Inilah Cara Menghilangkan Bau Anjing Dalam Rumah Yang Wajib Diketahui!


foto oleh unsplash


Memelihara anjing memang menyenangkan bagi para doglovers. Namun dalam terkadang terdapat satu tantangan yaitu bau. Terciumnya aroma yang tidak sedap yang membuat seisi rumah menjadi kurang nyaman. Bau anjing yang dominan utamanya adalah dari keringat. Hal ini dapat menyebar ke dalam rumah terutama pada perabotan rumah seperti kursi. Kondisi ini akan cukup menganggu aktivitas, sebagai pemilik anda perlu tahu bagaimana cara menghilangkan bau anjing dalam rumah.

Berikut Cara Menghilangkah Bau Anjing Dalam Rumah Yang Wajib Diketahui!

Menghilangkan bau anjing di dalam rumah merupakan tantangan tersendiri bagi para pemilik hewan berbulu ini. Salah satu cara mengurangi bau adalah melakukan grooming atau mandi secara teratur. Namun tetap saja ada risiko bau anjing akan tetap tercium.

Di luar kondisi normalnya (bau keringat), terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa anjing berbau tidak sedap. Nah sebelum anda mengetahui bagaimana cara menghilangkan baunya, maka ketahui terlebih dahulu beberapa faktor mengapa anjing mengeluarkan bau tidak sedap:

  • Infeksi kulit.

  • Infeksi telinga.

  • Masalah pada kelenjar anal.

  • Gangguan pencernaan.

  • Masalah gigi.

Faktor-faktor tersebut menjadi pemicu bau tidak sedap pada anjing yang akibatnya akan membuat seisi ruangan yang ditempati anjing juga menjadi nyaman. Untuk menghilangkan bau anjing dalam rumah ini, terlebih dahulu tentu anda perlu mengobati pemicunya. Cara paling efektif yaitu dengan membawanya ke dokter hewan terdekat. Pastikan jika anjing anda mendapatkan penangan terbaik agar masalah kesehatannya bisa sembuh.

Setelah memastikan bahwa anjing anda telah ditangani dengan baik, maka tugas anda selanjutnya yaitu menghilangkan bau anjing tersebut di rumah. Berikut beberapa cara menghilangkan bau anjing di dalam rumah yang bisa anda lakukan:


Membersihkan Seluruh Ruangan Rumah Dengan Penyedot Debu

Cara menghilangkan bau anjing didalam rumah pertama yaitu dengan membersihkan seluruh ruangan rumah atau area yang bau dengan penyedot debu. Pertama anda bisa membuang terlebih dahulu semua kotoran anjing dengan menggunakan sekop plastik.

Sementara untuk bulu-bulu yang menempel di lantai, karpet dan lainnya anda bisa menggunakan penyedot debu. Pastikan lakukan hal ini secara rutin agar rumah anda tetap bersih sehingga nyaman untuk anda tinggali.


Gunakan Penghilang Bau Alami

Selain membersihkan ruangan dengan penyedot debut, cara menghilangkan bau anjing berikutnya yaitu dengan menghilangkan penghilang bau alami. Misalnya dengan menggunakan baking soda yang bisa anda larutkan dengan air. Selanjutnya oleskan baking soda tersebut pada area bau.

Tak hanya baking soda saja, anda juga bisa memilih bahan alami lain seperti cuka apel. Semprotkan cairan cuka apel yang telah dicampur dengan air pada area yang bau. Diamkan semalaman lalu esok harinya anda bisa membersihkannya dengan menggunakan handuk. Lakukan hal ini secara rutin.


Gunakan Parfum Anjing

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan parfum anjing. Ya, penggunaan parfum anjing memang sedang trend belakangan ini. Namun pastikan anda memilih parfum yang sesuai dan tidak membahayakan anjing anda. Sebaiknya agar lebih aman, anda bisa konsultasikan terlebih dahulu ke dokter hewan terdekat.


Nah itulah cara menghilangkan bau anjing di dalam rumah yang sebaiknya anda ketahui. Sebaiknya agar kenyamanan anda dan anjing tetap terjaga, berikanlah ruangan khusus untuk hewan kesayangan anda. Cara ini dirasa menjadi solusi terbaik yang bisa menguntungkan anda tidak akan merasa terganggu dengan bau dari hewan kesayangan anda. Selain itu jangan lupa tetap melakukan grooming secara rutin ya!


Baca juga : Beginilah Cara Menghilangkan Tear Stain Anjing Yang Wajib Diketahui!
10 views0 comments