• admin

Mengenal Penyebab Ailurophobia: Fobia Kucing Berlebihan



foto oleh unsplash


Seperti yang kita tahu bahwa kucing merupakan hewan mamalia yang sangat menggemaskan entah itu tingkahnya ataupun lainnya. Selain itu, kucing juga termasuk kedalam hewan yang mudah beradaptasi dengan manusia. Karenanya, tentu tidak mengherankan bahwa kini banyak sekali komunitas pecinta hewan yang kita temukan.

Namun, walaupun banyak sekali yang menyukainya tidak sedikit juga orang yang justru sangat tidak menyukai dan takut terhadap hewan satu ini. Ketakutan pada kucing tersebut secara medis dinamakan ailurophobia, fobia kucing berlebihan.

Ketakutan atau fobia berlebihan terhadap kucing memang kerap terjadi dan dialami oleh sebagian orang. Untuk para penderitanya, kucing merupakan hewan yang sangat menakutkan. Bahkan ketika mendengar ataupun melihat hewan tersebut, si penderita selalu berusaha keras untuk menghindarinya. Penyebabnya tentu berbeda-beda, namun sejauh ini ada tiga penyebab Ailurophobia yang sering terjadi. Apa saja penyebabnya tersebut? Berikut beberapa diantaranya!


Inilah Penyebab Ailurophobia Fobia Kucing Berlebihan

Secara garis besar, ada tiga penyebab Ailurophobia yang akan membuat penderita sangat ketakutan terhadap kucing. Sebagai pecinta kucing pastinya anda penasaran bukan apa saja penyebabnya dan bingung juga mengapa banyak yang fobia terhadap hewan menggemaskan ini. Nah, berikut ini beberapa penyebab Ailurophobia, fobia kucing yang sering terjadi:

1. Predisposisi

Penyebab pertama yang menyebabkan trauma pada kucing yaitu predisposisi. Penyebab ini umumnya terjadi pada penderita yang pernah mengalami kontak langsung dengan hewan tersebut. Namun, pada saat melakukan kontak langsung, penderita mengalami perlakukan yang kurang mengenakkan sepert digigit ataupun dicakar sehingga menyebabkan bekas hingga dewasa.

2. Penyebab Aktual

Jika predisposisi disebabkan karena kontak langsung dengan hewan namun mendapatkan perlakuan yang membekas. Lain halnya dengan penyebab aktual dimana penyebab ini terjadi karena penderita mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan dari hewan tersebut atau mendengar cerita menyeramkan soal kucing.

3. Penyebab Penguat

Sedangkan penyebab yang terakhir yaitu penyebab penguat dimana si penderita terus membiarkan masalah ketakutannya terus menerus, menganggap bukan masalah serius serta menghindari kucing. Hal ini akan terus berlanjut hingga penyebabkan fobia berlebihan.

Itulah 3 penyebab utama Ailurophobia, fobia kucing berlebihan. Penyebab-penyebab diatas memang umum terjadi dan dialami oleh para penderita.


Lalu, Apakah Ailurophobia Bisa Disembuhkan?

Fobia kucing berlebihan atau Ailurophobia sebenarnya bisa disembuhkan. Namun hal ini tentu akan berhubungan dengan tekad dari si penderita seperti menahan diri tetap tenang saat bertemu kucing. Selain menahan diri, penderita juga bisa melatih diri untuk menghilangkan fobia tersebut.

Awal mulanya penderita bisa perlahan melihat gambar ataupun video kucing melalui media sosial. Interaksi tidak langsung ini bisa dilakukan setiap hari selama 15 menit. Dalam latihan anda tentu harus membuang pikiran buruk tentang hewan tersebut, sugestikan diri anda bahwa kucing merupakan hewan yang manis dan lucu.

Setelah latihan pertama dirasa berjalan lancar, cobalah untuk berinteraksi langsung dengan kucing. Dalam hal ini tentu anda harus bersikap lebih tenang dan rileks. Usahakan berikan respon biasa pada kucing seperti menghindarinya perlahan. Posisikan diri anda seperti seorang bayi yang baru mengenal kucing. Jika dirasa latihan tersebut tidak berhasil, anda bisa konsultasi pada psikolog ataupun hipnoterapi.

Pada dasarnya kucing merupakan hewan yang jinak dan mudah berkawan dengan manusia. Namun, ketika seseorang menderita Ailurphobia, fobia kucing berlebihan tentu ini bukanlah kesalahan dari hewan tersebut. Melainkan dari perilaku penderita sendiri yang memang tidak bisa menerima perlakuan dari hewan tersebut sehingga menyebabkan trauma dan tidak ingin memegangnya.

4 views0 comments