top of page

Mengapa Anak Kucing Pup Berdarah? Ini Beberapa Alasannya!

Anak kucing pup berdarah? Hati-hati, bisa jadi ini merupakan tanda penyakit. Anda harus lebih waspada, dengan mencari tahu penyebab dan cara mengobati kucing pup berdarah.

Kucing adalah hewan mamalia yang lucu dan menggemaskan. Ini sebabnya genus Felis yang satu ini banyak dipilih orang sebagai hewan peliharaannya. Kelucuannya dan tingkahnya yang menggemaskan seringkali menjadi hiburan bagi orang yang memeliharanya.

Namun untuk memelihara kucing, terutama yang masih kitten, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan cara perawatannya. Dari mulai jenis makanan, penempatan kandang, kebersihan, dan juga kesehatan. Karena kucing sama seperti manusia yang bisa sakit juga sewaktu-waktu.

Salah satu tanda gangguan kesehatan pada kucing yang menjadi sinyal bagi penyakit serius adalah pup berdarah. Darah yang keluar bersamaan dengan pup ini ada yang dalam bentuk darah segar maupun sudah tercampur tinja. Dua kondisi ini tentu akibat dari dua kondisi yang berbeda juga.



cute and confused kitten

foto oleh unsplash


Penyebab Anak Kucing Pup Berdarah

Darah yang keluar dari saluran pembuangan kucing kecil ini terjadi karena beberapa sebab, di antaranya:

1. Adanya Masalah pada Organ Pencernaan

Munculnya darah pada feses kucing bisa jadi pertanda dari masalah atau penyakit pada organ pencernaan. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa mengamati gejala lain juga, seperti apakah kucing Anda juga diare dan muntah? Apakah berat badan menurun?

Jika ada gejala tersebut, bisa jadi kucing Anda memang ada masalah pada saluran pencernaannya.

2. Infeksi pada Saluran Kemih

Saluran kemih merupakan saluran tempat urine lewat. Adanya infeksi pada saluran ini bisa menyebabkan munculnya darah pada feses apabila kondisinya sudah terlampau parah.

3. Infeksi Protozoa

Kucing yang suka memakan makanan yang bukan seharusnya bisa jadi rentan terkena infeksi protozoa atau organisme super kecil. Apabila terkena infeksi ini, kucing akan menunjukkan gejala seperti pembengkakan di sekitar anus, diare, serta pup kucing berlendir dan berdarah.

4. Masalah Kesehatan Lain

Selain tiga poin sebelumnya, faktor lain yang bisa menyebabkan pup kucing berdarah dan mencret yaitu adanya penyakit lain seperti anemia.



anak kucing sedang sakit

foto oleh Wix Ai


Cara Mengatasi Anak Kucing Pup Berdarah

Begitu menemukan kondisi kucing yang mengeluarkan pup berdarah, Anda sebaiknya langsung membawanya ke dokter hewan.  Dnegan begini, Anda bisa segera tahu apa masalahnya dan sesegera mungkin tahu cara mengobati kucing pup berdarah.

Dokter hewan tentu akan langsung melakukan pemeriksaan menyeluruh begitu tahu keluhan mengenai adanya darah pada feses kucing. Setelah pemeriksaan segala macam, dokter kemudian aku mendiagnosis penyakit apa yang kucing derita dan memberikan pengarahan terkait kesembuhannya, termasuk obat dan kontrol kesehatan.

Kesimpulan

Nah, apabila anak kucing pup berdarah atau mengalami masalah medis lain yang sepertinya gawat, segeralah mencari bantuan profesional. Apabila memerlukan layanan dokter hewan profesional di area Gresik atau sekitarnya, bisa menghubungi contact person melalui WhatsApp: 085158453302

Anda juga bisa datang langsung ke alamat Klinik Hewan di Ruko Grand Bunder 2 Kavling 13 A Graha Bunder Asri (GBA, Kembangan, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61124.

Sekian paparan mengenai fenomena anak kucing pup berdarah. Fenomena ini bisa jadi tanda dari penyakit yang serius, sehingga Anda perlu mengetahui apa saja kemungkinan penyebabnya. Ingin tahu lebih banyak lagi tentang kesehatan dan seputar perawata hewan peliharaan? Anda bisa follow media sosial kami melalui link berikut.

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page