Inilah Cara Ampuh Menghilangkan Bau Kucing Di Rumah Yang Sebaiknya Diketahui!


foto oleh unsplash


Bagi sebagian orang, memelihara kucing menjadi hal yang sangat menyenangkan. Ya, tingkahnya yang lucu dan menggemaskan memang selalu membuat siapa saja merasa terhibur. Namun tak sedikit juga orang yang merasa terganggu dengan keberadaan kucing di rumahnya. Salah satu hal yang menganggu yaitu karena banyaknya bulu yang rontok ataupun aroma khas dari kucing itu sendiri seperti bau kencing.

Bau kucing di rumah sebenarnya bukanlah sebuah persoalan yang berat. Ketika anda telah memutuskan untuk memelihara kucing, maka pastinya anda sudah tahu apa saja konsekuensi yang dihadapi misalnya seperti bau kucing dan bulu yang rontok. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau kucing di rumah? Simak berikut ulasannya!


Berikut Cara Ampuh Menghilangkan Bau Kucing Di Rumah Yang Sebaiknya Diketahui!

Walaupun bukan merupakan persoalan yang berat namun bau kucing di rumah memang akan cukup mengganggu aktivitas anda. Terlebih lagi bau tersebut berasal dari kotoran ataupun urinenya. Agar rumah anda kembali nyaman, simak berikut ini cara ampuh menghilangkan bau kucing di rumah yang sebaiknya anda ketahui:


Gunakan Penyedot Debu

Cara menghilangkan bau kucing di rumah yang pertama yaitu dengan menggunakan penyedot debu. Ya, penyedot debu bisa digunakan untuk membantu menghilangkan bau dari bulu ataupun rontokan kulit kering kucing.

Gunakan penyedot debu tersebut minimal seminggu sekali. Pastikan juga anda segera mengosongkan kantung penyedot debu tersebut agar bau tidak bertahan disana. Tak hanya itu saja, anda juga disarankan untuk mencuci kasur ataupun selimut kucing secara rutin untuk mengendalikan bau dan menghilangkah bulu.


Gunakan Baking Soda

Menurut beberapa penelitian, baking soda bisa menetralisir sifat asam misalnya asam urat pada air kencing kucing. Gunakan baking soda pada area yang terkena air kencing kucing, kemudian diamkan selama kurang lebih 25 menit (tergantung tingkat keparahan baunya). Setelah dirasa cukup, anda bisa langsung membersihkannya dengan air bersih.


Gunakan Cuka Apel

Seperti yang kita ketahui jika cuka memiliki sifat asam dimana salah satu fungsinya yaitu bisa menetralisir bakteri pada air kencing kucing serta mengurangi baunya. Anda hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan air pada botol dalam takaran yang sama.

Setelah semuanya tercampur, semprotkan cairan tersebut pada area yang terkena bau. Terakhir, lap cairan tersebut dengan menggunakan tisu. Anda bisa mengulangi cara tersebut sampai baunya hilang.


Gunakan Pembersih Enzimatik

Cara menghilangkan bau kucing di rumah yang terakhir yaitu dengan menggunakan pembersih enzimatik. Enzimatik merupakan salah satu zat yang cukup efektif untuk menghilangkan bau kucing. Hal tersebut dikarenakan zat ini bisa memecah belerang, amonia serta senyawa lain yang terdapat pada air kencing kucing. Bukan hanya itu saja, enzimatik juga bisa menghilangan bau muntahan dan kotoran.

Untuk penggunaannya, anda bisa mengikuti pentunjuk dari kemasan produk. Hanya saja, secara umum penggunaanya yaitu dengan menyemprotkan produk tersebut pada area yang terdapat bau lalu diamkan selama kurang lebih setengah jam. Terakhir, anda bisa menggosoknya dengan handuk lalu diamkan sampai mengering.


Nah itulah cara ampuh menghilangkan bau kucing di rumah. Jika bau tersebut masih tetap tercium maka anda bisa mencoba menggunakan jasa pembersih profesional. Pastikan juga anda sering membersihkan rumah dan mengajarkan kucing anda untuk tidak buang air kecil ataupun besar sembarangan. Selain itu sebaiknya Anda juga memperhatikan pemilihan pasir untuk litter box agar si meong lebih nyaman buang air ditempatnya. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Mengenal Jenis-Jenis Pasir Kucing Dan Tips Memilih Pasir Tepat Yang Sebaiknya Diketahui!
12 views0 comments