Cara Membuat Pakan Basah Kucing yang Murah, Sehat dan Bergizi

foto oleh unsplash


Para pemilik kucing pasti sudah tahu, harga makanan kucing di petshop/toko lainnya sangat mahal. Udah gitu, porsi per kaleng/per bungkusnya sangat sedikit. Jika Anda terus-menerus bergantung pada makanan kucing kemasan, tentu saja pengeluaran Anda akan membengkak setiap bulannya. Coba sempatkan untuk membuatnya sendiri dirumah.

Walau terkesan agak ribet, tapi hal tersebut sangat efektif untuk menekan pengeluaran bulanan. Selain itu, makanan kucing "home made juga lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya. Berikut cara membuat pakan basah kucing paling murah, sehat dan bergizi.


Resep Pakan Basah/Wet Food Kucing Paling Sehat dan Bergizi

Pakan basah atau wet food sering dijadikan solusi ketika si kucing sedang hilang nafsu makan. Biasanya, penyebabnya terjadi karena bosan. Mungkin, Anda terlalu sering memberi makanan jenis kering. Pakan basah memang lebih disukau kucing namun harganya relatif lebih mahal.

Cobalah kasih jenis pakan basah berikut ini. Jika ternyata nafsu makannya membaik, itu tandanya kucing Anda memang sudah bosan dengan jenis makanan yang diberikan. Berikut resep pakan basah/wet food yang bisa Anda coba dirumah.

1. Pakan Basah Ayam dengan Tempe

Komposisi makanan kucing untuk resep yang ini hanya menggunakan ayam dengan tempe. Jika tidak ada ayam, Anda bisa menggantinya dengan ikan. Setelah semua bahan terkumpul, kukus/rebus dalam satu wadah. Hal ini dilakukan untuk menciptakan tekstur lembut pada tempe dan ayam/ikan.

Setelah selesai direbus/kukus selama kurang lebih 30-50 menit, angkat lalu tiriskan. Tunggu sampai tempe dan daging tersebut agak sedikit dingin. Setelah itu, blender dengan porsi 1:1 (daging/ikan agak lebih dibanyakin dikit). Jika tempe dan daging sudah tercampur rata, taruh dalam kotak, simpan di lemari es.

Hal tersebut bertujuan untuk membuat wet food lebih awet, dan bisa dijadikan makanan cadangan selama beberapa hari. Jika Anda mau memberinya pada si kucing, ambil sesuai porsinya lalu letakkan sisanya kembali di kulkas.

2. Puding Ikan

Resep wet food kucing terbaik selanjutnya adalah puding ikan. Komposisi yang digunakan untuk resep ini hanya terdiri dari 3 macam, yakni agar-agar plain putih, ikan laut dan air. Berikut cara membuatnya

- Cuci bersih ikan, buang sisiknya

- Panaskan air didalam panci, masukkan ikan, rebus selama 5 menit diatas api sedang

- Angkat ikan, tiriskan di wadah tersendiri. Jangan buang air rebusan

- Belah ikan menjadi 2 bagian, lalu buang durinya

- Potong halus ikan diatas talenan atau bisa diulek/ditumbuk tapi dengan tekstur yang tidak terlalu halus

- Panaskan air rebusan ikan tadi, kemudian masukkan agar-agar plain

- Aduk hingga agar-agar mendidih dan matang

- Setelah matang, pindahkan ke tempat dan tunggu sampai agak dingin dan mengeras.

- Sajikan bersama dengan potongan ikan tadi dalam 1 mangkok

- Jika masih ada sisanya, taruh didalam kotak lalu masukkan ke kulkas. Ini adalah trik/cara menyimpan wet food kucing yang paling tepat.

3. Resep Daging Sapi+Brokoli

Daging sapi serta brokoli adalah perpaduan pakan basah kucing paling sehat dan bergizi. Daging sapi mengandung banyak protein, sedangkan brokoli mengandung banyak vitamin dan serat. Langsung saja, berikut komposisi dan cara membuatnya

Komposisi :

- Daging Sapi 500gr

- Kaldu iga/sengkel 50ml

- Hati sapi 25gr (Opsional, boleh ada/boleh tidak)

- Brokoli 10 gr

- Minyak ikan 1 kapsul

Cara Membuat :

- Blender daging sapi, hati sapi, brokoli sampai hancur

- Campurkan minyak ikan (lepas dari kapsulnya) serta kaldu iga/sengkel

- Setelah tercampur rata, tuangkan dalam cetakan es

- Masukkan kedalam freezer

- Panaskan hingga mencair jika kucing hendak makan

Bagaimana, apakah cara membuat pakan basah kucing diatas sulit? Semoga kumpulan resep di atas bisa membantu menekan pengeluaran makanan kucing ya! Selain hemat, Anda juga bisa memastikan kebersihan dan kesehatan makanan yang disajikan.


23 views0 comments