Membersihkan Gigi Kucing? Simak Tips Mudahnya Di Sini!


foto oleh pexels


Gigi kucing tentu berbeda dengan gigi manusia. Pada kucing terdapat 2 set gigi, yaitu gigi susu dan gigi permanen.

Pada anak kucing biasanya terdapat 26 buah gigi susu dan tidak memiliki gigi geraham. Sedangkan pada gigi kucing normal dewasa terdapat 30 gigi dengan tambahan 4 buah gigi geraham. Saat anak kucing mulai tumbuh gigi, itulah masa peralihan dari minum susu ke mulai mengkonsumsi makanan padat.

Pemilik kucing harus tahu bahwa gigi hewan ini juga harus dibersihkan layaknya manusia. Bagaimana cara membersihkannya? Simak terus artikel ini.


Fungsi Gigi Kucing

Kucing merupakan hewan pemakan daging yang susunan giginya memang dikhususkan untuk mencabik dan memotong makanan. Pada susunan gigi kucing 12 gigi seri kecil di bagian depan fungsinya yaitu untuk mencabik dan memotong. Sedangkan 4 buah gigi taring pada kucing memiliki fungsi untuk merobek dan memangsa.

Lalu 10 gigi geraham depan yang sangat tajam berkolaborasi dengan gigi geraham untuk memotong dan mengunyah makanan. Gigi pada kucing juga cukup mirip dengan manusia yaitu terdapat gigi susu yang masih ada hingga dewasa.

Terkadang ada pula kucing yang memiliki gingsul. Jika terdapat kondisi ini sebaiknya gingsul dicabut agar tidak melukai jaringan gusi dan gigi.

Ketika membeli hewan peliharaan ini, salah satu yang diperhatikan sebaiknya susunan gigi pada kucing. Jika gigi kucing acak-acakan, ada indikasi kucing tersebut memiliki cacat genetik.


Cara Membersihkan Gigi Kucing yang Baik Dan Benar

Karena fungsi utama dari gigi kucing untuk makan, maka pemilik kucing harus tahu bagaimana cara membersihkan gigi kucing yang benar agar tetap sehat.

Persiapan Alat dan Bahan

Untuk membersihkan gigi kucing, yang pertama kali harus dilakukan yaitu membeli alat dan bahan seperti sikat gigi kucing dan pasta gigi.

Anda harus membeli sikat gigi khusus untuk kucing yang dijual di toko hewan atau bisa juga menggunakan sikat gigi anak-anak. Lalu saat memilih pasta gigi pastikan yang tidak memiliki rasa pedas berlebihan.

Harga sikat gigi kucing berbeda-beda tergantung mereknya. Namun sikat gigi yang bagus tidak lantas membuat kucing nyaman melakukan aktivitas ini, jika pemiliknya tidak mengetahui metode yang benar.

Pegang Kepala Kucing

Sebelum menyikat gigi kucing, sebaiknya pegang bagian kepalanya agar kucing tidak bergerak kemana-mana. Lalu setelah itu buka mulut kucing dengan menggunakan ibu jari dan jari tengah. Pastikan kucing membuka rahang depan dan bawah agar Anda mudah saat menyikat giginya.

Letakkan di Tempat yang Nyaman

Ketika menyikat gigi hewan menggemaskan ini maka anda harus menempatkannya pada permukaan yang nyaman agar kucing bisa tenang. Anda bisa menggunakan handuk untuk membungkus kucing agar tidak terlalu banyak bergerak. Pada umumnya dibutuhkan waktu sekitar 30 detik untuk menyikat bagian gigi kucing sampai bersih.

Aturan Menyikat Gigi Kucing

Ketika pertama kali kucing Anda mengenal pasta gigi dan sikat gigi, membutuhkan waktu penyesuaian 2 sampai 3 hari. Lalu pada hari keempat anda sudah bisa mencoba untuk meletakkan langsung pasta gigi di atas sikat gigi dan langsung melakukan proses menyikat.

Ulangi kegiatan tersebut dengan sangat hati-hati di sepanjang bagian gusi dan gigi. Arahkan bulu sikat pada bagian gusi belakang, bagian atas dan bagian bawah garis gusi. Anda bisa menyikat gigi kucing 3-4 kali dalam seminggu.

Periksa Apakah Ada Masalah Pada Gigi

Sambil menyikat gigi kucing, Anda juga bisa sekalian melihat apakah ada sesuatu yang aneh pada kondisi mulutnya. Jika iya, maka anda harus langsung membawa kucing ke dokter hewan. Misalnya seperti gusi berdarah, terdapat benjolan, nanah, luka hingga kemerahan. Jika ada masalah, segera bawa ke dokter hewan terdekat.


Demikian beberapa tips merawat gigi kucing, sebaiknya anda juga memberikan reward pada kucing karena sudah disikat giginya. Bisa dengan sentuhan lembut misalnya. Jika Anda tidak pede dalam melakukan tips ini, Anda bisa membawa si meong ke Petshop terdekat untuk di-Grooming secara lengkap. Agar lebih bermanfaat Anda bisa membagikan artikel ini ke teman-teman sesama pecinta kucing lainnya.


#gigikucing

#perawatangigikucing

#grooming


32 views0 comments