top of page
  • admin

Penyebab dan Cara Mengobati Susu Kucing Bengkak

Updated: Aug 9, 2023


kucing dan anaknya

Foto oleh Pixabay


Pernahkah Anda mendapati bagian puting kucing Anda bengkak? Bagaimana Anda cara mengobati susu kucing bengkak?

Kondisi ini bisa terjadi pada kucing peliharaan karena banyak faktor. Untuk mengatasinya perlu penanganan khusus yang bisa Anda lakukan sendiri atau melalui bantuan dari profesional. Yuk, cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di artikel ini.


Pembengkakan Adalah Salah Satu Gejala Mastitis

Untuk merawat kucing, Anda perlu memperhatikan banyak hal seperti jenis makanan, kebersihan, dan kondisi kesehatannya. Anda perlu aware apabila terjadi perubahan-perubahan tertentu pada fisik kucing yang menurut Anda janggal karena bisa jadi perubahan itu merupakan tanda dari suatu penyakit.

Salah satu perubahan fisik kucing yang bisa saja menjadi tanda dari suatu penyakit adalah pembengkakan pada kelenjar susu. Sebagai langkah pertama, Anda perlu mengetahui apakah itu penyakit serius atau bukan yaitu dengan menekan kantung susu kucing tersebut.

Apabila pembengkakan itu terasa lunak, bisa saja itu karena penumpukan susu. Namun, apabila terasa keras, bisa jadi karena penyakit serius seperti tumor atau kanker.

Pada hewan mamalia yang notabene-nya memiliki kelenjar susu, khususnya kucing, terdapat kondisi bernama mastitis. Tanda dari kondisi ini adalah adanya radang pada kelenjar susu. Radang ini timbul akibat infeksi bakteri yang masuk melalui puting. Berikut ini detail penyebab dari terjadinya pembengkakan susu kucing.


Penyebab Mastitis pada Kucing

kucing menyusui anaknya

Foto oleh pxfuel


Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi mastitis pada kucing, di antaranya yaitu:

1. Air Susu yang Tidak Dikeluarkan

Faktor ini biasanya terjadi saat kucing baru melahirkan, sehingga tubuhnya memproduksi air susu. Umumnya, air susu akan keluar apabila induk kucing secara rutin menyusui anaknya.

Namun, efek kucing tidak menyusui anaknya karena kondisi tertentu yaitu membuat air susunya akan terbendung terus-menerus di kelenjar susu. Hal inilah yang mengakibatkan pembengkakan.

2. Gesekan Kantung Susu dengan Lantai Kotor

Inilah mengapa Anda harus selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat kucing tinggal. Sebab, dengan lingkungan yang kotor, kucing akan mudah terinfeksi bakteri. Bakteri ini bisa masuk lewat puting susu kucing, sehingga bisa mengakibatkan radang.


Cara Mengobati Susu Kucing Bengkak (Mastitis)

Terdapat beberapa cara mengobati susu kucing bengkak karena adanya mastitis. Cara ini ada yang bisa Anda lakukan di rumah atau melalui bantuan profesional. Berikut ini cara menyembuhkan mastitis pada kucing.

1. Kompres Air Hangat

Anda bisa memberikan kompres dengan air yang suhunya tidak terlalu panas pada kelenjar susu kucing. Tindakan ini dapat meredakan rasa sakit yang timbul akibat radang tersebut.

2. Memberikan Antibiotik

Cara selanjutnya untuk mengobati susu kucing bengkak adalah dengan antibiotik. Apabila pembengkakan terjadi karena infeksi bakteri, maka Anda bisa menggunakan cara ini. Namun tentu saja, Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter untuk memberikan obat ini.

3. Pemberian Infus dan Pengangkatan Kelenjar Susu

Dua poin sebelumnya merupakan cara untuk mengobati mastitis kucing ringan. Apabila gejalanya parah, Anda harus langsung menghubungi tenaga medis profesional. Biasanya kucing akan mendapatkan pengobatan, berupa pemberian infus. Atau apabila sangat parah, bisa dilakukan pengangkatan kelenjar susu.

Sekian paparan mengenai penyebab dan cara mengobati susu kucing bengkak. Apabila mencari obat mastitis kucing atau memerlukan layanan dokter hewan profesional di area Gresik dan sekitarnya, Anda bisa datang langsung ke Klinik Hewan. Butuh artikel dan pengetahuan lain seputar hewan peliharaan? Jangan lupa follow media sosial kami di Instagram dan TikTok. Semoga bermanfaat!


Sumber

Post: Blog2 Post
bottom of page