Pecinta Hamster Wajib Tahu: 4 Makanan Bayi Hamster Sehat dan Alami


foto oleh unsplash


Memelihara hamster memang menyenangkan, apalagi jika merawatnya mulai dari bayi. Namun sebenarnya apa yang harus dilakukan untuk merawat bayi hamster? Hal pertama yang perlu dilakukan adalah kenali dulu jenis makanan bayi hamster agar dapat tumbuh sehat.


Apa Saja Jenis Makanan yang Cocok untuk Bayi Hamster?

Pada umumnya, makanan hamster kebanyakan berupa biji-bijian. Namun, bukan berarti hamster dewasa dan yang masih bayi makan makanan sejenis. Oleh karena itu, para Pawrent haruslah mengetahui jenis makanan yang cocok bagi hamster yang baru lahir hingga proses menuju dewasa.

1. ASI dari induk hamster

Inilah asupan makanan bayi hamster baru lahir atau pada usia 1 hingga 10 hari. Faktanya, bayi hamster sangatlah bergantung kepada induknya. Jadi, kebutuhan makanan mereka tidak lain berupa air susu.

Pada fase ini hal yang perlu Anda perhatikan adalah memonitor apakah bayi hamster telah mendapatkan suplai air susu induknya atau belum. Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan bahwa kebutuhan induk hamster tercukupi, seperti makan dan minumnya.

2. Brokoli sebagai makanan selingan

Secara umum, bayi hamster yang sudah berusia lebih dari 10 hari sudah bisa Anda beri makanan padat. Tetapi jangan langsung memberikannya makanan seperti biji-bijian.

Mulailah dengan memberikan sayur bertekstur lembut seperti brokoli. Potonglah brokoli menjadi irisan kecil sehingga memudahkan bayi hamster mengkonsumsinya.

Selingi dengan tetap memberikannya asupan air susu induknya agar kebutuhan nutrisi mereka tetap terjaga.

3. Pelet hamster untuk memenuhi kebutuhan nutrisi

Mungkin Pawrent juga bertanya-tanya, seperti apa makanan bayi hamster yang ada di pasaran? Pelet hamster adalah makanan yang tepat untuk bayi hamster pada usia di atas 10 hari.

Perlu Anda perhatikan bahwa pemberian pelet hamster juga tidak boleh sembarangan. Anda harus merendamnya ke dalam air terlebih dahulu sehingga teksturnya menjadi lebih lunak dan mudah untuk dikonsumsi oleh bayi hamster.

4. Biji-bijian dan selingi dengan sayuran bertekstur lembut

Tahap pertumbuhan bayi hamster dapat dikatakan sangat cepat. Pada usia 1 hingga 2 bulan lebih, seekor bayi hamster bisa dikatakan sudah hampir mencapai fase dewasa. Sehingga, akan ada pergantian menu makanan untuk bayi hamster.

Pawrent bisa mulai memberi makan bayi hamster dengan biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji jagung, atau biji padi. Tetap selingi dengan sayur-sayuran yang memiliki tekstur lembut seperti sayur kol atau gambas.


Tips Merawat Bayi Hamster Agar Tetap Sehat

Ketahuilah bayi hamster yang baru lahir di minggu-minggu pertama sangatlah rentan, sehingga perawatannya harus ekstra hati-hati. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika merawat bayi hamster adalah sebagai berikut:

  • Anda tidak perlu membersihkan kandang dalam kurun waktu dua minggu pertama sejak kelahiran bayi hamster.

  • Jangan menyentuh bayi hamster tanpa sarung tangan atau alat bantu. Hal ini bisa berakibat induk hamster tidak akan mengenai baunya. (Hal ini malah bisa menyebabkan induk hamster memakan bayinya atau kanibal).

  • Induk hamster sangat membutuhkan protein pada fase menyusui. Pastikan kebutuhan makan dan minum induk hamster tetap terpenuhi.

  • Idealnya, suhu yang cocok untuk bayi hamster adalah sekitar 21 derajat Celcius. Letakkanlah termometer ruangan untuk memantau suhu di area kandang.

  • Sejatinya hamster merupakan hewan crepuscular di habitat aslinya, namun saat dipelihara mereka menjadi nocturnal. Oleh sebab itu perhatikan juga pencahayaan di ruangan. Jangan ditaruh ditempat yang terlalu terang atau malah terkena sinar matahari langsung.

Jadi Pawrent, itulah berbagai hal mengenai makanan bayi hamster dan cara perawatannya. Untuk info yang lebih lengkap, silakan kunjungi dan follow IG @kawan.hewan.


Semoga bermanfaat.


Baca juga : Mengenal Hewan Crepuscular Beserta Keunikan dan Contohnya
6 views0 comments