Pentingnya Scratching Post untuk Kucing


foto oleh pixabay


Kucing memang merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling populer dan disukai oleh banyak orang, terutama di Indonesia. Namun Anda perlu waspada terhadap salah satu kebiasaan yaitu scratching. Scratching adalah mengasah kukunya pada benda yang ia temukan.

Jadi, bagi para pecinta kucing pastinya sudah tak asing lagi dengan kejadian sofa yang rusak, jok motor yang rusak atau berbagai perabotan lainnya yang rusak akibat cakaran kucing. Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Solusinya ternyata cukup mudah lho. Anda hanya perlu menyediakan Scratching Post khusus untuk kucing Anda.


Apa Itu Scratching Post?

Scratching Post adalah tempat khusus mencakar bagi kucing. Dengan adanya scratching post untuk kucing ini maka anabul Anda hanya akan mencakar di tempat tersebut saja. Hal ini perlu dilakukan sehingga sofa atau barang-barang Anda di rumah akan terbebas dari cakaran kucing.

Dengan adanya Scratching Post ini pula hobi mencakar kucing Anda juga bisa lebih tersalurkan. Lalu, bagaimana cara membuat agar kucing tersebut hanya mencakar di Scratching post-nya dan bukan pada benda lain? Caranya : Anda harus membiasakan kucing tersebut.

Setiap kali kucing Anda ingin mencakar permukaan benda lain. Maka, bawa serta arahkanlah kucing Anda untuk mencakar di tempat khusus tersebut. Lambat laun kucing tersebut pastinya akan mengerti.

Anda juga bisa meletakkan Scratching Post tersebut di sudut rumah atau tempat yang paling sering dikunjungi oleh kucing peliharaan Anda. Agar lebih mudah untuk membangun kebiasaan kucing tersebut, Anda juga bisa membuat Scratching Post yang sekiranya bisa lebih menarik perhatian kucing tersebut lho.


Cara Membuat Scratching Post untuk Kucing

Cara membuat scratching post untuk kucing ini terbilang cukup sederhana serta tak memerlukan banyak bahan dan peralatan. Siapkan dua puah papan kayu berukuran sedang (yang satu pendek dan yang satu panjang), lem kayu, kuas dan cat, tali rami atau tali tambang berukuran kecil, gergaji kayu kecil, amplas, paku dan palu.


Pertama :

Buatlah Scratching Post dengan bentuk yang miring. Di mana Anda harus menyatukan dua buah papan kayu membentuk huruf L. Gergaji bagian ujung masing-masing papan agar mudah ditempelkan. Paku dengan rapi agar keduanya menyatu.


Kedua :

Amplaslah permukaan kayu tersebut agar nantiya lebih mudah dicat. Lalu, catlah dengan warna yang disukai oleh kucing Anda. Angin-anginkan sampai cat tersebut kering.


Ketiga :

Setelah itu, balurkan lem kayu pada bagian permukaan kayu (kayu yang panjang). Lalu, lilitkanlah tali rami tersebut di sekeliling papan tersebut. Lakukanlah sampai lilitan tersebut menutupi bagian tengah kayu. Semakin banyak semakin baik.


Keempat :

letakkan Scratching Post di sudut yang disukai oleh kucing.


Selesai

Mudah, bukan cara pembuatannya?

Bahan-bahan tersebut juga mudah untuk Anda temukan. Anda bisa membelinya di toko-toko terdekat. Namun jika menurut Anda masih terlalu repot, Anda dapat juga membelinya di toko online karena saat ini sudah banyak yang menjual scratching post untuk kucing.

Dengan menyediakan scratching post untuk kucing maka Anda tak perlu risau kalau kucing Anda akan merusak korden atau sofa yang baru saja Anda beli. Anda juga bisa membuat lebih dari satu dan meletakkannya di sudut ruangan yang berbeda.

Karena kucing memiliki cakar yang tumbuh terus, Anda bisa juga memotong kuku kucing secara rutin disamping menyediaakan scratching post untuk kucing. Serahkan perawatan kuku kucing ini kepada ahlinya jika kucing Anda tidak mau dipotong kukunya.


Scratching post untuk kucing tersebut juga bisa menjadi salah satu post kesukaan kucing peliharaan Anda lho. Jadi, tunggu apa lagi?


Baca juga : Cara Memotong Kuku Kucing Paling Aman Supaya Tidak Berontak
9 views0 comments

Recent Posts

See All