumbuh kembali tidak akan sama seperti awalnya.


Cara Merawat Gecko

Sebenarnya, cara merawat gecko sangatlah mudah dan memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan merawat tokek. Pasalnya, hewan ini tidak memerlukan kandang yang besar sehingga pada ruangan 4 x 3 m saja bisa menampung ribuan. Untuk beberapa ekor gecko saja cukup menggunakan box plastik.

Namun, pastikan untuk memberikan sirkulasi udara yang baik agar dapat bertahan hidup. Selain itu, pada bagian alas box harus diberi bubuk kalsium. Gunanya adalah untuk meredam bau serta lebih aman ketika termakan.

Untuk makanan gecko pun tidak terlalu sulit untuk mendapatkannya. Gecko dapat diberi makan ulat atau jangkrik. Namun, jangan lupa memberi nutrisi dan vitamin agar tidak rentan sakit.

Sebenarnya, hewan ini dapat bertahan hingga 2 bulan ketika tidak diberi makan maupun minum. Namun, bukan berarti dapat meninggalkannya tanpa diberi makan secara terus menerus. Oleh karena itu, hewan ini sangat cocok dipelihara oleh orang yang memiliki banyak kesibukan tapi ingin memelihara sesuatu.

Pemeliharaan hewan ini memang tidak terlalu sulit karena tidak memerlukan perlakuan khusus. Maka dari itu, banyak sekali yang tertarik dengan hewan ini karena lebih cepat balik modal. Sebab, harga untuk seekor gecko mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta tergantung pada motif dan warnanya.

Apabila ingin memelihara Leopard Gecko maka pahami terlebih dahulu bagaimana karakteristiknya. Jika ingin mengembangbiakkan hewan ini maka sebaiknya mempelajari cara mutasinya. Hal ini agar peranakan gecko bisa mendapatkan warna dan motif bagus dengan harga yang sangat tinggi.


Nah, itulah keunikan dan cara merawat lepard gecko. Share ya!

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.