7 Cara Agar Luka Jahitan pada Kucing Cepat Kering


foto oleh unsplash


Hai Petizen, kucing Anda memiliki luka jahitan? Anda mungkin bertanya bagaimana cara agar luka jahitan pada kucing cepat kering.

Luka jahitan akan Anda temui setelah kucing menjalani operasi. Operasi yang biasanya dilakukan adalah operasi steril. Tetapi, operasi lainnya juga bisa menyisakan luka jahitan pada kucing.

Apakah kucing bisa mengobati lukanya sendiri? Sebenarnya bisa saja walau berisiko. Tapi tentu saja Anda tidak akan tega membiarkan kucing kesayangan begitu saja. Anda pasti akan mencari cara agar semuanya kembali normal.

Agar luka pada kucing kesayangan cepat kering, Anda bisa terapkan cara berikut.

Biarkan Kucing Banyak Istirahat

Selama masa penyembuhan, kucing Anda perlu banyak istirahat. Jauhkan kucing dari aktivitas fisik. Misalnya; bermain dengan teman, berguling, melompat, maupun berlari.

Hal ini bertujuan agar jahitan pada kucing Anda tidak terbuka. Karena terbukanya luka jahitan bisa menyebabkan infeksi, pendarahan, dan hal lainnya.

Berikan tempat tidur yang nyaman dan terhindar dari sesuatu yang dapat mengganggu. Misalnya saja anak-anak dan hewan lain. Juga jauhkan mainan dari hadapannya agar fokus beristirahat.

Penuhi Kebutuhannya

Selama masa penyembuhan, sediakan kebutuhan bagi kucing seperti makan, minum, dan wadah kotoran. Jangan lupa untuk mengganti setiap wadah yang dipakai kucing secara berkala.

Untuk wadah kotoran, biasanya Anda menggunakan pasir, kan? Pasir bisa menempel pada bekas luka dan menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, sangat baik untuk mengganti pasir pada wadah kotoran dengan potongan koran.

Dalam hal makanan, berikan makan dan minum untuk kucing saat 2 sampai 4 jam setelah ada di rumah. Berikan makanan seperempat porsi dari biasanya. Jika habis, Anda bisa kembali menawarkan makanan untuknya setelah 3 sampai 6 jam.

Anda perlu kesabaran saat memberi kucing Anda makan. Proses operasi bisa saja membuatnya kehilangan nafsu makan.

Stop Mandikan Kucing

Anda senang memandikan kucing? Untuk saat ini, sebaiknya jangan dulu. Memandikan kucing saat masa penyembuhan bisa membuat jahitannya terbuka. Jahitan yang telah terbuka tentu membuat pengeringan luka makin lama.

Menunda mandi dilakukan setidaknya sampai 10 hari. Jika selama itu, ada kondisi tertentu yang membuat kucing harus mandi, gunakan dry shampoo. Atau bisa dengan handuk kecil maupun tisu yang basah.

Pastikan tidak mendekati apalagi menyentuh area luka saat membersihkan kucing. Dikhawatirkan, luka jahitannya akan terbuka.

Hindari Si Meong dari Menjilat Luka

Rasa tidak nyaman yang timbul saat luka mengering bisa membuat kucing menjilatinya. Anda harus mencegah hal ini karena dapat memperparah luka. Untuk itu anda bisa memasangkan collar yang mudah didapat di petshop terdekat. Mudah bukan?

Gunakan Obat

Pemberian obat bisa menjadi langkah untuk mengobati luka secara umum. Sebaiknya, gunakan obat luka alami biar cepat kering. Contohnya, minyak zaitun yang murni.

Pakailah Antiseptik

Perawatan luka yang juga umum adalah dengan antiseptik seperti Betadine. Menggunakan air hangat adalah cara mengobati luka kucing dengan Betadine. Air hangat bisa mengurangi kontaminasi bakteri.

Konsultasikan dengan Dokter Hewan

Komunikasi dengan dokter hewan sangat penting dalam keadaan ini. Bahkan walaupun Anda telah mengetahui cara agar luka jahitan pada kucing cepat kering. Anda juga harus berkonsultasi sebelum memberikan antiseptik maupun obat alami.

Jika Anda butuh dokter hewan profesional, Anda bisa menemukannya di Kawan Hewan yang ada di Gresik. Jangan lupa juga untuk follow @kawan.hewan di Instagram agar selalu update.

81 views0 comments