top of page

Jangan Panik! Ini Cara Mengobati Luka Bakar Pada Kucing

Banyak cara mengobati luka bakar pada kucing. Namun Anda harus tahu lebih dulu tipe luka bakarnya karena penanganan tiap levelnya akan berbeda.

Kucing memang merupakan hewan peliharaan lincah yang bisa melompat dan berlarian ke mana-mana. Fisiknya yang fleksibel bahkan bisa masuk ke celah-celah sempit dan melewatinya begitu saja meski kelihatannya tidak mungkin.

Kelincahan kucing yang bisa bergerak ke mana pun ini kadang bisa membuat khawatir, karena saat hewan itu bergerak bisa saja bersinggungan dengan benda di sekitar yang bisa membahayakannya.

Salah satu bahaya yang bisa terjadi adalah tersenggol benda panas yang bisa mengakibatkan luka bakar baik yang ringan maupun serius pada kulitnya. Luka bakar ini tentu akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Maka dari itu, Anda perlu segera melakukan pertolongan pertama agar lukanya tidak semakin parah.

Penyebab Luka Bakar

Foto oleh Unsplash


Berdasar VCA Hospital, terdapat tiga penyebab luka bakar pada kulit kucing, yaitu:

1. Bersinggungan dengan Elemen Panas

Dalam hal ini, luka bakar muncul akibat kulit terkena benda panas seperti api, uap panas, dan asap panas. Tiga elemen dengan suhu panas ini bisa memunculkan luka yang sangat menyakitkan bagi kucing.

2. Gesekan

Apabila poin sebelumnya kulit kucing bersinggungan dengan elemen bersuhu panas, maka beda dengan penyebab yang satu ini. Pergesekan kulit kucing dengan benda tidak panas seperti tali bisa juga menimbulkan luka bakar.

3. Kontak dengan Bahan Kimia

Untuk yang ketiga, penyebabnya adalah bahan kimia seperti thinner, cairan alkali, dan sebagainya.

Efek Luka Bakar pada Kucing

Begitu bersinggungan dengan elemen yang menyebabkan luka, reaksi pertama kucing tentu akan mengalami terkejut. Setelah itu, timbul rasa terbakar dan nyeri pada area yang terkena panas tersebut.

Efek ini juga bergantung pada tingkat keparahan luka. Untuk yang terparah, bisa menyebabkan kehilangan cairan tubuh, infeksi, komplikasi, dan kematian.

Terdapat beberapa bentuk fisik luka bakar bergantung pada tingkat keparahannya, yaitu:

  1. Kemerahan

  2. Pelepuhan

  3. Kerusakan jaringan di bawah kulit

Cara Mengobati Luka Bakar pada Kucing


foto oleh unsplash


Begitu tahu kucing Anda punya luka bakar, segera lakukan tindakan untuk mengobatinya, yaitu dengan cara berikut:

1. Cek Tingkat Keparahannya

Cara mengobati luka bakar pada kucing yang pertama Anda perlu melihat dulu seberapa parah lukanya sebelum mengambil keputusan untuk mengambil tindakan.

Apabila lukanya mencakup area yang luas dan dalam, maka perlu Anda bawa pusat medis terdekat. Sedangkan jika hanya luka ringan, Anda bisa menanganinya sendiri di rumah.

2. Lakukan Pembersihan Luka

Area di sekitar luka biasanya terdapat banyak kotoran, apalagi bulu kucing biasanya banyak debu yang menempel. Oleh karena itu, Anda harus membersihkannya dulu.

Gunakan kasa steril yang diberi cairan pembersih luka seperti larutan garam, kemudian tempel-tempelkan pada area di sekitar luka. Dengan membersihkan luka, Anda bisa meminimalkan kemungkinan infeksi.

3. Berikan Obat pada Area Luka Bakar

Setelah Anda melakukan pembersihan pada area luka, cara mengobati luka pada kucing selanjutnya tinggal pemberian obat oles berupa gel atau salep.

Obat untuk luka kucing ada yang berfungsi sebagai antibiotik, pereda nyeri, dan mempercepat penyembuhan luka. Dalam hal pemberian obat ini, Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter hewan.

4. Menutup Area Luka

Cara mengobati luka bakar pada kucing yang terakhir adalah menutup luka menggunakan perban demi menjaganya agar menghindarkan kucing infeksi luka karena terkena kotoran dari luar. Kemudian untuk menjaganya tetap bersih, Anda dapat menggantinya dua kali sehari.

Nah, jika Anda mencari obat luka kucing atau memerlukan layanan dokter hewan profesional di area Gresik, ANda menghubungi contact person di nomor WhatsApp: 085158453302.

Atau, Anda bisa datang bisa datang langsung ke Kawan Hewan - Klinik Dokter Hewan & Pet Shop di Ruko Grand Bunder 2 Kavling 13 A Graha Bunder Asri (GBA, Kembangan, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61124

Itu dia penjelasan singkat mengenai penyebab dan cara mengobati luka bakar pada kucing. Penanganan luka harus sesuai dengan jenis luka agar tidak malah memperparah kondisinya sehingga lebih cepat sembuh.

7 views0 comments
Post: Blog2 Post
bottom of page