Kenali Jenis Makanan Ular Peliharaan dan Cara Memberikannya


foto oleh unsplash


Bagi sebagian orang, memelihara hewan reptil seperti ular menjadi hobi yang menyenangkan. Walaupun tidak umum, ular hampir sama dengan hewan peliharaan lainnya yang membutuhkan perawatan dan pemberian makanan setiap harinya.

Apa anda juga berminat memelihara ular? Jika iya, pastikan anda mengetahui jenis makanan ular dan tips pemberian makan pada ular. Info selengkapnya, simak ulasan berikut, ya!


Jenis Makanan Ular

Ular yang termasuk hewan karnivora hanya mengkonsumsi daging-dagingan. Untuk jenisnya, anda bisa memberikan makanan berupa hewan yang masih hidup dan bisa juga makanan yang telah dibekukan atau mati.


Makanan Hewan yang Masih Hidup

Makanan yang umum dikonsumsi oleh ular yaitu tikus. Agar ular peliharaan anda tetap sehat, sebaiknya berikan tikus sehat juga yang menjadi mangsa ular paling umum. Tikus sehat yang masih hidup bisa anda dapatkan di toko-toko hewan peliharaan.

Tidak hanya tikus yang bisa jadi makanan ular, hewan berdarah panas seperti anak ayam, kelinci, burung, juga hamster. Ular juga bisa memangsa hewan kodok, belalang, jangkrik, belatung, ikan, dapat pula diberi makan telur.

Memberi makanan hewan yang masih hidup dapat melatih insting ular layaknya hidup di alam liar. Ular juga akan lebih aktif bergerak jika diberi makanan berupa hewan yang masih hidup.

Hanya saja, jika ular diberi makanan yang terlalu beragam dapat membuat ular depresi yang akhirnya membuat ular mogok makan. Untuk amannya, lebih baik konsultasikan dulu ke dokter hewan, ya!


Makanan Hewan yang Dibekukan

Karena ular sudah banyak jadi hewan peliharaan, produk makanan hewan juga sudah menyediakan pakan untuk ular. Nah, biasanya di toko yang menjual makanan hewan tersedia makanan berupa hewan yang sudah dibekukan. Anda juga bisa ikut komunitas pecinta ular untuk mendapatkan informasi agar mudah memperoleh makanan ular.

Makanan beku tersebut berupa tikus beku yang sudah dikemas. Dengan memberi makanan beku, anda lebih mudah saat memberi makan ular. Memberi makanan tikus beku juga lebih aman karena ular tidak beresiko digigit oleh tikus.

Sayangnya, memangsa hewan beku bukanlah cara makan ular saat berada di alam. Inilah yang menjadi alasan kebanyakan pemelihara ular lebih memilih hewan yang masih hidup. Perlu anda perhatikan, sebelum memberi ular makanan berupa tikus beku, jangan lupa untuk mencairkan esnya terlebih dahulu.


Cara Memberi Makan Ular

Nah, setelah anda sudah tahu jenis makanan hewan ular. Sekarang saatnya anda ketahui tips-tips dalam memberi makan ular.

  1. Berikanlah makanan yang cocok atau sesuai dengan ukuran ular. Saat ular anda masih kecil berikanlah makanan yang juga berukuran kecil begitupun jika ular berukuran besar. Jika anda memaksakan untuk memberi makanan yang terlampau besar, ular akan kesulitan dalam mencerna makanan.

  2. Pastikan ular anda tetap terhidrasi dengan baik. Jadi sediakanlah air tawar bersih dalam kandang ular.

  3. Jika anda memberi hewan hidup, anda tinggal memasukkan mangsa kedalam kandang. Sedangkan jika memberi mangsa yang dibekukan, cairkan esnya terlebih dahulu dengan membiarkannya di suhu ruangan atau masukkan dalam mangkuk berisi air hangat.

  4. Saat anda memberi makan mangsa hidup, segera keluarkan dari kandang jika ular tidak memakannya dalam waktu 20 hingga 30 menit. Dan anda bisa masukkan mangsa kembali di lain waktu.

  5. Jadwal makan ular biasanya hanya seminggu sekali. Tapi jika ukuran ular besar, jadwal makannya bisa lebih cepat yaitu berkisar empat atau lima hari.

Itulah informasi mengenai tips pemberian makan dan jenis makanan ular yang bisa jadi panduan anda saat memelihara reptil eksotik ini. Agar ular peliharaan Anda bisa tetap sehat dan bisa berumur panjang, berilah makanan yang juga sehat dengan nutrisi seimbang. Informasi bermanfaat ini sayang jika hanya diketahui anda sendiri, share now! biar rekan-rekan pembaca bisa tahu juga.