Persiapan Sebelum Mengadopsi Hamster


foto oleh unsplash


Hamster adalah salah satu hewan peliharaan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Hewan pengerat yang lucu ini kantong pipi yang menggembung untuk menyimpan pakan. Pipi inilah yang menjadi rujukan penamaan satwa imut ini. Dari kata dalam bahasa jerman “hamsturo” yang artinya menyimpan makanan, nama hamster menjadi diturunkan.

Karena kepopuleranya sebagai klangenan yang imut, banyak orang yang mencoba untuk memelihara hamster. Namun bagi Anda yang belum pernah memeliharanya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sederhana berikut ini sebelum membeli anabul lucu ini.


Persiapan dalam Memelihara Hamster

Sebagai pemilik hewan yang bertanggung jawab, Ada baiknya Anda memperhatikan kenyamanan bersama (keluarga) dan juga kesejahteraan hewan peliharaan Anda. Untuk itulah bahkan sebelum Anda membeli atau mengadopsi hamster, Anda perlu memperhatikan hal hal berikut ini:


Mengenal Hamster

Ada baiknya Anda mengenal hamster lebih jauh sebelum mengadopsinya. Jika budget anda cukup longgar, cobalah memelihara hamster winter white yang memang cocok untuk pemula dan anak-anak. Kebalikan dari winter white, hamster roborovski terkenal susah dijinakkan meskipun kecil, lincah dan imut.

Ada hamster yang suka hidup menyendiri seperti hamster syria, untuk hamster jenis ini Anda harus menyiapkan satu kandang untuk tiap hamster. Untuk hamster yang suka hidup berkoloni seperti hamster campbell dan winter white, sebaiknya ada minimal membeli dua hamster agar hamster tersebut lebih nyaman.


Kenyamanan Anggota Keluarga

Sebelum membawa hamster kedalam rumah, pastikan bahwa seluruh anggota keluarga bisa mencintai hamster atau paling tidak tidak terganggu dengan hobi memelihara hamster. Aspek yang paling penting dalam hal ini adalah adanya faktor alergi. Jangan sampai Anda memelihara hamster jika ada anggota keluarga yang alergi terhadap hamster.

Seperti yang dilansir oleh theasianparent.com, seorang ibu di Singapura dikabarkan meninggal dunia akibat mengalami gejala alergi setelah digigit hamster. Situs tersebut memberitakan bahwa korban mengalami gejala mati rasa pada lidah dan tangannya setelah tergigit oleh hamster kesayangannya. Syok akibat alergi ini perlu segera diobati jika terjadi.

Untuk menghindari hal ini, ada baiknya Anda yang baru saja menggeluti hobi memelihara hamster tidak memilih hamster yang terkenal suka menggigit (nippy bitter) seperti hamster campbell.


Tempat Membeli Hamster

Selanjutnya adalah tempat membeli atau mengadopsi hamster. Belilah hamster dari pet-shop, breeder, atau toko hewan peliharaan yang terpercaya. Anda dapat bertanya ke sesama penggemar hamster atau mencari grup pecinta hamster di media sosial untuk mendapatkan referensi. Biasanya mereka dengan senang hati membagikan pengalamanya dalam mengadopsi satwa lucu ini.

Saat mengunjungi tempat pembelian, perhatikan pula kondisi kandang hamster. Jika kandang hamsternya bersih dan tidak bau, tentu Anda bisa lebih tenang saat membeli anabul baru. Selain itu, tempat pembelian seperti pet shop biasanya juga menyediakan aneka kebutuhan hamster. Kebutuhan ini antara lain adalah kandang, mainan, pakan dan bathing sand.

Jika anda membeli dari breeder, Anda biasanya dapat melihat indukan hamster yang akan Anda adopsi meskipun mungkin aksesoris yang dijual tidak selengkap pet shop.


Kandang Hamster

Seperti peribahasa latin “Amat Victoria Curam” yang artinya kesuksesan bagi yang bersiap. Kunci berikutnya adalah persiapan kandang hamster. Hamster tidak tahan suhu yang fluktuatif (terlalu panas maupun terlalu dingin) dan rentan stress. Untuk itulah Anda perlu menyiapkan kandang hamster yang baik. Kandang tersebut sebaiknya sudah dilengkapi dengan botol minum, tempat pakan, roda atau mainan lain dan wadah mandi hamster. Kandang tersebut dapat diberi alas berupa serbuk kayu atau potongan kertas. Kemudian taruhlah kandang ini ditempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Hamster juga tidak tahan angin kencang dan air sehingga Anda perlu memperhatikan bagaimana caranya hamster bisa dibawa dengan aman dari tempat pembelian hamster ke rumah Anda. Persiapkanlah perlengkapanya dahulu sebelum membeli hamster.

Sebaiknya Anda memindahkan hamster saat pagi dan sore hari karena suhu lingkungan tidak terlalu panas. Selain itu hindarkan hamster dari sinar matahari langsung supaya hamster lebih nyaman dalam perjalanan. Hamster sendiri di habitat aslinya adalah hewan crepuscular yang aktif pada saat pagi atau sore hari.


Nah, itulah langkah-langkah persiapan dalam membeli hamster yang perlu Anda ketahui. Meskipun sederhana, namun perlu diperhatikan untuk Anda yang baru akan memelihara hamster. Share ya supaya lebih banyak orang yang tahu.


Baca juga : Apa Saja Perbedaan Marmut, Hamster Dan Guinea Pig? Berikut Penjelasannya!
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.