• admin

Mari Mengenal Organisasi Pecinta Kucing di Indonesia


foto oleh wix


Siapa yang tidak suka dengan hewan lucu dan imut bernama kucing. Dengan bulu yang berwarna warni serta suara yang lucu, kucing sering kali menjadi hewan kesayangan kebanyakan orang di Indonesia. Tak heran jika saat ini mulai banyak organisasi pecinta kucing yang bermunculan. Kebanyakan memang berasal dari luar negeri, sebut saja bermula dari Eropa ataupun Amerika. Bagi yang ingin mengenal lebih dekat tentang organisasi pecinta kucing ini, simak lebih lanjut informasinya di bawah ini.


ICA – Indonesian Cat Association

ICA merupakan salah satu organisasi pecinta kucing di Indonesia yang paling banyak diketahui di Indonesia dan bahkan cukup terkenal di kalangan para pecinta kucing. Tentu saja organisasi ini memiliki sejarah dan kisah yang cukup menarik untuk diketahui. Berikut ini sekilas informasi bagi para pecinta kucing yang ingin bergabung dalam organisasi tersebut.

·

Sejarah Berdirinya ICA

Pertama-tama tentu akan sangat menarik jika membahas tentang sejarah berdirinya ICA termasuk juga bagaimana organisasi ini terbentuk pada mulanya. Apalagi sebagian besar pecinta kucing mungkin belum mengenal dekat organisasi yang satu ini. Padahal sebenarnya bisa dibilang ICA sudah berada di Indonesia cukup lama, yaitu kurang lebih sekitar belasan tahun lamanya.

Sejarah ICA sendiri dimulai dari pendiriannya di tahun 2003, lebih tepatnya pada tanggal 1 April dengan total anggota kurang lebih 50 orang dan tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Setelah dua tahun berdiri, maka di tahun 2005 organisasi ini mengadakan catshow pertamanya untuk kucing-kucing lokal yang ada di seputar Jakarta. Pada tahun itu juga ICA terdaftar pada FIFe, Federation Internationale Feline, yang didirikan di Perancis dan berpusat di Luxemburg. Dua tahun setelahnya, tepat di tahun 2007, ICA merupakan cabang resmi dari FIFe dan memiliki perkembangan anggota yang cukup pesat.


Syarat Menjadi Anggota ICA

Tentunya banyak yang tertarik untuk menjadi anggota dari organisasi yang satu ini. Karena itu tak heran jika pada akhirnya ditetapkan beberapa syarat utama supaya bisa bergabung menjadi anggota ICA. Pada dasarnya seluruh anggota organisasi tersebut harus sayang kepada kucing, termasuk membawanya ke dokter hewan terdekat saat mengalami sakit dan rela membayarkan seluruh biaya yang timbul karena hal tersebut. Bila tidak ada niatan merawat kucing dengan sungguh, maka sudah tentu tidak bisa bergabung bersama organisasi yang satu ini.

Selain daripada itu, ada syarat administrasi yang harus dipenuhi oleh para anggota supaya bisa tergabung di dalam organisasi tersebut. Pertama-tama anggota sebisa mungkin diwajibkan mengikuti pendidikan kilat atau DIKLAT yang diselenggarakan oleh ICA sendiri. Kemudian syarat berikutnya harus memiliki sepasang kucing excellent 1 dengan ruangan yang memadai untuk kucing sesuai panduan yang ada dalam DIKLAT. Terakhir, wajib membayarkan biaya untuk survey sekaligus biaya untuk aktivitas tahunan organisasi.

Apabila telah memenuhi syarat-syarat tersebut, maka para anggota dapat mengikuti catshow yang diselenggarakan oleh ICA setiap tahunnya. Biasanya catshow ini terbagi atas beberapa kategori. Yang pertama mulai dari ketagori International Cat Show, kemudian kategori National Cat Show, dan terakhir Propaganda Fun Show.


CFA – Cat Fanciers Association

Organisasi pecinta kucing di Indonesia berikutnya yaitu CFA, atau dikenal dengan kepanjangannya Cat Fanciers Association. Organisasi yang satu ini juga memiliki sejarah yang lumayan panjang asal muasalnya. Selain itu ada banyak kegiatan yang dilakukan setiap tahunnya oleh organisasi tersebut. Bila ingin tahu lebih lengkapnya, berikut ini sedikit informasi yang lebih detail tentang CFA.

·

Sejarah Berdirinya CFA

Cukup menarik jika mengetahui sejarah dari organisasi yang satu ini. Sebagai organisasi yang bermula dari negeri USA, organisasi tersebut percaya bahwa setiap hewan memiliki hak untuk mendapatkan kesetaraan termasuk juga kucing. Pada prakteknya organisasi ini berfokus pada pelaksanaan show serta pembinaan para anggotanya secara eksklusif dan berkala. Terutama baik melalui pelatihan, kursus, maupun diskusi yang dilakukan secara berkala.


Syarat Menjadi Anggota CFA

Untuk bisa bergabung dengan organisasi yang satu ini, ada beberapa syarat administrasi yang harus dipenuhi para anggotanya. Pertama wajib untuk memilki sepasang kucing yang tergolong dalam kategori ras sesuai CFA. Sehingga jika tidak demikian maka tidak dapat bergabung dalam seluruh aktivitas CFA, terutama berkaitan dengan ideology CFA sendiri yang berfokus pada kemurnian ras kucing. Selanjutnya syarat kedua adalah membayar biaya registrasi CFA untuk setiap 5 tahun sekali.


CFI – Cat Fancy Indonesia

Ada lagi organisasi pecinta kucing di Indonesia selanjutnya yang juga menarik untuk diikuti. Singkatannya yaitu CFI dan memiliki kepanjangan dari Cat Fancy Indonesia. Organisasi yang satu ini termasuk juga sudah cukup lama memantapkan kiprahnya di Indonesia. Sehingga memiliki cukup banyak anggota yang rajin mengikuti seluruh aktivitas yang diselenggarakan oleh CFI sendiri. Untuk informasi sejarah organisasi tersebut berikut syarat untuk menjadi anggotanya, berikut ini beberapa penjelasan lebh lanjut tentang CFI.


Sejarah Berdirinya CFI

Organisasi pecinta kucing yang satu ini didirikan sudah cukup lama, yaitu pada tanggal 11 Juli 1997 yang secara sekaligus terdaftar secara resmi menjadi Badan Registrasi dan Kontrol Pembiakan Kucing di Indonesia. Keanggotaan dari CFI bersifat terbuka, baik itu dari club ataupun bisa juga dari perseorangan. Menariknya lagi, semua anggota yang tergabung di dalam CFI ini otomatis akan mendapatkan pengawasan dari National Breeding Committee CFI secara langsung.

Saat ini sistem keanggotaan CFI juga termasuk yang paling baik dan cukup terstruktur, anggota bahkan tinggal menghubungi organisasi melalui layanan SMS bila membutuhkan informasi lebih lanjut tentang kucing ataupun hal-hal lain yang terkait. Tidak hanya itu saja, tetapi kucing yang terdaftar di organisasi tersebut juga memiliki pengenal ID yang jelas sehingga mudah diketahui datanya secara lengkap.


Syarat Menjadi Anggota CFI

Supaya dapat bergabung bersama CFI, ada beberapa aturan dasar yang diterapkan untuk para anggotanya dan wajib untuk dilaksanakan. Pertama, setiap anggota harus melakukan pendaftaran seperti yang diinformasikan sebelumnya melalui SMS hingga mendapat persetujuan. Selanjutnya anggota organisasi juga harus menyayangi kucing sekaligus memiliki pengetahuan yang memadai tentang kesehatan dan cara merawat kucing. Terakhir, para anggota CFI harus membayarkan sejumlah dana administrasi keanggotaan setiap tahunnya dan mematuhi seluruh peraturan lebih lanjut yang ditetapkan oleh CFI.


Itulah beberapa organisasi pecinta kucing yang ada di Indonesia. Memang organisasi tersebut lebih umum diikuti oleh breeder profesional atau cattery. Namun, jika Anda tertarik untuk bergabung, cobalah menghubungi salah satu organisasi tersebut di atas. Pasti ada banyak informasi menarik tentang kucing yang bisa didapatkan. Termasuk juga informasi mengenai pertolongan pertama pada kucing jika terjadi sesuatu dan terlihat kurang sehat. Share artikel ini ya supaya banyak yang lebih tahu tentang perkumpulan pecinta kucing di Indonesia.

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.