• admin

Makanan yang cocok untuk anak anjing Pomeranian (Umur 2 bulan dan 4 bulan)


foto oleh unsplash


Makanan anjing Pomeranian tidak boleh sembarangan, khususnya untuk anjing pom dengan umur 2 bulan dan 4 bulan. Karena makanan untuk umur tersebut berbeda dengan makanan yang biasa Anda berikan pada anjing pom dewasa. Mari baca selengkapnya.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa anjing pom umur tersebut harus diberi makanan yang berbeda dengan anjing pom dewasa.

Itu karena ketika umur tersebut, anakan Pom masih belum mempunyai sistem pencernaan yang dapat memproses makanan dengan sempurna. Nah untuk daftar yang dapat Anda beri, bisa melihat daftar di bawah ini.


Daftar makanan untuk anakan anjing Pomeranian 2 bulan dan 4 bulan

1. Susu

Untuk anjing Pom berumur 2 bulan, yang paling baik untuk Anda berikan adalah susu. Tetapi pilihlah susu yang memiliki kadar protein tinggi dan memiliki kandungan lemak tinggi. Selain itu susu juga sebaiknya yang kadar laktosa (gula susu) rendah. Susu dari induk anjing memang mengandung kadar laktosa yang relatif lebih sedikit dibandingkan susu mamalia lain.

Jangan beri susu yang biasa Anda minum. Karena susu untuk manusia itu kandungannya tak cocok bagi anjing. Kalau dipaksa justru berefek negatif pada anjing Pomeranian Anda. Karena dapat menyebabkan masalah ke usus dan lambung anakan Pom.

Itu alasannya banyak yang memelihara anak Pomeranian kebingungan kenapa anjing mereka diare. Itu karena kesalahan pemiliknya yang memberi susu untuk manusia pada anak Pom.

Jadi Anda jangan sampai melakukan kesalahan yang sama ya!

2. Makanan lunak

Yang kedua selain susu, Anda dapat mengkombinasikan dengan makanan lunak. Dengan alasan yang sama, karena usus anak anjing itu masih kesulitan dalam memproses makanan dengan tekstur keras.

Sebenarnya kalau ini juga sama untuk anak hewan yang lain. Termasuk untuk anak kucing.

Anda bisa memberikan makanan bertekstur lunak, berserat, dan bergizi. Sehingga dapat dicerna dengan mudah oleh anak Pom yang Anda pelihara, gizi dari makan juga diserap sempurna oleh tubuhnya.

Nanti anak Pom pun akan dapat berkembang dengan sehat. Tidak kekurangan gizi dan tidak kena diare.

Lalu kalau anak anjing telah masuk rentang umur 4 bulan bagaimana? Apakah sebaiknya tetap diberi makanan lunak atau sudah boleh diberi makanan keras?

Anda sebaiknya tetap memberi mereka makanan bertekstur lunak. Sebab dikhawatirkan dapat menyebabkan masalah ke alat pencernaan mereka.

Baca juga : Bingung Memilih Makanan Anjing Yang Tepat? Ketahui Tips Pemilihannya Berikut Ini!

Tips tambahan

1. Aturan pemberian pakan

Sekarang Anda sudah tahu makanan apa yang cocok untuk anakan Pomeranian umur 2 dan 4 bulan. Yang berikutnya harus Anda ketahui dan terapkan juga adalah mengenai aturan pemberian pakan.

Untuk waktu pemberian makan dapat Anda berikan 3 kali dalam 1 hari. Tambahkan juga vitamin dan kalsium yang lain ke dalam makanan.

Dengan begitu anakan anjing Pomeranian bisa berkembang dengan cepat dan sehat. Untuk porsi makan jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Berikan sesuai porsi standard. Di mana Anda sesuaikan umur anakan Pom tersebut.

2. Alternatif makanan lain

Apakah hanya dapat memberikan kedua jenis makanan seperti yang sudah disebutkan di atas saja? Tidak.. Karena sebenarnya ada makanan yang terbaik untuk anakan anjing.

Tidak lain adalah air susu induk mereka. Namun kalau anjing sudah disapih sebagai gantinya dapat Anda berikan makanan kalengan bayi, dan dog food yang sudah dilunakkan dan Anda beri untuk anjing Pom kecil tersebut.

Sekian artikel tentang makanan anjing Pomeranian umur 2 bulan dan 4 bulan, semoga bermanfaat.

210 views0 comments