Cara Mengajarkan Kucing Buang Air Besar Pada Tempatnya


foto oleh pexel


Melatih kucing agar mau BAB di tempat yang sudah kite tentukan, memang bukan perkara mudah. Nah, bagi yang ingin tahu cara mengajarkan kucing buang air besar pada tempatnya, kali ini kami akan membagikan triknya kepada Anda.

Berapa kali kucing buang air besar dalam sehari? Jawabannya tergantung dari seberapa sering Anda memberi mereka makan. Namun, umumnya mereka pup sebanyak 2 kali sehari. Mereka akan BAB 2-3 jam setelah diberi makan. Semakin sering mereka BAB sembarangan, tentu akan membuat Anda kewalahan saat memeliharanya.


Cara Mengajarkan Kucing Buang Air Besar Pada Tempatnya

Untuk melatih mereka agar mau BAB di tempatnya, silahkan simak cara-caranya di bawah ini:

1. Siapkan Bak Pasir dan Taruh Kucing di Sana

Tidak lama setelah makan, umumnya mereka akan kencing atau buang air besar. Siapkan bak pasir untuk BAB dan kencing mereka. Cara melatih kucing dewasa pup di pasir, adalah dengan menaruh mereka di bak pasir.

Menaruh mereka di sana, adalah cara tepat untuk mengenalkan kotak kotorannya. Jadi, mereka tidak akan sembarangan lagi ketika pup maupun kencing.

2. Jaga Kebersihan Bak Pasir

Jangan biarkan kotoran hewan peliharaan menumpuk di bak pasir. Mereka akan merasa jijik dan tidak mau menggunakannya. Buanglah kotoran yang sudah menumpuk. Buat mereka merasa nyaman setiap kali akan menggunakannya.

3. Pilih Jenis Bak Pasir yang Cocok

Ada cukup banyak bak pasir yang bisa kamu gunakan. Namun, kami sarankan untuk memilih kotak yang tertutup sekelilingnya. Tipe bak pasir ini memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

Menahan pasir

Pasir tidak akan digali kucing

Menghalangi bau kotoran yang keluar

Memberi rasa nyaman kepada kucing

4. Pilih Jenis Pasir yang Tepat

Ada cukup banyak jenis pasir yang bisa digunakan. Tipe pasir juga dikategorikan sesuai usia hewan peliharaan Anda tersebut. Pastikan Anda cermat dalam memilihnya. Pilihlah jenis pasir yang tidak berdebu.

Pasir berdebu tidak baik untuk kesehatan kucing. Debunya dapat menyebabkan iritasi pada paru-paru mereka.

Nah, berikut kami bagikan tips memilih jenis pasir yang tepat:

Pilih jenis pasir khusus untuk pup dan kencing kucing. Biasanya, jenis pasir ini mudah ditemukan di petshop.

Pilih jenis pasir yang mudah ketika diserok.

Pilih pasir yang tidak memiliki wangi. Karena, wangi yang dikeluarkan bisa saja tidak disukai oleh hewan peliharaan Anda.

5. Taruh Bak Pasir di Tempat yang Tenang

Pilih tempat yang cocok untuk menaruh bak pasir. Pastikan tempatnya tenang, mudah diakses, dan tempat yang bebas dari aktivitas manusia maupun hewan. Anda bisa menempatkannya di ruangan khusus atau di kandang mereka.

Pada dasarnya, hewan menggemaskan ini selalu membutuhkan privasi pada saat buang air besar. Mereka akan sembunyi-sembunyi ketika kencing maupun BAB. Jadi, pastikan Anda menempatkan bak pasir di tempat yang tepat.

6. Kurung Kucing (Jika Diperlukan)

Jika mereka masih susah dilatih, silahkan kurung mereka dengan bak pasir. Cara agar kucing tidak buang kotoran di rumah ini tergolong efektif. Tempatkan mereka di dalam sebuah ruangan. Tempatkan juga bak pasir di dalam ruangan tersebut.

Kurung mereka maksimal 1 minggu. Tujuannya yaitu agar mereka mudah beradaptasi. Jangan lupa juga pisahkan tempat tidur dan tempat makannya dari kotak kotoran. Selain itu, pastikan juga di dalam ruangan tersebut tidak ada karpet agar mereka tidak pup di sana.

Itulah cara mengajarkan kucing buang air besar di tempatnya. Anda bisa mengajarkannya secara perlahan agar mereka tidak sembarangan kencing dan pup di dalam rumah. Jika anda masih kesulitan, konsultasikan dengan dokter hewan terdekat ya.

31 views0 comments