• admin

Apa Saja Perbedaan Marmut, Hamster Dan Guinea Pig? Berikut Penjelasannya!

Seperti yang anda ketahui bahwa Tuhan menciptakan berbagai macam hewan dengan berbagai jenis. Ada yang berukuran besar sampai berukuran kecil hingga hewan yang melahirkan dan menyusui. Semua jenis hewan yang ada di dunia ini tentunya patut untuk kita jaga kelestariannya. Berbicara tentang hewan,tentu kita tahu bahwa marmut, hamster dan guinea pig merupakan 3 jenis hewan pada dasarnya berbeda namun sekilas terlihat sama. Banyak sekali diantaranya orang yang memang sulit membedakan antara ketiga hewan tersebut. Apakah anda termasuk salah satunya? Jika Ya, maka berikut ini penjelasan mengenai perbedaan marmut, hamster dan guinea pig. Berikut Ini Perbedaan Marmut, Hamster Dan Guinea Pig.


Berikut Ini Perbedaan Marmut, Hamster Dan Guinea Pig

Di dunia ini memang ada banyak sekali spesies hewan yang terlihat sama dan bahkan seperti salinannya. Ya, ada banyak sekali spesies hewan yang memang sangat terlihat sama diantaranya seperti marmut, hamster dan guinea pig dimana ketiga hewan ini memang terlihat sama saat pandangan pertama namun tentu saja ketiga hewan tersebut pada kenyataannya memang berbeda. Nah, bagi anda yang memang masih bingung membedakan antara ketiga hewan tersebut berikut ini kami akan menjelaskan beberapa hal terkait 3 hewan tersebut.


Marmut

foto oleh pexel


Marmut atau disebut juga dengan tikus gunung merupakan hewan yang tergolong kedalam famii Sciuridae dan subfamili Xerinae. Ukuran dari hewan yang satu memang lebih besar dibandingkan dengan Guinea Pig. Secara fisik antara kedua hewan ini memang sama, bentuk tubuhnya juga sama namun ukuran dari tubuh ini lebih besar. Marmut memiliki keahlian yaitu membuat sarang dalam tanah. Marmut juga selalu melakukan hibernasi ketika musim dingin.

Marmut umumnya hidup di daerah pegunungan seperti pegunungan Alpen dan pegunungan Pirenia yang berada di Eropa, lalu kemudian di pegunungan Rocky serta pengunungan Sierra Nevada di Amerika Serikat dan di Kanada Bagian utara.


Hamster

foto oleh unsplash


Hamster termasuk ke dalam famili Cricetidae dan subfamili Cricetinae. Hewan yang satu ini memiliki tubuh gemuk dengan telinga berambut serta tegak. Saat siang hari, hamster selalu bersembunyi di lubang bawah tanah hal ini untuk menghindari dari predator. Hamster merupakan hewan bertubuh kekar, hewan ini juga termasuk kedalam hewan soliter dimana selalu tidak menunjukkan perilaku sosial dan memilih untuk hidup sendiri.

Hamster memiliki penglihatan yang buruk dan merupakan hewan buta warna namun walaupun demikian pendengaran dan penciumannya sangat kuat. Hewan ini banyak ditemukan di Eropa tengah hingga Siberia serta Mongolia. Selain 3 negara ini, anda juga akan menemukan hewan ini di Korea, Tiongkok Utara, Pakistan serta Suriah. Namun, walaupun banyak ditemukan di negara-negara tersebut, hamster kini sering kita temukan di Indonesia dan memang banyak orang yang memeliharannya.

Baca juga : Memelihara Hamster untuk Pemula, Ini Tips Mudah Perawatannya

Guinea Pig

foto oleh unsplash


Guinea Pig termasuk kedalam famili Cavidae dan subfamili Caviinae. Guinea berasal dari pegunungan Andes di Amerika Serikat namun menariknya ternyata hewan ini juga seringkali disebut sebagai tikus Belanda. Sama halnya dengan marmut dan hamster, guinea pig juga seringkali dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Guinea pig memiliki tubuh kecil dengan ciri spesifiknya yaitu dahi yang menonjol selain itu guinea pig juga memiliki kepala besar dan leher kekar serta daerah bokong bulat. Hewan ini seringkali disebut marmut padahal kenyataannya memang berbeda, selain tubuh kecil dan dahi menonjol, tikus Belanda ini juga memiliki telinga yang menunduk ke dapat tidak seperti hamster yang memiliki telinga tegak. Rumput memang menjadi makanan utama dari hewan satu ini namun hewan ini juga suka makan kotoran sendiri.

Itulah sedikit penjelasan mengenai marmut, hamster dan guinea pig. Dari penjelasan diatas sudah pasti anda telah mengetahui perbedaannya baik itu dari famili dan subfamili, karakteristik, ukuran, garis keturunan dan interaksinya memang berbeda. Demikian sekilas ulasan mengenai perbedaan marmut hamster dan guinea pig.

56 views0 comments